Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Preface

Expand Messages
  • maling_terbang
    Halo moderator komik indonesia, Apa bisa milis ini di buat lebih aktif? Anggotanya sudah 5 orang, sebetulnya khan sudah cukup untuk memulai diskusi antara kita
    Message 1 of 8 , Nov 22, 2004
    • 0 Attachment
      Halo moderator komik indonesia,
      Apa bisa milis ini di buat lebih aktif?

      Anggotanya sudah 5 orang, sebetulnya khan sudah cukup untuk memulai
      diskusi antara kita dulu, tentunya mengenai komik indonesia -
      terutama yg klasik.

      Salam.
    • Bambang sugeng
      saya mengusulkan diskusi mengenai komik jepang yang mendominasi pasar di negeri kita, hingga komik indonesia seakan pingsan. ...
      Message 2 of 8 , Nov 22, 2004
      • 0 Attachment
        saya mengusulkan diskusi mengenai komik jepang yang
        mendominasi pasar di negeri kita, hingga komik
        indonesia seakan pingsan.

        --- maling_terbang <maling_terbang@...> wrote:

        >
        > Halo moderator komik indonesia,
        > Apa bisa milis ini di buat lebih aktif?
        >
        > Anggotanya sudah 5 orang, sebetulnya khan sudah
        > cukup untuk memulai
        > diskusi antara kita dulu, tentunya mengenai komik
        > indonesia -
        > terutama yg klasik.
        >
        > Salam.
        >
        >
        >
        >




        __________________________________
        Do you Yahoo!?
        Meet the all-new My Yahoo! - Try it today!
        http://my.yahoo.com
      • maling terbang
        Menurut saya komik jepang tidak membunuh komik Indonesia. Komik Indonesia membusuk sendiri terus mati, boleh dibilang pertama komik jepang yg masuk itu adalah
        Message 3 of 8 , Nov 23, 2004
        • 0 Attachment
          Menurut saya komik jepang tidak membunuh komik Indonesia. Komik Indonesia membusuk sendiri terus mati, boleh dibilang pertama komik jepang yg masuk itu adalah awal tahun 89-90an ( kalo tidak salah) dengan Chinmi si Kungfuboy, saat tahun 89-90an itu,..mana ada komik Indonesia baru yg diterbitin lagi ? kayaknya saat itu para komikus legendaris sudah berhenti menggambar dan ada yg beralih ke televisi , berbarengan boom sinetron di televisi.
           
          Komik Indonesia ( saya berbicara yg klasik ), mati dan membusuk sendiri ( sudah lebih dari pingsan ), karena memang kualitasnya yang kemudian semakin tidak terkontrol, banyak komik yg ceritanya sudah menjiplak dari cerita silat baik itu cerita silat terjemahan atau kho ping ho atau dan lain lain pada saat saat akhir era komik.
           
          Karena kualitas yg gak jelas itu maka ditinggalkan pembacanya......, banyak juga yg kemudian ngarang asal-asalan dengan bumbu porno di besarkan, makanya komik adalah benda yg paling di takuti oleh orangtua jaman itu bila ada di tas anak2nya.
           
          Yang masih membaca adalah seusia kita yg sekarang 30-an yg sudah dewasa saat itu , tapi juga sudah kritis, kalau cuman baca komik cerita hasil jiplakan tentunya sudah anti, dan malah jadi antipati. Sedangkan komikus yg karyanya orisinil dan agak orisinil, seperti Jan Mintaraga cs, Djair, teguh, Ganes dll, sudah tidak menggambar lagi.
           
          Anak-anak sekarang banyak baca manga, tapi tentunya bakal juga ada seleksi alam, manga yg kualitas dengan cerita yg bagus yg nanti bakal dicari, sisanya ya akan bernasib sama dengan komik Indonesia.
           
          Selain itu juga masalah penerbit yg sok kuasa dan semena mena. Gramedia banyak menerbitkan ulang beberapa komik legendaris indonesia, seperti contohnya Panji Tengkorak dan Walet Merah karya Hans J.
           
          Mana sekarng kita bisa dapetin lagi itu buku...??? mestinya harus selalu ada stock di lemarinya gramedia, tapi nyari sulitnya sampai mati, selain itu juga mereka cuwek aja memberhentikan komik yang tidak laku ( dibawah 10.000 ) walau ceritanya belum tamat,..mana bisa kita baca komik yg gak tamat macam gitu ???
           
          Walet merah udah sampai jilid nomer 2...kayaknya terusannya bakal bernasib sama - mati dan tidak dilanjutkan,..... pembaca yang baru baca lagi komik Indonesia bakal cuman baca sampai nomer 2 saja kayaknya.
           
          Salam.
          maling terbang nomer lima
          hoei tjhat
           


          Bambang sugeng <bs_manual@...> wrote:
          saya mengusulkan diskusi mengenai komik jepang yang
          mendominasi pasar di negeri kita, hingga komik
          indonesia seakan pingsan.

          --- maling_terbang <maling_terbang@...> wrote:


          Do you Yahoo!?
          Meet the all-new My Yahoo! � Try it today!

        • Bambang sugeng
          komik indonesia mati membusuk? mungkin banyak yang mengatakan demikian, tapi pada catatan saya, 1994 diterbitkan komik rama shita legenda masa depan dan komik
          Message 4 of 8 , Nov 23, 2004
          • 0 Attachment
            komik indonesia mati membusuk?
            mungkin banyak yang mengatakan demikian, tapi pada
            catatan saya,
            1994 diterbitkan komik rama shita legenda masa depan
            dan komik imperium majapahit oleh Gen Mintaraga.

            november 1995 ada caroq oleh Thoriq dari studio Qomik
            Nasional dan Awatar Comics oleh Doddy Wisnuwardana

            Even komik nasional spt. pekan komik nasional juga
            kerap digelar.

            2003 komik M&C divisi Gramedia menerbitkan 3judul
            serkaligus 1. Alakazam (Donny) 2. Dua Warna (Alfy
            'sekte komik' Zachkyelle} 3. Tomat (Rachmat Riyadi}

            2004 di Yogya ada antologi komik bertajuk subversi
            komik, terbit sejak bulan mei.
            di Bandung terbit komik Bangor karya Raditya Eka
            Permana

            penerbit Indira menerbitkan Dave Salamander komik
            lokal karya Tunjung Rukma& Denny Djoenad.

            mungkin masih banyak lagi yang lain barang kali ada
            teman yang menambahkan.

            namun menurut saya semua karya lokal tsb. masih kalah
            pamor dibanding komik asing.

            sementara sekian dulu




            __________________________________
            Do you Yahoo!?
            The all-new My Yahoo! - Get yours free!
            http://my.yahoo.com
          • Agung Prabowo
            Mas Bambang, Berdasarkan catatan, memang ada beberapa penerbit berani mempertaruhkan nyali untuk uji-coba menerbitkan komik Indonesia. Tetapi sampai saat ini,
            Message 5 of 8 , Nov 23, 2004
            • 0 Attachment
              Mas Bambang,

              Berdasarkan catatan, memang ada beberapa penerbit berani mempertaruhkan
              nyali untuk uji-coba menerbitkan komik Indonesia.

              Tetapi sampai saat ini, selalu saja usaha ini tidak sukses.
              Contohnya adalah Caroq yang hanya sampai seri 2.
              Alakazam/Dua Warna hanya sampai seri 4.
              Syukurlah Imperium Majapahit dan Alit Kencana terbitan Elex Media bisa
              terbit sampe tamat.

              Ini yang membuat saya jengkel untuk mengkoleksinya. Sudah dibela2in
              beli, eh, dihentikan penerbitannya.

              Ato untuk uji coba, sebaiknya penerbit komik Indonesia menerbitkan komik
              yang 1 seri langsung tamat aja ya? Jadi bukan cerita bersambung. Biar
              yang mau koleksi gak terlalu jengkel :D


              agung

              -----Original Message-----
              From: Bambang sugeng [mailto:bs_manual@...]
              Sent: Tuesday, November 23, 2004 6:05 PM
              To: komik_indonesia@yahoogroups.com
              Subject: Re: [komik_indonesia] komik indonesia mati membusuk?


              komik indonesia mati membusuk?
              mungkin banyak yang mengatakan demikian, tapi pada catatan saya,
              1994 diterbitkan komik rama shita legenda masa depan dan komik imperium
              majapahit oleh Gen Mintaraga.

              november 1995 ada caroq oleh Thoriq dari studio Qomik Nasional dan
              Awatar Comics oleh Doddy Wisnuwardana

              Even komik nasional spt. pekan komik nasional juga kerap digelar.

              2003 komik M&C divisi Gramedia menerbitkan 3judul serkaligus 1. Alakazam
              (Donny) 2. Dua Warna (Alfy 'sekte komik' Zachkyelle} 3. Tomat (Rachmat
              Riyadi}

              ... <dihapus>
            • Bambang sugeng
              terimakasih atas tambahan informasinya mas Agung, ... __________________________________ Do you Yahoo!? Read only the mail you want - Yahoo! Mail SpamGuard.
              Message 6 of 8 , Nov 23, 2004
              • 0 Attachment
                terimakasih atas tambahan informasinya mas Agung,


                --- Agung Prabowo <Agung.Prabowo@...> wrote:

                > Mas Bambang,
                >
                > Berdasarkan catatan, memang ada beberapa penerbit
                > berani mempertaruhkan
                > nyali untuk uji-coba menerbitkan komik Indonesia.
                >
                > Tetapi sampai saat ini, selalu saja usaha ini tidak
                > sukses.
                > Contohnya adalah Caroq yang hanya sampai seri 2.
                > Alakazam/Dua Warna hanya sampai seri 4.
                > Syukurlah Imperium Majapahit dan Alit Kencana
                > terbitan Elex Media bisa
                > terbit sampe tamat.
                >
                > Ini yang membuat saya jengkel untuk mengkoleksinya.
                > Sudah dibela2in
                > beli, eh, dihentikan penerbitannya.
                >
                > Ato untuk uji coba, sebaiknya penerbit komik
                > Indonesia menerbitkan komik
                > yang 1 seri langsung tamat aja ya? Jadi bukan cerita
                > bersambung. Biar
                > yang mau koleksi gak terlalu jengkel :D
                >
                >
                > agung
                >
                > -----Original Message-----
                > From: Bambang sugeng [mailto:bs_manual@...]
                > Sent: Tuesday, November 23, 2004 6:05 PM
                > To: komik_indonesia@yahoogroups.com
                > Subject: Re: [komik_indonesia] komik indonesia mati
                > membusuk?
                >
                >
                > komik indonesia mati membusuk?
                > mungkin banyak yang mengatakan demikian, tapi pada
                > catatan saya,
                > 1994 diterbitkan komik rama shita legenda masa depan
                > dan komik imperium
                > majapahit oleh Gen Mintaraga.
                >
                > november 1995 ada caroq oleh Thoriq dari studio
                > Qomik Nasional dan
                > Awatar Comics oleh Doddy Wisnuwardana
                >
                > Even komik nasional spt. pekan komik nasional juga
                > kerap digelar.
                >
                > 2003 komik M&C divisi Gramedia menerbitkan 3judul
                > serkaligus 1. Alakazam
                > (Donny) 2. Dua Warna (Alfy 'sekte komik'
                > Zachkyelle} 3. Tomat (Rachmat
                > Riyadi}
                >
                > ... <dihapus>
                >
                >




                __________________________________
                Do you Yahoo!?
                Read only the mail you want - Yahoo! Mail SpamGuard.
                http://promotions.yahoo.com/new_mail
              • Agung Prabowo
                Sepakat. Ini tidak saja menimpa komik Indonesia. Tetapi juga produk lain semisal musik. Memang orang kita cenderung luar negeri minded ; pokoknya apa2 yang
                Message 7 of 8 , Nov 24, 2004
                • 0 Attachment
                  Sepakat.
                  Ini tidak saja menimpa komik Indonesia. Tetapi juga produk lain semisal
                  musik.
                  Memang orang kita cenderung "luar negeri minded"; pokoknya apa2 yang
                  dari luar negeri dinilai lebih bagus, lebih keren.
                  Liat aja di dunia musik. Grup2 boyband yang di negara asalnya ga
                  seberapa terkenal, di sini bisa dipuja2 ;)

                  Tapi kalo saya pribadi, cinta semuanya. Cinta komik Jepang/Amrik, dan
                  lebih cinta komik Indonesia :D
                  Mungkin kita bisa meniru semangat Jepang ya? Pada saat gempuran
                  superhero Amrik begitu hebat, mereka tidak seberapa mengekor jagoan2
                  Amrik.

                  -----Original Message-----
                  From: bolongjilu [mailto:bolongjilu@...]
                  Sent: Thursday, November 25, 2004 6:43 AM
                  To: komik_indonesia@yahoogroups.com
                  Subject: Re: [komik_indonesia] Preface - komik Jepang bikin pingsan
                  komik Indonesia?



                  Emang apresiasi masyarakat indonesia terhadap produk komik lokal kurang,
                  karena terutama anak sekarang lebih merasa "keren" kalo membaca karya
                  import, contohnya komik jepang.

                  Tapi biarpun komik indonesia udah pingsan, gw tetap cinta ama karya
                  karya komikus lokal, terutama yang kategori komik klasik lama.

                  wassalam........


                  --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "Andy Wijaya" <andy@k...>
                  wrote:
                  > Ada banyak alasan mengapa komik Indonesia tenggelam, salah satunya
                  > harga naskah komik luar lebih murah.
                  >
                  > Regards,
                  > aNWi
                  >
                  > ----- Original Message -----
                  > From: "Danny Njoman" <dnjoman@y...>
                  > To: "maling terbang" <komik_indonesia@yahoogroups.com>
                  > Sent: Wednesday, November 24, 2004 4:21 PM
                  > Subject: Re[2]: [komik_indonesia] Preface - komik Jepang bikin
                  pingsan komik
                  > Indonesia?
                  >
                  >
                  > >
                  > > Saya sendiri memang melihat komik2 klasik Indonesia
                  > > tahu2 menghilang
                  > > dari peredaran. Setelah melahirkan karya-karya puncak seperti
                  > > Trilogi Brutal, Trilogi Tiongkok Kuno dll sepertinya komikus-komikus

                  > > senior kita tiba-tiba bersama-sama berhenti berkarya. Apakah mungkin

                  > > ternyata oplahnya tidak cukup besar terdesak oleh hiburan lain
                  > > seperti TV dan Video (Betamax) saat itu?
                  > >
                  > > Mungkin Andi atau rekan2 lain yang dekat dengan penerbitan dan
                  > > komikus2 senior sedikit banyak mempunyai gambaran mengenai kondisi
                  > > saat itu. Kenapa Kus Bram bahkan tidak menyelesaikan Operasi
                  > > Halilintar begitu juga dengan Mater yang saya kira erat hubungannya
                  > > dengan pingsannya komik Indonesia.
                  > >
                  > > Salam,
                  > > Danny
                  > >





                  ------------------------ Yahoo! Groups Sponsor --------------------~-->
                  $9.95 domain names from Yahoo!. Register anything.
                  http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/aSIolB/TM
                  --------------------------------------------------------------------~->


                  Yahoo! Groups Links
                • anwi2000
                  Memang kalau lihat dan pakai yang luar-luar kayaknya lebih wah, tapi masih banyak loh produk lokal yang lebih baik, bahkan beberapa produk lokal diexport toh
                  Message 8 of 8 , Nov 24, 2004
                  • 0 Attachment
                    Memang kalau lihat dan pakai yang luar-luar kayaknya lebih wah, tapi
                    masih banyak loh produk lokal yang lebih baik, bahkan beberapa
                    produk lokal diexport toh :)

                    Semoga komik Indonesia kembali mencapai puncak kejayaannya.
                    Ada saran bagaimana untuk ke sana ?

                    Regards,
                    aNWi


                    --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "Agung Prabowo"
                    <Agung.Prabowo@v...> wrote:
                    > Sepakat.
                    > Ini tidak saja menimpa komik Indonesia. Tetapi juga produk lain
                    semisal
                    > musik.
                    > Memang orang kita cenderung "luar negeri minded"; pokoknya apa2
                    yang
                    > dari luar negeri dinilai lebih bagus, lebih keren.
                    > Liat aja di dunia musik. Grup2 boyband yang di negara asalnya ga
                    > seberapa terkenal, di sini bisa dipuja2 ;)
                    >
                    > Tapi kalo saya pribadi, cinta semuanya. Cinta komik Jepang/Amrik,
                    dan
                    > lebih cinta komik Indonesia :D
                    > Mungkin kita bisa meniru semangat Jepang ya? Pada saat gempuran
                    > superhero Amrik begitu hebat, mereka tidak seberapa mengekor
                    jagoan2
                    > Amrik.
                    >
                    > -----Original Message-----
                    > From: bolongjilu [mailto:bolongjilu@y...]
                    > Sent: Thursday, November 25, 2004 6:43 AM
                    > To: komik_indonesia@yahoogroups.com
                    > Subject: Re: [komik_indonesia] Preface - komik Jepang bikin pingsan
                    > komik Indonesia?
                    >
                    >
                    >
                    > Emang apresiasi masyarakat indonesia terhadap produk komik lokal
                    kurang,
                    > karena terutama anak sekarang lebih merasa "keren" kalo membaca
                    karya
                    > import, contohnya komik jepang.
                    >
                    > Tapi biarpun komik indonesia udah pingsan, gw tetap cinta ama karya
                    > karya komikus lokal, terutama yang kategori komik klasik lama.
                    >
                    > wassalam........
                    >
                    >
                  Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.