Re: [komik_indonesia] MADONNA dan JDR syndicate

  • Rieza FMuliawan
    Message 1 of 11 , Sep 3, 2005
      J,
      Dalam siaran undangan lewat sms sebelum premier film ini (Catatan Madonna), sebulan yang lalu kira2 . Katanya ini film based on komik Jan Mintaraga, tapi ternyata bukan ya?, bercerita tentang AIDS di Papua.

      Menurut TEMPO, film ini mendapat pujian di festival film Shanghai.Congratulation, semoga sukses.

      Kapan bikin film dokumenter tentang para komikus dan perkembangan komik Indonesia dulu dan sekarang? Bukunya sudah ada tapi film nya belum ada, tapi pasti susah ya cari sponsornya.

      Salam.

      Message 2 of 11 , Sep 4, 2005
        Rieza F Muliawan yang mulia...

[...]

        Riez, sayang loe gak datang waktu pemutaran digoethe house. Tapi milis ini diwakili oleh SETYA ADHIYAKSA dan BOBBI BATARA. Judulnya yang pasti bukan Catatan madonna tapi Mencari Madonna ( Looking for Madonna ) Film ini murni hasil mengarang ditempat, make film without a screenplay. Seperti pembuatan komik juga layaknya. Ini sering dilakukan oleh Wong-kar wai atau sutradara2 generasi New Wave ( Nouvelle Vogue ) Perancis. Shooting selama 7 hari dengan 7 orang crew dan menggunakan pemain setempat ( Papua ) Diangkat berdasarkan true event dan hasil riset litbang Kompas serta UI. Tentang penyebaran aid diPapua lewat penjualan manusia ( trafficking ) pelacur2 tua yang udah tak laku dikota besar, Jakarta, surabaya, dll ke pedalaman rimba Papua. Transaksinyapun unik lewat barter vagina dengan kayu gaharu. Jadi bukan based on Jan Mintaraga. Tapi pengaruh2 mereka dalam bercerita pada gue pasti ada.

        Kalau based on komik lagi digodok, baru sampai proses treatment, pengelompokan adegan yaitu untuk Jan Mintaraga SEBUAH NODA HITAM, Taguan Hardjo BATAS FIRDAUS dan MUSANG BERJANGGUT - serta cerpen AA NAVIS KEMARAU DATANG dan PERGI ( gabungan cerpen dan novel ) Masih dicari 3 bahan cerita lagi yang nantinya berpayung dibawah tema besar TUJUH CERITA MORAL.

        MM ( Mencari Madonna ) juga akan dikomikkan, dan sekarang lagi mencari pelukis yang tepat untuk lini product Yayasan SET Garin Nugroho. Garin dan Budi Karung ( art gua di MM ) baru saja menyelesaikan sebuah komik pendidikan tentang Aceh yang berjudul CERITA dari ACEH ( Tsunami tragedi ) Buat gue bagus ( Udah baca belum ? Terbitan Galang Press. Gue udah sounding dikit ama Surjorimba biar minta langsung ama Garin ) Kolaborasi seorang sineas film dengan seorang kartunis Bandung. Disamping itu tujuan utamanya jelas untuk mencoba memasyarakatkan KOMIK FILM dan FILM KOMIK, dimana subsidi silang ini udah sangat umum diluar negri sana. Mudah-mudahan ini juga bisa membudaya pada kita. Komik MM ini akan dilaunc berbarengan dengan gala premierenya untuk bioskop2 Nusantara.

        Menurut TEMPO, film ini mendapat pujian di festival film Shanghai.Congratulation, semoga sukses.

        Bukan hanya pujian sebenarnya, tapi bisa mendapatkan award bukan hanya di Shanghai tapi juga di Singapura. Film ini tak jadi berlaga diajang kompetisi karena tak ada 35 mmnya. Tapi mudah-mudahan dengan ikut andilnya boss SinemArt untuk memblow upnya di Thailand dan Hongkong maka kesempatan film ini berlaga difestival yang lainnya bisa lebih terbuka. Sekarang lagi dikirim ke TORINO ( Italia ) Toronto ( Canada ) dan Cannes ( France - curatornya kebetulan nonton dan minta langsung kegua versi Inggrisnya ) Bisa bayanginkan Riez, kalau seandainya ada komik yang menyertai film ini, maka paling nggak literatur komik kita bisa bertambah diluar sana, selain filmnya. Doain aja...!

        Kapan bikin film dokumenter tentang para komikus dan perkembangan komik Indonesia dulu dan sekarang? Bukunya sudah ada tapi film nya belum ada, tapi pasti susah ya cari sponsornya.

        Sponsor sih nggak susah sebenarnya,tapi kalau yang ini butuh keuletan dan waktu yang cukup sabar. Boneff aja melakukan ini hampir 10 tahun lewat tesis doktoralnya. Tapi bahan yang loe sebutkan sangat kuat apalagi kalau kita gabungkan BONNEFF - SENO GUMIRA serta buku HIKMAT... Disamping itu nara sumberpun masih cukup banyak, ada KOSASIH, MAN, DJAIR, USYAH, SAN WILANTARA, SUBIAKTO, KELANA, GERDY WK, RIO PURBAYA, HANS DJALADARA, HASMI, NBC SUKMA,GELAR SUTOPO serta bisa dilacak lagi siapa saja komikus senior ini yang masih ada. Serta geliat anak mudanya yang diwakili BENG, WISNU LEE, DHIAR, KOMIKERS, ZACKY, ALFI ( Dua Warna ) ERWIN PRIMA serta generasi Balai Pustaka. Dan yang pasti tidak bisa kita lupakan adalah fenomena Bandung lewat komik mereka yang best seller tapi jarang kita singgung yaitu generasi komikus keluaran penerbit MIZAN. Bahkan ada seorang komikus kita yang sudah kolaborasi dengan penulis luar ( HIDAYAT ) untuk peredaran internasional sudah 4 buku. Kalau ada dari Komik
        Indonesia yang mau, gua siap jadi supervisinya... Pernah nonton film keluaran MIRAMAX nggak ? ( COMIC BOOK ) inilah sebuah film yang pantas kita jadikan acuan untuk jalur tengah bagaimana komik bisa membuat kita berada dimana saja... magis dunia gambar yang berurutan yang merangsang imajinasi siapa saja untuk mencernanya...! Usul yang bagus, memang harus mulai dipikirkan dokumenter tentang dunia Wizard Indonesia ini man... Mungkin bisa dimulai dari dokumentasi yang diambil dengan kesadaran dokumenter yang tinggi untuk kegiatan-kegiatan komik nasional yang akan makin sering digelar buat waktu ke depan...!

        Salam man - J-DR

        Salam.

        Message 3 of 11 , Sep 4, 2005
          Komik Film , atau film di komikan di Indonesia ini kemungkinan bisa menjadi "lahan" baru untuk para komikus senior atau yang baru muncul.

          Kebalikan dengan di Amerika, karena mereka mengangkat sebuah film dari komik ( Sin City, V for Vendetta, Batman, Spiderman, dll ), maka di Indonesia film kemudian di buat komiknya sebagai merchandise atau promotion tool menggantikan Original Motion Soundtrack berbentuk kaset atau cd.

          Yang sudah tercatat adalah Alfie, membuat komik dari film "Dealova" - sebentar lagi bakalan rilis kayaknya. Terus kalau tidak salah coretan komik Erwin Prima, dijadikan sebagai pembuka film anak2 yang berjudul "Ariel dan....." lupa saya judul lengkapnya, dan yang terakhir yang saya lihat di Gramedia kemarin adalah komik baru berwarna dan cukup bagus artnya adalah komik yang penulis dan komikusnya adalah perempuan, tapi saya lupa nama judul komiknya, pokoknya komik ini diangkat dari film yang berdasarkan novel teenlit/chicklit berjudul sama, ... sayang sekali saya kelupaan menyambar komik ini. Padahal sampai sekarang tercatat cuma komikus perempuan yang di Surabaya itu saja (yang membuat serial cantik manga) , maka kalau ada tambahan komikus perempuan, wah berarti ini kemajuan walau kemungkinan masih menjadi pekerjaan sampingan membantu teman.

          Kemudian ada juga produksi baru -yang saya dengar- film anak anak baru yang sedang digarap oleh Riri Riza bakalan juga menggunakan komik sebagai promotion tool. Hilman dan Gola Gong juga saya baca di majalah cinemags mempersiapkan naskah film yang akan di komikan. Para pemusik indiependent yang biasanya diminta untuk membuat soundtrack film sebagai bahan promosi nampaknya akan mendapatkan saingan dari para komikus yang menggarap komik menggantikan kaset atau cd.

          Kemudian, dengan adanya permintaan dari tim produksi film kepada para komikus untuk membantu promosi film, maka si illustrator hanya tahu menggambar saja dan berkonsentrasi pada art-nya, tidak perlu pusing2 lagi memikirkan cerita ( yang sekarang masih saja jadi bahan celaan - karena dianggap para komikus muda belum becus membuat cerita bagus walau gambar mereka bagus - tidak melakukan riset dsb dsb ).

          Script cerita sudah ada , yang pastinya si sutradara dan tim produksi sudah melakukan riset sebelum membuat film, jadi komikus tinggal mengolahnya menjadi bentuk visual dan story telling sequences berbentuk komik - (sama dengan kerja sutradara dengan media film). Kemudian proses belajar, para komikus kemudian akan mendapat ilmu membuat script cerita yang baik kepada para pekerja film terutama tim produksi - pembuat naskah, sutradara dan lain lain.

          Pokoknya komik Indonesia, selalu -lihat saja sejarah- akan menemukan jalannya sendiri untuk bertahan. Masih tidak percaya kalau sekarang saatnya Komik Indonesia akan bangkit ?

          Salam.

          Message 4 of 11 , Sep 4, 2005
            J : Garin dan Budi Karung ( art gua di MM ) baru saja menyelesaikan sebuah komik pendidikan tentang Aceh yang berjudul CERITA dari ACEH ( Tsunami tragedi ) Buat gue bagus ( Udah baca belum ? ) Terbitan Galang Press.

            Belum baca !, habis tidak ada promosinya kedengaran oleh kita kita. Kalau diam2 saja dan tidak ada promosinya - ya mana kita tahu , terlalu banyak buku komik bertumpuk2 di toko buku besar -apalagi kalau bukunya tidak untuk dijual di toko buku besar, dan diedarkan terbatas-. Bisa jadi kita kurang pergaulan atau promosi dari Galang Press yang kurang.

            Tapi, mudah2an lebih baik dari komik Gebora, komik yang (katanya) mendapat sponsor dari lembaga bantuan dana international ini ditujukan sebagai media untuk membantu proses asimilasi masyarakat Madura dengan penduduk asli suku Dayak di Kalimantan. Tapi isi komik pendidikan (menurut saya)ini , kurang menggambarkan situasi atau lanskap Kalimantan, walau setting ceritanya ada di Kalimantan. Padahal (katanya lagi) sudah dilakukan survey dan riset dengan biaya tidak sedikit demi komik ini. Belum lagi kemudian efek politisnya yang menyertai belakangan...kacau !.

            J : Dan yang pasti tidak bisa kita lupakan adalah fenomena Bandung lewat komik mereka yang best seller tapi jarang kita singgung yaitu generasi komikus keluaran penerbit MIZAN. Bahkan ada seorang komikus kita yang sudah kolaborasi dengan penulis luar (HIDAYAT) untuk peredaran internasional sudah 4 buku.

            Menurut saya para illustrator studio yang berada di bawah atau yang mengerjakan proyek2 komik dari Mizan adalah contoh bagus , satu lagi adalah As-Syamiil. Script cerita dipegang oleh para (kebanyakan) novelis terkenal yang mendalami dunia ke-pengarangan sudah lama, macam Hilman Lupus, Gola Gong, Boim LeBon dll. Jadi kualitas script cerita dapat dipertanggungjawabkan. Tinggal komikusnya yang berkonsentrasi pada art. Dalam arti kata lain, demi menjaga cerita yang baik maka tim management As Syamiil ( dan Mizan ?) mungkin menyerahkan cerita kepada mereka yang ahli membuat cerita untuk kemudian di komik-kan. Jadi kalau ahli menggambar tapi tidak ahli membuat cerita, ya kemudian belajar dulu membuat cerita pada ahlinya,..baru membuat proyek solo komik sendiri. Proses proses proses proses dan proses !

            J : Pernah nonton film keluaran MIRAMAX nggak ? ( COMIC BOOK ) inilah sebuah film yang pantas kita jadikan acuan untuk jalur tengah bagaimana komik bisa membuat kita berada dimana saja... magis dunia gambar yang berurutan yang merangsang imajinasi siapa saja untuk mencernanya...!

            Belum juga, lagi nyari tuh filmnya. Kalau sudah ada di lapak ITC aku beli deh bajakan-nya dulu? hehehehehehehehehe........(ngomong2 soal HAKI lagi ...hehehehehehe)

            Katanya film ini juga keren, saya membaca review film ini di majalah Cinemags dan MM, kemudian di Tempo juga dibahas kalau tidak salah atau majalah lain gitu, saya tidak ingat.

            Message 5 of 11 , Sep 4, 2005
              ini diwakili oleh SETYA ADHIYAKSA dan BOBBI BATARA.
              Aduh thx nih, udah disenggol-senggol. Kalau gue datang karena gue sempatin
              lah... Inikan film sekelas Garin punya dan kebetulan dibuat pula oleh
              kolektor komik. Asik kok filmnya. Segar di bagian jokes-nya. Humor universal
              yang dituturkan oleh saudara kita dari Indonesia belahan wetan. Sekaligus
              sebuah refleksi betapa bahayanya penyakit laknat itu... Congratz John...

              ZACKY, ALFI ( Dua Warna ) ERWIN PRIMA serta generasi Balai Pustaka.
              Tentang Alfi, kebetulan anak ini sedang dalam proyek pembuatan versi komik
              film "Dealova"... Seharusnya sih sekitar pekan ini sudah bisa dilempar ke
              publik. Cuma belum ada kabar lagi dan rasanya ngga enak juga nanya-nanya...
              takut mengganggu proses kreatifnya. Buat yang demen sama komik berbau
              romansa, yang satu ini asik punya. Oh ya, penulisnya sih Ekky Imanjaya,
              sutradara film dokumenter "Macet" yang baru menang di Bangkok bulan lalu.

              Jadi udah ada yang nyusul lagi tuh film komik-komik film...

              bat
              Message 6 of 11 , Sep 5, 2005
                "Rieza FMuliawan" <fragjkt@i...> wrote:
> [...]
                bagaimana komik bisa membuat kita berada dimana saja... magis dunia
                gambar yang berurutan yang merangsang imajinasi siapa saja untuk

                Ada yg nonton Global TV malam Minggu kemarin? Di film seri Hustle
                diputar episode art forgery. Apa yg menarik? Yg dipalsukan adalah
                artwork asli dari cover sebuah buku komik!

                suryo
              • Prama Sobari
                Message 7 of 11 , Sep 5, 2005

                  > Menurut TEMPO, film ini mendapat pujian di festival
                  > film Shanghai.Congratulation, semoga sukses.

                  Mas john,
                  mau tanya nih,
                  saya penasaran dari dulu,
                  kesuksesan sebuat film itu menang penghargaan banyak
                  atau sukses secara komersil?
                  hatur nuhun.

                  pam

                  http://store.yahoo.com/redcross-donate3/
                • Bobby Batara
                  Message 8 of 11 , Sep 5, 2005
> [...]
                    > mau tanya nih,
                    > saya penasaran dari dulu,
                    > kesuksesan sebuat film itu menang penghargaan banyak

                    Wah mas Pram ini sih sudah OOT...
                    Pertanyaannya kembali berpulang pada diri anda, termasuk golongan yang mana:
                    penggemar film festival/ film art ataukah penggemar film komersial... Kalau
                    saya sih tidak suka bermain kotak-kotakan begitu. Film mana yang bikin saya
                    senang usai menontonnya saya doakan bakal sukses... sumpah, semakin sering
                    anda nonton film bakal semakin kaya batin deh. sama aja dengan baca komik...
                    makin sering yang dibaca, ya makin kaya batin juga kali...

                    Film sama juga kok kaya komik, sama-sama hasil kerja kolektif. Jadi kalau
                    banyak yang senang sama hasilnya, pembuatnya pasti bakal bersyukur kok...
                    sekarang terserah anda mas Pram, suka film yang mana...

                    bat
                  • john de-rantau
                    Message 9 of 11 , Sep 7, 2005
                      Mas Pram...
                      Secara garis besar udah di jawab oleh pamannya MANDALA, siluman sungai ular ( BB ). Yah, banyak membaca jadi banyak tahu, banyak melihat jadi banyak pengalaman...
                      Garis besarnya kesuksesan sebuah karya bukan diukur dari menang festival atau laku dipasaran. Kalau dari POV ( point of view ) seniman kesuksesan itu mungkin bisa dicuplik dari pernyataan seorang jenius EDISON, kesuksesan itu, bakat cuma satu persen, sembilan puluh sembilan persennya adalah kerja keras...! Jadi kalau masalah selera, suka atau nggak suka tidak bisa dicampurkan di bagian pertanyaan anda itu. Jawabannya dikembalikan pada anda untuk menilainya...!

                      Salam sejahtera ya - J-DR

                      Message 10 of 11 , Sep 7, 2005
                        mas bobby dan mas john,
                        emang OOT, makanya si subjek saya tulis OOT.
                        thanks buat jawabannya....
                        meski saya masih bingung tapi ada gambaran dikitlah...
                        soal pengotakan, mau nggak mau karena saya awam
                        banget.

                        pam

                        http://us.click.yahoo.com/FXrMlA/dnQLAA/Zx0JAA/aSIolB/TM

                      • adi sony
                        Message 11 of 11 , Oct 14, 2005
                          mas john,

                          sori baru email, ini judul2nya:

                          1. Pendekar Wanita Sakti cetakan I A.Tatang S.
                          2. Keris Merah idem idem
                          3. Sapri Djago Tjitarum idem idem
                          4. Mat Teo idem idem
                          5. Taufan idem Ganes TH
                          6. Hantu Ranbut Putih idem Fans
                          7. Pendekar Bisu Tjepy S.
                          8. Diantara Mawar Ros Anda S.
                          9. Pendekar Gila Jos
                          10. Seruling Gading-Himbauan maut Subiakto
                          11. Neraka di Muara Tjisadane idem
                          12. Tangis di Lembah Neraka Osstia
                          13. Pedang Pusaka Putri Camar Laut Anda S.
                          14. Djagoan Bantji idem
                          15. Pendekar si Mata Pitjek M.husni
                          16. Wanita Setan Mat Romeo
                          17. Nafas Halilintar Sae
                          18. Merpati J Amir
                          19. Santjang Bodas Timoer
                          20. Buronan di teluk naga Hen/Lukman Karmani
                          21. PRABA Djoni Andrean
                          22. Tengkorak Hidup Priadi
                          23. Kereta Api Terachir dr Kulon Toha
                          24. Sepasang Pendekar Buntung:Sembilan Jin Dm
                          25. Minah Jat Yogapranata
                          26. Bidadari atau Setan Djoni Andrean
                          27. Gadis Tjantik Senjum di bulan Raf
                          28. Si Udjang Pram Jr.
                          29. Si Rompang Priatna
                          30. Gompal Piie
                          31. Djampang pembasmi Seruling Mas Tati/Zaidin Wahab
                          32. Iblis Penghisap Darah Jat Yogapranata
                          33. Kelabang Merah cov.Mansjur Daman A.Sofjan
                          34. Pendekar Djari Sembilan Kiky S.
                          35. Malaikat Candi Dewi Kali Pram Jr
                          36. Mat Djelek Day
                          37. Si Rusa Putih Sans Indrayana
                          38. Cakar Berbisa Trya
                          39. Keris Naga Wulung Timoer
                          40. Darah & peti Mati Adhi Umboro
                          41. Prahara di Lereng Bromo Maar

                          maaf baru bisa email sgitu, bila ada yg disukai bls ya. ok thx

                          salam,

                          Adi