Daftar nominasi dan peraih penghargaan Anugerah Komik Indonesia 2011

  • Komunitas Penerbit Komik
    Message 1 of 6 , Aug 9, 2011
      PERAIH PENGHARGAAN
      ANUGERAH KOMIK INDONESIA 2011

      KOMIK DEWASA TERBAIK

      Nominasinya
      1. Kabut Manusia karya Radhar Panca Dahana, Diyan Bijac dan Widyartha
      Hastjarja penerbit NALAR
      2. Anak Kos Dodol 1 karya Dewi”Dedew” Rieka, K Jati penerbit Gradien
      Mediatama
      3. Anak Kos Dodol 2 karya Dewi “Dedew” Rieka, K Jati penerbit Gradien
      Mediatama
      4. Legenda Sawungkampret: 3 potong kisah repot karya Dwi Koendoro penerbit
      Cergam Cakrabintang
      5. Presiden Idola karya Ahmad Zeni (Text&Pict Studio) penerbit Psycho

      Peraih penghargaan : Kabut Manusia karya Radhar Panca Dahana, Diyan Bijac dan
      Widyartha Hastjarja penerbit NALAR

      KOMIK REMAJA DAN ANAK-ANAK TERBAIK

      Nominasinya
      1. Baratayuda karya Caravan Studio penerbit UNIMA
      2. Garudayana karya Is Yuniarto penerbit KOLONI
      3. Mangan gak mangan yang penting eksis karya Vbi Djenggotten penerbit
      Gradien Mediatama
      4. Manjali karya Dannie Faizal penerbit BUKUNE
      5. Satu Atap karya Azisa Noor penerbit KOLONI
      6. Pendekar X karya Ahmad Zeni (Text&Pict Studio) penerbit Pscycho

      Peraih penghargaan : Baratayuda karya Caravan Studio penerbit UNIMA

      KOMIK KOMPILASI TERBAIK

      Nominasinya
      1. Extraordinary Backpacker karya Okky T Baskara dkk penerbit Dhar! Mizan
      2. Para Gokil volume 1 karya Budisain, Eko S Bimantara, dkk penerbit
      Gradien Mediatama
      3. New Local Hero karya Okky T Baskara dkk penerbit Dhar! Mizan
      4. Nasi Bungkus volume 1 karya Goni, Aryanto, Ferdy dkk penerbit Warung
      Komik

      Peraih penghargaan : Para Gokil volume 1 karya Budisain, Eko S Bimantara, dkk
      penerbit Gradien Mediatama

      CERITA KOMIK TERBAIK

      Nominasinya :
      1. Kabut Manusia karya Radhar Panca Dahana, Diyan Bijac dan Widyartha
      Hastjarja penerbit NALAR
      2. Baratayuda karya Caravan Studio penerbit UNIMA
      3. Legenda Sawung Kampret: 3 potong kisah repot karya Dwi Koendoro
      penerbit Cergam Cakrabintang
      4. Anak Kos Dodol volume 1 karya Dewi”Dedew” Rieka, K Jati penerbit
      Gradien Mediatama
      5. Anak Kos Dodol volume 2 karya Dewi”Dedew” Rieka, K Jati penerbit
      Gradien Mediatama
      6. Garudayana karya Is Yuniarto penerbit KOLONI

      Peraih penghargaan : Baratayuda karya Caravan Studio penerbit UNIMA

      GAMBAR KOMIK TERBAIK

      Nominasinya adalah
      1. Anak Kos Dodol 1 karya Dewi”Dedew” Rieka, K Jati penerbit Gradien
      Mediatama
      2. Anak Kos Dodol 2 karya Dewi”Dedew” Rieka, K Jati penerbit Gradien
      Mediatama
      3. Legenda Sawung Kampret: 3 potong kisah repot karya Dwi Koendoro
      penerbit Cergam Cakrabintang
      4. Garudayana karya Is Yuniarto penerbit KOLONI
      5. Kabut Manusia karya Radhar Panca Dahana, Diyan Bijac dan Widyartha
      Hastjarja penerbit NALAR
      6. Tumbal karya Masyur Daman penerbit Kelompok Penggemar Cergam

      Peraih penghargaan : Tumbal karya Masyur Daman penerbit Kelompok Penggemar
      Cergam

      KARAKTER KOMIK TERBAIK
      Nominasinya adalah
      1. Sawung Kampret dalam komik Legenda Sawung Kampret: 3 potong kisah repot
      karya Dwi Koendoro penerbit Cergam Cakrabintang
      2. Mat Jagung dalam komik Kabut Manusia karya Radhar Panca Dahana, Diyan
      Bijac dan Widyartha Hastjarja penerbit NALAR
      3. Ki Bezo dalam komik Presiden Idola karya Ahmad Zeni (Text&Pict Studio)
      penerbit Psycho
      Peraih penghargaan : Mat Jagung dalam komik Kabut Manusia karya Radhar Panca
      Dahana, Diyan Bijac dan Widyartha Hastjarja penerbit NALAR

      PENGHARGAAN KHUSUS

      PENERBIT KOMIK TERPUJI

      Peraih penghargaan : KOLONI

      LIFETIME ACHIEVEMENT

      Peraih penghargaan : Mansyur Daman

      KOMIKUS CILIK BERBAKAT

      Peraih penghargaan : Fatharani Yasmin Shafiyya Sani (FIA) dalam komik Adventure
      in Magic World penerbit Dhar! Mizan.
      Komunitas Penerbit Komik Indonesia (KPKI)
      Pertokoan Cipulir Baru, Lt Dasar No.3-4
      Jl. Raya Cileduk No.2, Cipulir
      Jakarta Selatan 12250
      Telp. 021 9161 6183, 021 9924 5756
      www.kpki.org

    • birawa yudha
      Message 2 of 6 , Aug 10, 2011
        Selamat dan sukses atas penyelenggaraan acaranya semoga menjadi rutinitas seleksi cergam di waktu mendatang, maaf saya tidak bisa hadir.
        Sukses selalu.
        Salam cergamDedi Sugianto
        http://birawayudha.multiply.com/photos

        Dari: Komunitas Penerbit Komik <komunitas.penerbit@...>
        Judul: [komik_indonesia] Daftar nominasi dan peraih penghargaan Anugerah Komik Indonesia 2011
        Kepada: "Komik Indonesia" <komik_indonesia@yahoogroups.com>, "Masyarakat KomikIndonesia" <mki@yahoogroups.com>, "Pengajian Komik DKV" <pengajian_komik_dkv@yahoogroups.com>, "toni masdiono" <toni_masdiono@...>, henryismono@..., "Imansyah Lubis" <imansyah.lubis@...>, "Uwi Mathovani" <uwi.mathovani@...>, hendrayudha_lantu@..., "Dwi Koendoro" <kisabdopailul@...>
        Tanggal: Rabu, 10 Agustus, 2011, 1:13 PM

        Message 3 of 6 , Aug 23, 2011
          pak Mod numpang kasih informasi barangkali ada yang belum tahu.

          Panji Tengkorak Kebudayaan dalam Perbincangan disertasi Seno Gumbira Ajidarma
          tebal 520 halaman, ukuran A4, soft cover.

          Dapat info beberapa hari yang lalu dari pak Henry telah diterbitkan oleh KPG, baru tadi  malem saya beli belum sempet dibaca sih tapi cukup lama saya tunggu diterbitkan kira-kira tiga tahun yang lalu saya lihat aslinya di rumah pak Hans kreator Panji Tengkorak.

          Salah satu studi ilmiah setelah Marcel Boneff yang mengulas komik Indonesia, barang kali menjadi insipirasi bagi rekan-rekan setelah membaca untuk mengulas karya pengarang lainnya. Saya sendiri pernah diminta informasi mengenai super hero Indonesia dan cerita silat saduran saat berkunjung ke toko buku Erlina Bandung.

          Mungkin ada persamaan bobot studi pada saat acara Imlek bulan Februari di Citra Land bertema Sie Djin Koei salah satu pembicara seorang ibu(saya lupa namanya) yang sedang menyusun studi S3 mengenai Sie Djin Koei. Mudah-mudahan di terbitin juga.
          Atau ada karya studi komik indonesia lainnya yang sudah diterbitkan?

          Salam cergam
          Dedi Sugianto

          Pro: pak Henry
          ayo pak di kebut liburan ini biar biar banyak ulasan mengenai komik indonesia lainnya, saya sudah ngomong sama pak Man dia mau untuk lanjutannya.

          Message 4 of 6 , Aug 23, 2011
            birawa yudha <birawayudha@...> wrote:

            > Panji Tengkorak Kebudayaan dalam Perbincangan disertasi Seno Gumbira Ajidarma
            > tebal 520 halaman, ukuran A4, soft cover.

            tambah info: harganya sekitar Rp 80rb. Penuh gambar, dan di bagian akhir galeri cover Panji Tengkorak.

            Saya beli buku ini minggu lalu dan segera kontak SGA ttg keberadaannya. Bbrp bulan sebelumnya, saya pernah dikontak oleh orang marketingnya perihal pembelian pre-order. Tp lupa utk membalasnya (padahal harga diskon lho...)

            Segera buku itu saya potret dan upload ke FB. Banyak yg sudah respon dan sebagian sudah membelinya.

            > Atau ada karya studi komik indonesia lainnya yang sudah diterbitkan?

            Menakar Panji Koming, terbitan Kompas. Seingat saya itu judulnya, dan terbit awal 2000an deh. Isinya ttg disertasi komik strip Panji Koming. Tapi sudah hasil edit. Berbeda dgn disertasi SGA yg dicetak utuh.

            suryo
          • henry
            Message 5 of 6 , Aug 24, 2011

> [...]
              > ayo pak di kebut liburan ini biar biar banyak ulasan mengenai komik indonesia lainnya, saya sudah ngomong sama pak Man dia mau untuk lanjutannya.

              Pak Dedi, mudah-mudahan oktober nanti sudah selesai. tepi bukan buku ulasan komik, ya, terlalu berat buat saya. hanya hasil wawancara dan sedikit hasil pembacaan saya tentang komik.

              salam
            • birawa yudha
              Message 6 of 6 , Aug 24, 2011

                Dari: henry <hnrnova@...>
                Judul: [komik_indonesia] Re: Panji Tengkorak Kebudayaan dalam Perbincangan
                Kepada: komik_indonesia@yahoogroups.com
                Tanggal: Rabu, 24 Agustus, 2011, 2:44 PM

                Pak Dedi, mudah-mudahan oktober nanti sudah selesai. tepi bukan buku ulasan komik, ya, terlalu berat buat saya. hanya hasil wawancara dan sedikit hasil pembacaan saya tentang komik.

                Oktober sih udah deket...ditunggu pak. Maaf kalau salah ngomong/maksud "ulasan" yang terpenting terkait dengan KI.