komik komputer..mohon pendapatnya

  • sigit kusumo
    Message 1 of 11 , May 29 10:54 PM
      say mo minta tolong kepada rekan2x komunitas komik....sodara saya saat ini sedang skripsi di sebuah perguruan tinggi seni di jakarta.

      skripsinya membuat komik...tapi dia membuat komiknya dengan menggunakan komputer yaitu tidak memakai pinsil+penghapus+penggaris tapi menggantinya dengan mouse dan tablet pen.

      dan para dosen menolaknya dengan alasan itu bukan komik bener karena ga ada jiwanya.komputer hanya digunakan untuk mewarnai saja tidak untuk menggambar.
      menggambar itu menggunakan pinsil dkknya.

      padahal sodara saya itu jago gambar...tapi sejak kenal dengan komputer dia meninggalkan pinsil dkknya untuk menggambar.

      padahal menurut saya dan teman2xnya...gambar dia baik menggunakan pinsil atw komputer sama jagonya...memang sih dengan komputer gambarnya lebih bersih dan rapih.

      yang ingin saya tanyakan apakah benar menggambar komik menggunakan alat komputer..mouse+tablet pen...tidak bisa disebut komik yang benar?

      saya harap dapat masukan dari rekan2x semua...pendapat/komentar bisa menjadi masukan bagi sodara saya untuk mempertahankan skripsinya itu.

      terimakasih...

    • Andi Resnadi
      Message 2 of 11 , May 29 11:34 PM
        Kalo menurut gw harusnya dosen penguji itu ngasih batasan yang jelas
        tentang bentuk komik yang dimaksud. Setidaknya sampai dewasa ini (setahu
        gw) ada 3 teknik dalam pembuatan komik yaitu: Manual (pake tangan semua
        mulai pinsil ampe warnain); Hybrid atau semi-computer dimana coloring
        pake komputer dan digital dimana seluruh pengerjaannya dilakukan lewat
        komputer. Banyak lomba komik mengharamkan teknik digital karena di sana
        tidak bisa melihat skill si pembuat komik secara nyata. Lewat teknik
        digital memang potensi copy-paste tdk dpt dihindari jadi besar
        kemungkinan para pembuat komik cuman nempel gambar ini itu dan disusun
        jd sebuah komik. Ukuran, proporsi gambar, dan gambar latar belakang
        bisa dgn mudahnya hanya dgn copy-paste. Bandingkan dgn teknik manual
        ataupun hybrid. Di sana skill komikus dpt terlihat di mana (menurut gw)
        yg paling sulit adalah bagaimana gambar komik itu proporsional tiap
        panelnya, dan membutuhkan kerja ekstra untuk membuat perspektif dan
        background yang hidup dalam tiap panel. Jd idealnya untuk karya lomba
        atau buat skripsi bikinlah manual ataupun hybrid biar pure skill dlm
        bikin komik benar2 keliatan...tp coba aja bilang ke dosennya kalo komik
        yg lo bikin itu komik teknik digital...buat meyakinkan dosenmu, lo
        demo-lah bikin komik digital di depan mereka dengan catatan lo bikin
        komik digital dengan langkah2 komik konvensional...OK!? Selamat
        berjuang!

        <Ares R&D>

[...]

        Yahoo! Groups Links
      • hartono soenarto
        Message 3 of 11 , May 30 12:24 AM
          Mustinya ngak ada masalah mau pakai media apapun...
          Waktu kita pesan nasi goreng di restoran khan kita
          ngak mau tahu itu restoran pake kompor apaan. Mau gas,
          minyak tanah, batu bara atau apalah...yang kita pesan
          khan nasi goreng, titik.
          Tinggal nasi goreng itu enak apa ngak ?

          ....coba nanyain tuh dosen...waktu beli sebuah cergam
          dia nanyain gak ke penjualnya, "Cergam ini digambarnya
          pakai media apa ? Kalau pakai full komputer saya ngak
          mau beli ahhh !"......

          Mustinya dosen2 itu kasih aturan main "lebih" jelas
          Setahu saya pakai tablet juga perlu skill khusus dan
          harus mampu menjiwainya, saya pribadi pernah mencoba
          memakai tablet dan susahnya minta ampun, narik garis
          bisa mencang mencong....pen nya belum nempel di tablet
          aja udah keluar garis di monitor....perlu waktu untuk
          menyesuaikan....sekarang nganggur tuh wacom.....

          untuk saya pribadi mau pakai media apapun "harusnya"
          ngak apa2 dan output nya tetap CERGAM kok......!

          Salam,
          Hartono Soenarto

        • Agung Aryaputra
          Message 4 of 11 , May 30 12:38 AM
            Menurut gw, kalo udah soal akademik udah beda sama
            masalah komik yang ada di pasaran. Karena di kampus
            ada unsur pendidikan yang juga menjadi pertimbangkan.

            Kalo di kampus, proses pengerjaan komiknya juga
            dinilai, jadi musti dipikirin juga apakah dikerjakan
            dengan komputer (dalam hal ini kalo mau dinilai ya
            dinilai kepandaian dia menggunakan komputer, bukan
            menggambar dengan pinsil, tinta dan cat), atau
            dikerjakan manual, pakai tangan. Tentu saja kalo pakai
            komputer, kepandaian si artis menggunakan pinsil,
            tinta dan cat tidak bisa dinilai.

            Sedangkan kalo di pasar, penggemar nggak terlalu
            mempermasalahkan komiknya mau dibikin dengan cara
            bagaimana, yang penting gambar bagus, cerita bagus,
            harga terjangkau, dan terbitnya kontinyu (penerbit &
            komikus Indonesia yang baru-baru belom bisa memenuhi
            unsur yang terakhr ini). Jadi nggak terlalu penting
            tuh mau dibikin dengan cara apa. Yang penting hasilnya
            gimana.

            Mengenai apakah bisa disebut komik. Dua-duanya juga
            bisa disebut komik. Itu kan cuman beda proses
            pembuatan, bukan beda hasil. Hasilnya mah sama.

            Begitu...

          • birawa yudha
            Message 5 of 11 , May 30 12:57 AM
              Mungkin belum ada yg dikenal dgn menggunakan media
              komputer tidak spt di film seandainya jagoan komik
              Indonesia spt alm Wid Ns atau alm Teguh Santosa sudah
              menggunakan pasti lain sudut pandangnya.

              atau dosennya mesti pak Iwan Gunawan dan nara
              sumbernya Andy Wijaya yg tusirnya Pak Hartono udahdeh
              pasti lulus dgn nilai bagus... pasti bukan di IKJ yah?

              Salam,
              Birawa

              ---------------------------------

              Comic
              book Comic book
              store Comic book
              artist
              Comic book cover
              Comic book for sale
              Dc comic book

              Terms of Service.

              Apakah Anda Yahoo!?
              http://beta.id.yahoo.com/
            • toni masdiono
              Message 6 of 11 , May 30 5:55 PM
                selain bukan di ikj, atau di ikj tapi tidak lapor mas iwan, yang pasti dosen pembimbingnya nggak tau perkembangan komik ^_^
                komik sekarang sudah sangat umum memakai komputer, terutama komik2 korea yang di amerika, bahkan banyak yang digabung 3-d, di indonesia juga sejak 95'an sudah mulai dilakukan. bawa saja referensinya ke dosen pembimbing lalu diskusikan.

                toni masdiono

              • leonis hadar

                  Message 8 of 11 , Jun 1, 2006
                    Komik dg menggunakan komputer.....kalo gitu suruh dosennya baca
                    understanding comics nya scott mccloud. di situ dijelaskan bahwa
                    komik adl susunan gambar yang tersusun berdasarkan urutan waktu
                    tertentu. tidak ada disebutkan bahwa komik adl gambar yang disusun
                    dan digambar di atas kertas dg menggunakan pensil dkk.
                    Mungkin maksud dari dosen tersebut ingin melihat hasil karya yang
                    benar-benar lahir dari kemampuan asli pembuatnya. Karena kalo
                    digambar pake komputer kan kalo salah bisa diapus sampai tak
                    berbekas, sehingga gak kelihatan "trademark" si pengarang. mungkin
                    juga kalo pake komputer, menurut dosennya, terlalu gampang.
                    --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, birawa yudha

                    __________
                    > Apakah Anda Yahoo!?
                    > Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!
                    > http://beta.id.yahoo.com/

                  • Fajar N
                    Message 9 of 11 , Jun 2, 2006
                      > kepada semua teman-teman.

                      salam ngomik yaaa.

                      fajar lagi nih, nyari penciller, inker, colorist sekaligus background artists untuk ikut dalam tim pembuatan komik JATAYU (Agni Pyronichles) sinopsis dan desain karakter sudah tersedia karena awalnya proyek ini diperuntukkan untuk serial animasi. tapi sinopsis dan cerita masih bisa di rembuk bersama biar agak beda sedikit dengan serial animasinya nanti (lagi nyari investor juga sih...), rencananya bila komik ini sudah jadi maka akan saya coba untuk dikirim ke castle comic production dan penerbit lain.

                      Ada yang berminat bisa menghubungi ke email saya, sekalian kalo bisa mengirim contoh gambar.

                      thanks

                      __________
> [...]
                      > http://beta.id.yahoo.com/

                      Comic book Comic book store Comic book artist Comic book cover Comic book for sale Dc comic book

                    • jampidsus
                      Message 10 of 11 , Jun 2, 2006
                        Ingat sewaktu zaman SD dulu ada mata pelajaran mencongkak?, kenapa
                        waktu itu kita tidak boleh menggunakan kalkulator?, karena otak kita
                        yg sedang dilatih untuk berpikir.

                        Sewaktu kuliah desain ada mata kuliah Typografi (huruf), biarpun
                        waktu itu sudah ada komputer, tetap aja kita harus mendisain huruf
                        secara freehand, dg cat poster, rapido dst, tidak boleh pake
                        komputer. Karena untuk melatih sensitifitas kita thd karakter dan
                        bentuk huruf.

                        Pada mata kuliah ilustrasi, kita tdk boleh mewarnai gbr kita dg
                        komputer, karena sedang dilatih sense kita terhadap warna, bentuk
                        dll...

                        Dosen memang bukan maha guru yg tahu segala2nya dan maha benar,
                        Namun terkadang ada metode dan kurikulum yg tidak dipahami
                        mahasiswa, yang masih galau dg gejolak darah muda.

                        Jadi saran saya buat sodara anda, lebih baik ikuti dulu aja deh,
                        nggak usah macem2, toh anda kuliah cuman 3-4 tahun... sesudah itu
                        anda bisa menentukan sisa hidup anda sesuka hati toh!

                        Teman saya dulu sampe ada yg DO gara2 berantem terus sama dosen2nya,
                        barangkali sekarang dia baru menyadari betapa bodohnya dia waktu
                        itu....

                        dasar anak muda!

                        --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "centerback_24"
                        <centerback_24@...> wrote:

> [...]
                        > berbekas, sehingga gak kelihatan "trademark" si pengarang. mungkin
                        > juga kalo pake komputer, menurut dosennya, terlalu gampang.

                      • Wisnoe Lee
                        Message 11 of 11 , Jun 2, 2006

                          tapi dia membuat
                          > komiknya
                          > dengan
                          > bukan

                          --------------->
                          wah ini mah soal tools aja, soal impresi dan soal
                          syarat2 yg disebut komik.

                          MENGAMBAR
                          pada umumnya yang dinamakan menggambar itu
                          hanyalah dengan alat manual. namun berbarengan dengan
                          perkembangan teknologi komputer dimana bisa
                          memungkinkan 'perpanjangan tangan', maka munculah
                          alat untuk menggambar secara digital yang bisa berupa
                          mouse atau pen digital.

                          dan ini secara logika tidak masalah.
                          cara dan alat dalam menggambar itu sudah berkembang
                          sampai sedemikian rupa. yang penting di sini adalah
                          man behind the gun. siap yang bikin.
                          asal masih berhubungan dengan 'tangan' maka itu sah.
                          tapi kalau sudah melukis dengan script atau program
                          otomatis .... bisa-bisa selain masalah impresi juga
                          dipertanyakan keahlian gambar manualnya.
                          kalo jago tapi terlalu dibantu program gambar yang
                          instant ... nah itu baru dipertanyakan. itu mah bukan
                          menggambar,
                          tapi cenderung "menyusun" elemen2 yd sudah tersedia.
                          pokoknya kalo makin ke arah "fotografi " alias tinggal
                          "jepret" ... nah itu bukan menggambar, bos :P tapi
                          capture!

                          hanya saja antara menggambar manual dengan komputer
                          mempunyai perbedaan kesan --- perbedaan impresi ...
                          yang berkesan spontan itu adalah gambar manual.
                          bicara soal kesan, itu lebih bisa mendukung alasan
                          "ada jiwa atau tidak". namun begitu, jangan salah,
                          banyak para penggambar digital namun tetap bisa
                          memunculkan unsur
                          "jiwa itu tadi".

                          kesimpulannya, tidak masalah.

                          KOMIK ITU APA?
                          apalagi dalam komik, tidak ada batasan harus digambar
                          dengan manual pada saat sekarang ini. tidak ada.
                          hanya saja, kita akan selalu terbentur pada masalah
                          impresi itu tadi. tapi ini juga tidak masalah utama.
                          tapi dalam komik yang penting adalah ada unsur visual
                          yang runtut. menggunakan gambar2 diam
                          untuk bercerita. gambar2 ter-jukstaposisi yang
                          bermakna,
                          kata scott.

                          itu hanya soal pilihan. .mau manual atau digital.
                          boleh digital atau tidak. itu saja. subjektif. soal
                          selera saja.
                          dan sedikti masalah pengetahuan alat.

                          tentunya kita milih yang objektif dong ....

                          komputer hanya
                          > menggambar.

                          -------->
                          pengetahuan alat itu penting.
                          dan kreativitas dalam menggunakan alat gambar komputer
                          akan terus berkembang. maka jika dikatakan komputer
                          itu untuk mewarnai saja, lalu bagaimana dengan
                          beberapa pelukis digital yang langsung menggambar di
                          komputer.
                          itu terlalu kaku dan terbatasi dan menunjukkan tidak
                          mengetahui perkembangan teknologi menggambar dgn
                          komputer.

                          komik itu tidak langsung mengacu kepada tehnis gambar.
                          lebih cenderung bicara gambar secara umum yang
                          berurutan dan bermakna. lebih cenderung soal bercerita
                          dengan gambar. itu saja. soal tehnis mah bebas.
                          cuma pada umumnya saja manual.

                          apa salahnya kalo ahli pake pen digital, ya gak?

                          cuma tidak seperti manual yang jika digores ke kertas
                          langsung meninggalkan bekas. kalo gambar digital harus
                          di cetak dgn printer dulu baru keluar berbekas di
                          kertas ...
                          itu juga hanya masalah perpanjangan waktu output.

                          Salam,
                          :)
                          Wisnoe Lee
                          A Creator of GnO