Penggunaan Tokoh Lain

  • Agung Prabowo
    Message 1 of 1 , Feb 2, 2006
      Karena topiknya sudah ganti, maka subject e-mail ini saya sesuaikan juga.

      Di komik Gina 2005 kemarin, ada halaman yang memuat gambar Superman,
      Wonder Woman dan Spiderman.
      Kira2 ini sudah dapat ijin dari pemegang hak ciptanya belum ya?
      Atau jika belum, hal ini memang dibolehkan atau tidak?

      Mungkin jika kemarin memang tidak ada ijin, OK lah... kita maklumi
      dulu. Tapi ke depannya nih, jika kita mau perjalanan Gina berumur
      panjang (juga komik2 Indonesia lainnya) dan syukur2 bisa go
      internasional, penggunaan tokoh lain sepertinya harus diperhatikan
      ketentuannya.

      Ya kecuali kalau memang hal itu tidak menimbulkan masalah, it's OK.

      Tapi setahu saya, jika saya baca2 buku manual komputer, penggunaan
      merk dagang (MS-DOS, Windows, Apple, dst.), di halaman bagian depan
      selalu tertulis informasi semacam: MS-DOS is registered trade mark of
      Microsoft... dst.

      Salam,

      Agung