Re: [komik_indonesia] Komik Indonesia Science Fiction

  • Rieza FMuliawan
    Message 1 of 10 , May 26, 2005
      Saya rubah Subjectnya karena sudah melenceng jauh -- ........

      Komik yang dikeluarkan oleh komikus baru masa kini terbitan Gramedia hampir semua bertema science fiction :
      Dua Warna - Alfi Zachkyelle, Alakazam - Donny Kurniawan, dsb..., ada juga Subali dan Sugriwa , walau si pengarang bilang Mithology tapi aku sih bilang bisa juga dimasukan ke science fiction.

      Tergantung kita mau membatasi dan mendeskripsikan science fiction seperti apa ...science fiction tidak mesti seperti Star Wars.

      Kalau bicara jaman dulu...

      Serial Kapten Yani karya Taguan Hardjo , boleh dibilang ( menurut aku ) mungkin terinspirasi oleh Jules Verne , 20.000 league under the sea -...karya fenomenal science fiction baik cerita maupun gambar karya Taguan Hardjo - dicari banyak orang sampai sekarang.

      Kemudian serial Manusia Jin - karya Djair - ini kalau kita bicara generasi yang bagak baruan.
      Tokohnya itu bermarkas di kapal ruang angkasa kolaborasi dengan makhluk dari alam dan dunia lain memperhatikan keadaan dunia,...berpetualang bahkan sampai ke Amerika/Indian untuk membantu orang2 yang kesusahan,....untuk yang satu ini walau ide cerita brillian - mirip mirip Time Traveller - atau Future Cop, - tapi gambar ada lemah - khas Djair terbitan baru.

      Banyak kok tema science fiction, tapi ini pertanyaan bagus membuat saya ingin melihat2 lagi komik lama memperhatikan tema cerita. Pada awalnya science fiction adalah tema utama yang masuk ke koran indonesia sebagai strip - Flash Gordon, Mr. X, Mandrake dan lain lain - coba deh baca Boneff.

      Message 2 of 10 , May 26, 2005
        Yang sudah registrasi via email untuk acara "Ngobrol Bareng Kus Bram" dgn bintang tamu Gerdi WK sbb:

        Hartono
        Harry Soejono
        Hendro Koentjoro
        Dedi Damhuri
        Danny Njoman
        Arya Hendrata
        Pipin (Zombie Boy)
        Anthon Novianto
        Setiadi
        Dedi Sugianto
        Anwar (War)
        h3rmawan_bayu (Bayu)
        Freddy Kasenda
        Ivan Gunawan
        Arief yuntoro
        Junan Lestari

        Regards,
        aNWi

      • setya adyaksa
        Message 3 of 10 , May 26, 2005
          Pak saya mau ikutan acara.

          --- Andy Wijaya <andy@...> wrote:

          > Yang sudah registrasi via email untuk acara "Ngobrol
          > Bareng Kus Bram" dgn bintang tamu Gerdi WK sbb:

> [...]

          __________________________________
          Yahoo! Mail Mobile
          Take Yahoo! Mail with you! Check email on your mobile phone.
          http://mobile.yahoo.com/learn/mail
        • akhmad makhfat
          Message 4 of 10 , May 26, 2005
            Wah penggemar komik tuh kayaknya pria semua ya...
            Dalam ngobrol ngga bakalan terjadi battle of sexes
            dong...

            A. Makhfat

          • tita 91
            Message 5 of 10 , May 27, 2005
              --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, akhmad makhfat <makhfat@y...> wrote:
              > Wah penggemar komik tuh kayaknya pria semua ya...

              Ada perempuan, mas, tapi nggak banyak.
              Dan kebetulan namanya nggak ada di daftar peserta diskusi tsb ;)

              > Dalam ngobrol ngga bakalan terjadi battle of sexes
              > dong...

              Oh bisa saja, kalau ada pria yg bisa bicara a/n perempuan.. hehe..

              Salam,

              Tita
              http;//esduren.multiply.com
            • mappy@cbn.net.id
              Message 6 of 10 , May 27, 2005
                Mungkin terminologi sci-fi nya yang harus disepakati dulu jadi ada
                sciencenya dan fiksi, saya ada beberapa koleksi komik sci-fi Indonesia
                terbitan tahun 1962 antara lain Perdjalanan ke Mars dan Kapten Kosmos yang
                sci-fi nya lebih fokus ke angkasa luar.

              • akhmad makhfat
                Message 7 of 10 , May 27, 2005
                  Syukurlah... kirain...

                  --- tita 91 <dlarasati@...> wrote:

> [...]
                  > Dan kebetulan namanya nggak ada di daftar peserta
                  > diskusi tsb ;)

                  > Oh bisa saja, kalau ada pria yg bisa bicara a/n

                • wisnoe lee
                  Message 8 of 10 , May 27, 2005
                    perempuan lebih suka baca novel kali ya.
                    apalagi komik superhero .... apa ada perempuan mau
                    baca
                    superman, batman, gundala dll?
                    yang lucu dan imut, yg agak general spt sinchan,
                    doraemon ,
                    asterik, tintin ... dll itu mungkin para perempuan
                    baru suka kali ya ...
                    apalagi sejenis komik cinta. pasang tampan dan si
                    jelita ....
                    seperti meteor garden dll :)

                    kali ya ...

                    wisnu

                  • tita 91
                    Message 9 of 10 , May 28, 2005
                      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, wisnoe lee <wisnoe_and_gibug@y...> wrote:
> [...]
                      > asterik, tintin ... dll itu mungkin para perempuan
                      > baru suka kali ya ...
                      > apalagi sejenis komik cinta. pasang tampan dan si

                      ======
                      Kalo memang benar cewek2 sukanya baca yg jenis2 itu, SWGL (so what gitu loh), Mas
                      Wisnu :) Tapi tolong jangan menggenalisir bahwa: kalau perempuan, "pasti" mbacanya
                      yang seperti itu.

                      Gara2 subyek ini saya jadi berpikiran begini: setiap pembaca (komik, novel, atau apapun)
                      pasti bisa lebih menikmati, lebih sreg untuk mengerti jalan cerita bila ia dapat 'masuk' ke
                      dalam cerita (relate to the story).
                      Sehingga, sesuai kodratnya, (bocah) laki2 ya senang menggambarkan dirinya sebagai si
                      jagoan di kisah yang dibacanya. Kuat, berani, dan (pada akhirnya) menang terus: most
                      likely melalui bentrokan fisik, adegan kelahi.
                      Perempuan? Lagi2 sesuai kodratnya, pasti lebih nyambung ke adegan2 "perang mental".
                      Gedebag-gedebug-nya superhero kadang2 terlalu kasar untuk dapat dinikmati (meskipun
                      ini tergantung juga pada penyajiannya dalam gambar). Atau mungkin, perempuan banyak
                      juga yg menganggap bahwa komik superhero intinya ya itu2 saja: ada musuh, berantem,
                      selesai. Kami butuh variasi :)

                      Jadi, silakan nikmati saja perbedaan preference ini; tak usah dipermasalahkan. Toh
                      cowok2 yg sebenernya juga suka si tampan dan si jelita, jadi bisa juga menikmati
                      sebangsa "meteor garden" (apa sih ini?).. hehe..

                      Salam,

                      Tita
                      http://esduren.multiply.com

                      ps. FYI, selain cergam2 yg termasuk 'aman dan bersahabat' sebangsa Tintin, Asterix, Kung
                      Fu Boy, Master Keaton (as "imut" as I can go), Sawung Kampret dan karya2 R.A. Kosasih,
                      saya juga suka 100 Bullets, Lone Wolf & Cub, Samurai Executioner, Akira dan karya2 Neil
                      Gaiman - yang jauh dari citra/ genre "si tampan dan si jelita" :D
                    • Stefi
                      Message 10 of 10 , May 30, 2005
                        Wah gak semua ceweq tuh Mas Wisnu. Soalnya saya dari dulu suka banget baca
                        komik superman dan superhero lainnya. Saya juga ngefans banget sama Gina nya
                        Mas Gerdi WK, cantik dan perkasa denk. Dulu saya koleksi komik tapi
                        berhubung Jakarta kena bencana banjir yah sudah semua komik dibuang deh sama
                        mama, sedih juga terpaksa abis ancur sih.

                        Stefi

                        ======