Re: Novel vs Komik

  • jampidsus
    Message 1 of 12 , Feb 28, 2006
      Mas Agung, mungkin ini adalah soal cara bertutur saja, tiap2 komikus
      pasti ada gayanya sendiri. komik2nya jean girraud Mobius misalnya
      banyak yg tdk pakai dialogue sama sekali, Frank Miller justru
      narasinya menjadi bagian dari cara bertuturnya, membuat komiknya
      terasa lebih 'dalem'.
      dalam film juga misalnya Film 'Appocalypse now' (coppola) atau 'Bram
      Stokers Daraculla' yg dalam bertuturnya juga menggunakan suara
      seorang narator, yg membuat filmnya jadi terasa lebih mencekam.

      Jadi menurut saya nggak ada tuh rumus yg mengatakan bahwa komik yg
      baik harus lebih mementingkan aspek visual saja.

      yang penting teks/narasi tersebut tidak bicara 'burung gagak hitam',
      maksudnya kita udah tau burung gagak itu hitam, jadi nggak perlu
      disebut lagi kan kalau gagak itu hitam.

      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "Agung Prabowo"
      <prabowo96@...> wrote:

      > Saya lebih sepakat dengan pendapat mas Bernard (hehe... selera
      boleh
      > beda2 kan?).
      > Jadi komik tidak perlu memberi narasi berlebihan. Kan sudah jelas
      kalo
      > adegannya, misal; orang lagi naik kuda, si jagoan lagi menendang
      > musuh, hujan turun dengan jelas.
      > Nah, ini menuntut pintar2nya si ilustrator (komikus) untuk
      menggambar
      > yang visualisasinya sedekat mungkin dengan maksud adegan itu. Jadi
      > tidak perlu diberi balon teks narasi banyak2.

> [...]
    • ian andriyanto
      Message 2 of 12 , Feb 28, 2006
        dear all, saya mau jual koleksi komik saya sbb :
        1. Siluman Sungai Ular - Man , 36 jilid, kondisi baik
        Rp. 360.000,-

        2. Gina Pulau Nirwana - Gerdi WK, 12 jilid, kondisi
        baik Rp. 240.000,-
        3. Gina Ratu Istana Api - Gerdi WK, 9 jilid, kondisi
        baik Rp. 180.000,-
        4. Gina Rahasia Istana Es - Gerdi WK, 13 jilid,
        kondisi baik, jilid yang ke 13 tidak ada, bekas taman
        bacaan Rp. 227.500,-
        5. Gina Api Dendam Dikegelapan - Gerdi WK, 12 jilid,
        kondisi cukup baik Rp. 240.000,-

        6. Si Buta Tragedi Larantuka - Ganes TH, 10 jilid (2
        bundel), kondisi baik,
        bekas taman bacaan Rp. 175.000,-
        7. Si Buta Misteri Air Mata Duyung- Ganes TH, 10
        jilid, jilid ke 1&2 kondisi kurang baik ,
        bekas taman bacaan Rp. 150.000,-

        8. Si Tolol Mencari Jejak Intan Biru - Jair, 16 jilid
        (2 bundel), kondisi baik,bekas taman bacaan Rp.
        200.000,-
        9. Raja copet Dari Klayan - Jair, 12 jilid, kondisi
        baik, bekas taman bacaan Rp. 150.000,-
        10. Misteri Raja Copet-Jair, 12 jilid, kondisi baik,
        bekas taman bacaan
        Rp. 150.000,-
        11. Titisan Bergola Ijo-Jair, 12 jilid, kondisi baik,
        bekas taman bacaan
        Rp. 150.000,-

        Kalau ada yang berminat lewat japri saja ke
        Ian.Andriyanto@...
        atau
        ian.andriyanto@...

        Tks