Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Re: [komik_indonesia] pertanyaan menyimpang ttg Cergam; Gamcer dan Picture Stories

Expand Messages
  • toni masdiono
    hm... sebenernya belakangan saya sepakat dengan istilah cergam dari pak t. sutanto, yang diterjemahkan dengan cerita gambar, lebih enak. tapi menilik style
    Message 1 of 13 , Nov 8, 2005
    • 0 Attachment
      hm...
      sebenernya belakangan saya sepakat dengan istilah cergam dari pak t. sutanto, yang diterjemahkan dengan cerita gambar, lebih enak. tapi menilik style yang banyak di indonesia, sebetulnya istilah cergam emang enak. khas dan made in indonesia ^_^

      istilah gamcer saya buat sekitar tahun 77-an ketika saya masih sma, untuk menamai komik yang saya buat untuk majalah dinding di sekolah saya dulu, jadi punten kalo menyinggung.

      toni masdiono

      karna <karnamustaqim@...> wrote:


      istilah cergam dikreasikan oleh zam nuldyn sbg upaya penghalusan thdp
      komik yg dicurigai negatif.]
      kenapa yg diributin oleh Toni masdiono menjadi masalah etimologisnya?
      dan katanya yg lebih benar adalah gambar bercerita (gamcer).

      kalo spt itu adanya, comic pun kl di artiin yg sebenarnya justru bukan
      komik spt kit akenal seakrnag, comic artinya ga lebih dari 'lucu'
      'funny'. misalnya tingkah lakunya komik sekali.
      apalagi kalo etimologinya manga, jauh ranting dari akarnya malah.







      SPONSORED LINKS
      Comic book for sale Comic book movies

      ---------------------------------
      YAHOO! GROUPS LINKS


      Visit your group "komik_indonesia" on the web.

      To unsubscribe from this group, send an email to:
      komik_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com

      Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of Service.


      ---------------------------------





      ---------------------------------
      Yahoo! FareChase - Search multiple travel sites in one click.

      [Non-text portions of this message have been removed]
    • toni masdiono
      hm... sebenernya belakangan saya sepakat dengan istilah cergam dari pak t. sutanto, yang diterjemahkan dengan cerita gambar, lebih enak. tapi menilik style
      Message 2 of 13 , Nov 8, 2005
      • 0 Attachment
        hm...
        sebenernya belakangan saya sepakat dengan istilah cergam dari pak t. sutanto, yang diterjemahkan dengan cerita gambar, lebih enak. tapi menilik style ngomik di indonesia, sebetulnya istilah cergam emang enak. khas dan made in indonesia ^_^

        istilah gamcer saya buat sekitar tahun 77-an ketika saya masih sma, untuk menamai komik yang saya buat untuk majalah dinding di sekolah saya dulu, jadi punten kalo menyinggung.

        toni masdiono

        karna <karnamustaqim@...> wrote:


        istilah cergam dikreasikan oleh zam nuldyn sbg upaya penghalusan thdp
        komik yg dicurigai negatif.]
        kenapa yg diributin oleh Toni masdiono menjadi masalah etimologisnya?
        dan katanya yg lebih benar adalah gambar bercerita (gamcer).

        kalo spt itu adanya, comic pun kl di artiin yg sebenarnya justru bukan
        komik spt kit akenal seakrnag, comic artinya ga lebih dari 'lucu'
        'funny'. misalnya tingkah lakunya komik sekali.
        apalagi kalo etimologinya manga, jauh ranting dari akarnya malah.







        SPONSORED LINKS
        Comic book for sale Comic book movies

        ---------------------------------
        YAHOO! GROUPS LINKS


        Visit your group "komik_indonesia" on the web.

        To unsubscribe from this group, send an email to:
        komik_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com

        Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of Service.


        ---------------------------------





        ---------------------------------
        Yahoo! FareChase - Search multiple travel sites in one click.

        [Non-text portions of this message have been removed]
      • suryo_anglagard
        karna wrote: Komik yang bercerita dengan ... menurut saya sih cergam tidak sama dgn komik. Bagi saya, yg ngga punya dasar ilmiah tapi
        Message 3 of 13 , Nov 8, 2005
        • 0 Attachment
          "karna" <karnamustaqim@y...> wrote:
          Komik yang bercerita dengan
          > gambar dan teks, layak kan di sebut cergam?

          menurut saya sih cergam tidak sama dgn komik. Bagi saya, yg ngga punya
          dasar ilmiah tapi cuma nalar doang, cergam (cerita bergambar) adalah
          cerita/ teks yg dilengkapi dgn ilustrasi/ gambar. Artinya ilustrasi
          sbg pelengkap atau hiasan atau memberi keindahan atau memberikan
          tampilan visual ttg apa yg sedang diceritakan (dalam teks itu).
          Sedangkan komik, bagi saya artinya adalah gambar yg bercerita. Dalam
          komik, tidak wajib ada teks. Kalaupun ada teks, keberadaan teks itu
          melengkapi gambar yg bercerita tsb.

          suryo
        • toni masdiono
          sebenernya lagi, menurut saya istilah ini soal kesepakatan. pada dasarnya manga tidak mengambil istilah saat komik muncul di jepang, tapi mereka sepakat
          Message 4 of 13 , Nov 8, 2005
          • 0 Attachment
            sebenernya lagi, menurut saya istilah ini soal kesepakatan. pada dasarnya manga tidak mengambil istilah saat komik muncul di jepang, tapi mereka sepakat memakai istilah yang sudah ada sebelumnya dari karya seniman ukiyo-e mereka sendiri. dilihat huruf kanjinya juga sebetulnya sama dengan manhua dalam bahasa mandarin dan juga korea. yang penting semua setuju dan selalu dipakai seperti ttahun 70 an pake istilah cergam, ya oke saja. kita sekarang pusing karena definisi dari scott mc cloud, ya itu sih tinggal soal pilihan saja lah.
            minimal mulai punya identitas sendiri memang lebih baik, baru kita susun lagi definisi ngomik di indonesia, nggak harus sama kan?

            toni lagi

            suryo_anglagard <surjorimba@...> wrote:
            "karna" <karnamustaqim@y...> wrote:
            Komik yang bercerita dengan
            > gambar dan teks, layak kan di sebut cergam?

            menurut saya sih cergam tidak sama dgn komik. Bagi saya, yg ngga punya
            dasar ilmiah tapi cuma nalar doang, cergam (cerita bergambar) adalah
            cerita/ teks yg dilengkapi dgn ilustrasi/ gambar. Artinya ilustrasi
            sbg pelengkap atau hiasan atau memberi keindahan atau memberikan
            tampilan visual ttg apa yg sedang diceritakan (dalam teks itu).
            Sedangkan komik, bagi saya artinya adalah gambar yg bercerita. Dalam
            komik, tidak wajib ada teks. Kalaupun ada teks, keberadaan teks itu
            melengkapi gambar yg bercerita tsb.

            suryo






            ---------------------------------
            YAHOO! GROUPS LINKS


            Visit your group "komik_indonesia" on the web.

            To unsubscribe from this group, send an email to:
            komik_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com

            Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of Service.


            ---------------------------------




            ---------------------------------
            Yahoo! FareChase - Search multiple travel sites in one click.

            [Non-text portions of this message have been removed]
          • karna
            ... dasarnya manga tidak mengambil istilah saat komik muncul di jepang, tapi mereka sepakat memakai istilah yang sudah ada sebelumnya dari karya seniman
            Message 5 of 13 , Nov 13, 2005
            • 0 Attachment
              --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, toni masdiono
              <toni_masdiono@y...> wrote:
              >
              > sebenernya lagi, menurut saya istilah ini soal kesepakatan. pada
              dasarnya manga tidak mengambil istilah saat komik muncul di jepang,
              tapi mereka sepakat memakai istilah yang sudah ada sebelumnya dari
              karya seniman ukiyo-e mereka sendiri. dilihat huruf kanjinya juga
              sebetulnya sama dengan manhua dalam bahasa mandarin dan juga korea.
              yang penting semua setuju dan selalu dipakai seperti ttahun 70 an
              pake istilah cergam, ya oke saja. kita sekarang pusing karena
              definisi dari scott mc cloud, ya itu sih tinggal soal pilihan saja
              lah.
              > minimal mulai punya identitas sendiri memang lebih baik, baru kita
              susun lagi definisi ngomik di indonesia, nggak harus sama kan?
              >
              > toni lagi
              ===========
              lebih kuran gbegitu, karena kata sejarahnya, yg mempopulerkan
              istilah manga utk komik2 jepang adalah Rakuten Kitazawa melalui
              penerbitan majalah2nya.
              itu artinya penting peran pelaku komik sendiri membangun definisi
              itu sendiri, baik melalui tulisan maupun karya.



              > suryo_anglagard <surjorimba@h...> wrote:
              > "karna" <karnamustaqim@y...> wrote:
              > Komik yang bercerita dengan
              > > gambar dan teks, layak kan di sebut cergam?
              >
              > menurut saya sih cergam tidak sama dgn komik. Bagi saya, yg ngga
              punya > dasar ilmiah tapi cuma nalar doang, cergam (cerita
              bergambar) adalah > cerita/ teks yg dilengkapi dgn ilustrasi/
              gambar. Artinya ilustrasi > sbg pelengkap atau hiasan atau memberi
              keindahan atau memberikan > tampilan visual ttg apa yg sedang
              diceritakan (dalam teks itu).
              > Sedangkan komik, bagi saya artinya adalah gambar yg bercerita.
              Dalam > komik, tidak wajib ada teks. Kalaupun ada teks, keberadaan
              teks itu > melengkapi gambar yg bercerita tsb.
              >
              > suryo
              ===========

              saya kurang mengerti maksud dari 'punya dasar ilmiah tp cuma nalar
              doang'... apakah menglilustrsikan teks itu pekerjaan nalar saja,
              lalu komik punya dasar ilmiah? lantas apakah mengilustrasikan teks
              tidak diperlukan dasar ilmiah yg mendasari sebnuah penalaran?

              dalam komik, secara filosofis dan psikologisnya, katanya Carrier,
              penulis the aesthetic of comics, ia sampai pad akseimpulan bahwa
              visual dan verbal berpadu menyatu tidak terbedakan lagi, kalaupun
              ada teks itu bagian dari visual storytelling, kalau tidak adapun
              bukan berarti visual bisa secar total menggantikan teks, karena
              memang keunikan komik ada pada menyatunya gerak dan langkah menari
              antara visal dan verbal, spt diilustrasikan oleh McCloud dalam
              Understanding Comics.
            • Surjorimba Suroto
              ... Yg saya maksud adalah: saya ini orang awam. Bukan komikus, bukan praktisi di industri komik, juga bukan seseorang yg punya dasar2 pendidikan dibidang
              Message 6 of 13 , Nov 13, 2005
              • 0 Attachment
                --- karna <karnamustaqim@...> wrote:

                > saya kurang mengerti maksud dari 'punya dasar ilmiah
                > tp cuma nalar
                > doang'... apakah menglilustrsikan teks itu pekerjaan
                > nalar saja,
                > lalu komik punya dasar ilmiah? lantas apakah
                > mengilustrasikan teks
                > tidak diperlukan dasar ilmiah yg mendasari sebnuah
                > penalaran?

                Yg saya maksud adalah: saya ini orang awam. Bukan
                komikus, bukan praktisi di industri komik, juga bukan
                seseorang yg punya dasar2 pendidikan dibidang komik/
                desain/ ilustrasi/dll. Cuma pembaca komik doang. Jadi
                saya mengungkapkan pendapat berdasarkan naluri belaka.
                Common sense doang. Saya rasa kalimat yg saya tulis
                sebelumnya itu sudah cukup jelas koq.

                Menurut saya, menentukan apakah 'benda' ini namanya
                komik, gamber, cergam, atau lainnya akan lebih baik
                jika memang didukung dgn argumentasi ilmiah. Bukan
                semata konsensus, krn biasanya ini akan berujung pada
                salah kaprah.

                suryo

                Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com
              Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.