Re: [komik_indonesia] anzu hizawa di nova (drpd g ada,,,)

  • heru rosadi
    Message 1 of 15 , Dec 5, 2005
      ehm...sdr. Henry yang terhormat
      perkenankan saya untuk sekedar ikut nulis ya...

      Saya juga pertamanya pernah berpikiran seperti itu. Tapi ternyata setelah sekian lama, akhirnya aku bisa mendapatkan hal2 yg menarik di milis ini.
      Ambil saja contohnya, ketika dibahas mengenai "ULTIMATE EDITION" dari bbrp komik indonesia dulu. Nah pasti kalo merasa orang indonesia yg bangga dengan heroic lokalnya akan merasa hal ini menarik.
      Atau juga ada yg mengirimkan contoh comic project nya.Itu benar2 bisa membuat kita merasa punya 'connection' dgn byk orang, walaupun sebenarnya we haven't known each other yet. Ya ga?
      naah bisa juga kita bikin topik yg mungkin bakal jadi boom....ya ga!
      gitu aja y
      thanks...

      henry ismono <hnrnova@...> wrote: Sekian lama bergabung di milis ini saya suka geregetan
      sendiri, apa yang bisa ditulis di media saya tentang
      komik, terutama komik indonesia,

    • heru rosadi
      Message 2 of 15 , Dec 5, 2005
        ehm... setidaknya kita boleh bangga dulu dong, punya bbrp orang Indonesia yg dah dipercaya oleh Perush Luar. Wah keren bo'...
        Tapi yah emang bener sih, kalo kita cuman berhenti ampe senengnya doang, kita bakalan teteup berada dibelakang bayang2 produk luar...kapan nama INDONESIA bakal keliatan.
        Nah.... Kalo menurutku, yang penting malah kita tuh pada kompakan sesama komikers lokal (aku lebih bangga menyebutnya 'komikers Indonesia' ).
        Sudah saatnya kita tuh benchmark ma produk2 luar...mereka bikin team. Tapi keliatannya kan kita juga dah pada buat team, tapi kenapa koq juga masih kurang banyak yg mengenal ya?
        mungkin itu pantas buat PR kita semua....OK

        Heburoz

        gerd_2paint <gerd_2paint@...> wrote: --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "karna" <karnamustaqim@y...>
        wrote:

        , karena itu jangan heran
        > tidak lama lagi, pekerja komik indonesia akan banyak berkarya untuk
        > produksi komik luar negeri,
        > dan jangan heran pula, kalau nanti produk2 komik luar negeri itu akan
        > membanjiri pasar komik indonesia yg besar ini. hehe... komik...
        komik...

        Terus-terang,saya sendiri jadi bingung dengan tujuan kita-kita ini.
        Mau membangkitkan komik Indonesia atau cuma sekadar mau numpang makan
        dari industri komik global?
        Mending sih kalau jadi kreator utamanya.Kalau cuma jadi tukang
        ngapusnya atau sedikit yang kerenannya?....Duh,bukan komik Indonesia
        dong namanya.....Sorry,mungkin saya ketinggalan zaman,tidak memahami
        situasi dan kondisi yang sebenarnya ,tapi cita-cita harus seideal
        mungkin dong.Kalau ujung-ujungnya memang harus cuma jadi tukang hapus,
        yah, apa boleh buat.Yang penting GO INTERNATIONAL....

      • henry ismono
        Message 3 of 15 , Dec 5, 2005
          --- henry ismono <hnrnova@...> wrote:

          > Sekian lama bergabung di milis ini saya suka
          > geregetan
          > sendiri, apa yang bisa ditulis di media saya tentang
          > komik, terutama komik indonesia,

          Mohon maaf ada kesalahan sehingga belum selesai
          nulis, sudah terkirim. Baiklah saya lanjutkan, sekian
          lama bergabung di milis ini, saya suka geregetan
          sendiri, apa yang bisa ditulis media saya tentang
          komik, terutaman komik Indonesia. Susah sekali mencari
          fokus tulisan yang sesuai dengan karakter pembaca
          wanita.
          Mau menulis tentang profil komikus juga kurang begitu
          pas.

          Sampai akhirnya, suatu saat saya baca salah satu
          posting dari Mas Rieza yang menulis sekelumit sosok
          Anzu Hizawa. Saya masih tulisan Rieza, "Anzu adalah
          satu-satunya perempuan komikus yang mewakili Indonesia
          di forum pertemuan komikus di Jepang tahun lalu."

          Di titik inilah saya mendapatkan cantolan untuk (siapa
          tahu) bisa menulis tentang komik. Saya lontarkan ide
          di rapat redaksi untuk mengangkat Anzu di rubrik
          profil. Syukurlah diterima karena Anzu memang cocok
          untuk media kami. Sosok perempuan, punya prestasi,
          dst.

          Akhirnya, teman saya di Surabaya mewawancarai Anzu.
          Hasilnya dimuat di Tabloid NOVA edisi minggu ini.
          Semogalah munculnya Susanti alias Anzu ini di NOVA,
          sedikit memperkaya artikel tentang komik di media
          massa kita. (setelah beberapa harian menulis profil
          tentang Beng, Wisnu, dll)

          Terima kasih Mas Rieza atas idenya. Mohon tanggapan
          teman-teman bila ada yang sempat membacanya.

          Salam

          Henry

          Start your day with Yahoo! - Make it your home page!
          http://www.yahoo.com/r/hs
        • Yanusa Nugroho
          Message 4 of 15 , Dec 5, 2005
            Nah, gitu dong Mas Henry..
            Saya dukung kalau ada media masa yang mau secara konsisten mengangkat rubrik
            budaya semacam ini

            Selamat

            yn