Sim

  • Surjorimba Suroto
    Message 1 of 3 , Aug 31, 2005
      Database karya2 Sim sudah di-upload ke website
      http://www.komikindonesia.com Sejauh ini sudah ada 42
      judul, dan saya yakin ini belum lengkap dan banyak
      kekurangan. Spt biasa kami mohon kesediaan rekan2 yg
      bisa bantu melengkapi database Sim (input rekan2 ttg
      karya Zaldy sudah saya upload). Spt biasa data yg
      dibutuhkan adalah:

      Judul buku
      Nama pengarang (dalam hal ini Sim)
      Tahun terbit
      Nama penerbit
      Jumlah halaman
      Ukuran buku

      Sebenarnya ada lagi yg penting, yaitu scan cover, scan
      sample bbrp halaman dalam, dan sinopsis singkat. Tapi
      utk 3 yg terakhir ini nanti saja (skala prioritas).

      Thx sebelumnya atas bantuan rekan2

    • david siahaan
      Message 2 of 3 , Sep 1, 2005
        Spt biasa data yg
        > dibutuhkan adalah:
        >
        > Judul buku
        > Nama pengarang (dalam hal ini Sim)
        > Tahun terbit
        > Nama penerbit
        > Jumlah halaman
        > Ukuran buku

        Suryo,

        Saya penggemar berat Hans dan melihat hanya ada 34
        karya Hans yang disebutkan. Saya akan bantu kasih data
        untuk beberapa karya-nya. Tapi mohon tanya, untuk
        "Tahun Terbit" gak perlu tahun pertama kali terbit
        kan? agak susah tuh kalo hanya punya cetakan barunya.
        Kedua, "ukuran buku" maksudnya apa? saku, folio atau
        apa? trus kalo "penerbit", penerbit yang paling akhir
        boleh juga kan, kayak si buta atau walet merah atau
        gundala...atau harus penerbit pertama??

        LAst but not least, ada punya rencana berkungjung ke
        tempat pak Hans gak? saya pengen banget nih ketemu
        beliau trus liat karya2nya yang saya belom
        punya....ada yang mau arrange gak yah?

      • Surjorimba Suroto
        Message 3 of 3 , Sep 1, 2005
          --- david siahaan <dsiahaan2002@...> wrote:
          > Saya akan bantu kasih data untuk beberapa karya-nya.

          wah, makasih banget!

          Tapi mohon tanya, untuk
          > "Tahun Terbit" gak perlu tahun pertama kali terbit
          > kan? agak susah tuh kalo hanya punya cetakan
          > barunya.

          Maksudnya adalah tahun pertama kali terbit. Biasanya
          pada halaman belakang ada selembar atau cap stempel
          polisi. Disitu ada tanggal pengesahannya. Tanggal
          itulah yang kita anggap sbg tanggal/ tahun resmi
          terbitnya suatu judul.

          > Kedua, "ukuran buku" maksudnya apa?

          Ukuran panjang x lebar dalam satuan centimeter.

          >trus kalo "penerbit", penerbit yang paling
          > akhir
          > boleh juga kan, kayak si buta atau walet merah atau
          > gundala...atau harus penerbit pertama??

          Oh utk itu artinya beda versi. Misalnya Gundala Putera
          Petir, Kencana Agung, 1969. Kemudian nanti ada lagi
          entry: Gundala Putera Petir, Bumi Langit, 2004.

          Biasanya saya akan memberi penjelasan bahwa versi 2004
          adalah cetakan baru.

          Contoh kasus lain: Mahabharata-RA Kosasih. Dalam entry
          ada Mahabharata, Melodie, 1954. Kemudian ada
          Mahabharata, Maranatha, (lupa tahunnya). Terus ada
          Mahabharata, Elex Media Komputindo, 2002. Tentunya
          masing2 disebutkan ukuran bukunya.

          > LAst but not least, ada punya rencana berkungjung ke
          > tempat pak Hans gak?

          Rencananya pak Hans akan dibuatkan acara jumpa fans,
          sebagaimana acara2 sebelumnya. Beliau ramah sekali dan
          sangat semangat kalo ketemu penggemar. Saya rasa
          beliau pasti mau kalo kita ajak kopi darat.