toysmags/sculptur, hak cipta

  • Prama Sobari
    Message 1 of 2 , Aug 4, 2005
      kemarin saya ke gramedia, dan membaca majalah toys
      mags, majalah tentang mainan indonesia, dalam profile,
      mereka menampilkan tentang sculptur atau pembuat
      action figures, oramg ini membuat action figures
      spawn, saya sendiri nggak tahu resmi atau tidak, di
      indoneisa orang seperti ini banyak, biasanya mereka
      mempunyai latar belakang model hobby kits, saya
      sendiri bisa membuat duplikatnya tapi saya nggak bisa
      mencipta masternya, biasanya master diambil dari model
      kit, seperti roda, saya pesawat terbang), tetapi dalam
      hal ini dia membuat masternya , inilah kehebatan dia,
      dia bisa membuat master model lalu diperbanyak,
      tetapi bukan itu yang jadi masalah, yang saya
      bayangkan kalau suatu hari nanti komik indonesia
      bangkit, akan banyak action figures gundala, kapten
      bandung, atau GINA, saya sarankan para pencipta untuk
      mendaftarkan hak cipta tokoh ciptaan anda, sebaiknya
      diurus sendiri untuk bisa dibagi disini pengalaman
      anda mengurus hak cipta tokoh anda, kalau anda malas
      dan membutuhkan orang ketiga, cari pengacara yang di
      plangnya spesialis paten dan hak cipta.

      pam

    • Prama Sobari
      Message 2 of 2 , Aug 4, 2005
        lupa nambahin, meski anda membayar putus komik yang
        anda jual ke orang lain, hak atas semua para tokohnya
        tetap punya anda dan dijamin oleh hukum.

        pam