Re:Apa yang saya butuhkan untuk MEMBUAT STUDIO

  • kakao tng
    Message 1 of 7 , Sep 3 10:11 PM
      ah ga semua kayak gitu,..yang penting mas ini mau buka tudio komik itu sdh niatan mulia,..kalau menurut saya,ajak semua lapisan yang menyukai komik dan gambar,ga masalah punya skill bagus atau master,atau amatiran,kembangkan bakat2 anak2,buat seperti kelompok kebersamaan bukan seperti bekerja(karena komik ini minat dan hobby)jangan janjikan yang muluk2,..tapi teamwork,saling kerjasama saling melengkapi,asalkan ada pisang goreng dan kopi aja sdh bisa dijadikan studio komik,ada tempat ga perlu luas 3 x 3 meter juga bisa,
      setelah itu ada coba undang komikus2 senior, untuk memberi saran dan semangat kepada team komik studio itu,memang saat ini negara belum memperhatikan tapi jika bisa menjadi penamba aset negara pasti akan diekspose oleh negara(jadi berkarya dulu jangan tanya apa yang negara berikan,tapi apa yang bisa kamu sumbang untuk negara)
      jarang loh orang yang memiliki niat untuk buka studio komik,rata2 orang berpikir akan buka warnet dll yang menguntungkan,pasti mas sendiri sdh memikirkan segala dampak akan perkembangan komik kita yang kian melemah karena banyaknya "kritikus bukan Komikus"
      jika sdh layak jadi sebuah karya komik bersama atau perseorangan,segera bawa ketoko2 buku,sapa tau mereka mau menerbitkan,jika belum mau, gpp jangan menyerah,cari lewat milis,website tentang hal ini, sharing dengan para komikus lainnya.
      buat pelatihan didalamnya,kita jangan pelit membagi ilmu2 dalam teknih menggambar,membuat alur cerita,serta dll,soalnya sebagian orang umumnya misalnya cocok penggambaran karakter tapi belum tentu alir ceritanya bisa menarik, ada yang ceritanya bagus,tapi gambarnya ga bagus, ada orang yang bisa alur cerita dan gambarnya bagus, namun pasti ada kelemahannya,misalnya mengulang adegan dalam komik,terlalu banyak aksi,dll,(ga semua komik itu bagus melalui aksi,gambar,dll.)
      dengan membuat komik studio,anda membantu para seniman minimal menyalurkan bakat mereka,bakat Indonesia,jangan kalah dengan negara lain,aq akan selalu dukung perbuatan mulia kayak gini nih,..bersosialisasi dengan karya bukan saling hujat.tqsemoga bis bermanfaat Fr.Kakao "guanteng " ^_^!!

      Dari: Ridwan Syahroni <ridwan.grafis@ yahoo.com>

      Judul: [komik_indonesia] Apa yang saya butuhkan untuk MEMBUAT STUDIO KOMIK KOMERSIL

      Kepada: komik_indonesia@ yahoogroups. com

      Tanggal: Kamis, 2 September, 2010, 5:20 AM

      Assalamualaikum Wr.Wb.

      Membuat studio komik sendiri sudah impian saya sejak lama, karena saya merasa pekerjaan membuat komik adalah hal yang tidak mudah dikerjakan oleh satu orang.

      Pertanyaan saya adalah...

      1. Apa saja yang saya butuhkan untuk membangunnya?

      2. Bagaimana cara mendapatkan klien? (komik pesanan/ilustrasi, dsb)

      3. Hal buruk apa yang kemungkinan akan terjadi? (kerugian, dsb)

      Untuk sementara itu dulu.

      Sudikah kiranya rekan2 atau para sesepuh untuk menjawab generasi muda yang tengah bersemangat ini.

      Terima Kasih

      Back to top

      Reply to sender

      Reply to group

      Messages in this topic
      (4)

      Recent Activity

       2
      New Members

      Visit Your Group

      Dog Zone
      on Yahoo! Groups
      Join a Group
      all about dogs.

      Y! Groups blog
      The place to go
      to stay informed
      on Groups news!

      Group Charity
      Stop Cyberbullying
      Keep your kids
      safe from bullying

      Need to Reply?
      Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

      Create New Topic |

      Visit Your Group on the Web

      Messages
      | Files
      | Photos

      Silahkan kunjungi website www.komikindonesia.com untuk informasi atau pembelian komik-komik Klasik dan cetak ulang maupun baru.

      MARKETPLACE

      Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

      Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

      Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

      Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional

      Visit Your Group |

      Yahoo! Groups Terms of Use |

      Unsubscribe

    • andre.siregar@yahoo.co.id
      Message 2 of 7 , Sep 3 10:34 PM
        Setuju bung kakao,

        Jika emang tujuan semula hanya minat dan hobby, memang begitu.

        Santai2 dengan secangkir kopi dan pisang goreng, sambil coret2 dan haha hihi.

        Nikmat! Ga ada duanya!!

        --- tapi jika tujuannya untuk mencari penghidupan, jangan terjun setengah2, dan jangan sampai berpikir bahwa skill bukan masalah.

        Saya kurang sependapat dengan kata janji yang 'muluk'. Tidak ada yang menjanjikan apapun dalam dunia komik ini selain: jika kamu bagus, maka kamu akan diganjar setimpal.

        Rasanya itu tidak muluk :) -- melainkan suatu hal yang wajar.

        Saya setahun terakhir ini selalu belusukan dari studio ke studio, dari kampus ke kampus, mulut ke mulut, mencari bakat2 baru untuk dibawa melanglang buana.

        Dan selama itu, saya sadar bahwa tidak ada yang terlalu muluk dalam bidang komik ini :)

        Dari rumah kos 2x2 hingga punya rumah gedongan dari mengerjakan komik? BISA!! Dan BUKAN mimpi :) - saya lihat puluhan kasus serupa itu, dan bertambah terus orang yang kaya dari industri ini (err... yang jelas bukan dari industri komik lokal).

        Hanya satu saja syaratnya: berusahalah menjadi yang terbaik!! Berusaha menjadi profesional. Belajar terus!! Rendahkan hati dan jangan merasa pintar, tekun pasti bisa!

        Ah, dimana ada kemauan, di situ ada jalan :)

        Salam komik!

        Sent from my BlackBerry�
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

        Dari: Ridwan Syahroni <ridwan.grafis@ yahoo.com>

> [...]

        Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional

      • kusnadi1951
        Message 3 of 7 , Sep 4 2:53 PM
          Yth, saudaraku KAKAO yg ganteng..
          saya setuju pendapat anda 100 % saya mantan komikus ,
          semangat mereka jangan dikendurkan dan menurut saya
          juga tdk harus biaya besar utk sebuah setudio yg penting
          ada komunitas nya pecinta komik dan bisa gambar...
          hayo jangan menyerah saya bersedia sumbang saran dan klo
          bisa ikut bergabung...salam dan tetep semangat...

          salam..

          KUSNADI ..mantan komikus bekasi..

          --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, kakao tng <kakaotng@...> wrote:

> [...]
          > dengan membuat komik studio,anda membantu para seniman minimal menyalurkan bakat mereka,bakat Indonesia,jangan kalah dengan negara lain,aq akan selalu dukung perbuatan mulia kayak gini nih,..bersosialisasi dengan karya bukan saling hujat.tqsemoga bis bermanfaat Fr.Kakao "guanteng " ^_^!!

        • diar budiarto
          Message 4 of 7 , Sep 6 2:28 AM
            Saya senang ternyata Bung Kakao ada pemikiran yg bahwa itu mengarah ke Hobby bukan ke kerja. Karena kl kita membangun studio dengan tujuan komersiil tp dengan pemikiran anda akan terjadi hal berikut ini.
[...]
            yang terjadi adalah acara kumpul2 sambil gambar asal2-an tanpa standar yang jelas tanpa tujuan, saling membanggakan karyanya (karena semua ingin dianggap master), lalu para anggota akan berkayal yang muluk2 ..saya menyebutnya sharing fantasy wakakakak......sendainya komik ini laku...seandainya jadi terkenal dll.....setelah itu keanggotaan akan berkurang secara pasti karena jenuh atau bertengkar atau juga para anggota studio menemukan kesenangan di tempat lain misalnya pacaran, ujian, maen PS di rental wakakak atau disuruh ortu cari kerja wakakaka. Team work....mana mungkin lah tujuan ngomik aja gak jelas mau dijual kemana, hasil karya campuran para amatir,master dan mandor, bayangin hasil komiknya  pasti gak jelas kualitasnya...... trus kl di pasang di DA sekalipun lama2 juga tenggelam...blup blup blup.....
            " setelah itu ada coba undang komikus2 senior, untuk memberi saran dan semangat kepada team komik studio itu,"
            Yang terjadi...urunan duit buat konsumsi buat para komikus senior yang notabene mereka juga masih kena edit para editor...knapa gak sekalian minta pendapat para editor wekekekke...OH ya alasan para editor gak mau nerima komik hasil studio berbasis hobby tadi karena kualitas komik yg asal2-an  wekekekeke lingkaran setan dong. Tapi masih utung lah kl ada komikus senior yang mau berpendapat atau mengkritisi, tp di kenyataannya para anggota studio pada umumnya type  ogah dan gak mau nerima kritikan ini kenyataan Bung yg saya sering temui di lapangan.
[...]
            Negara dan aparaturnya gak akan memikirkan kita kaum komikus karena kita dianggap sama di mata hukum sama2 org berpenghasilan jadi kita mesti bayar pajak juga. Semasa kita bayar pajak itu kontribusi kita buat negara. Oh ya masih mungkin negara mau mikirin kita kl ...kita bikin komik porno wakakak yg bakalan perhatiin pasti pemerintah dan aparat yang berwenang.....waakaka

            "pasti mas sendiri sdh memikirkan segala dampak akan perkembangan komik kita yang kian melemah karena banyaknya "kritikus bukan Komikus"."
            Ini dia mental memble bin cemen...sama kritikan saja takut.....10 pujian itu gak ada harganya dari pada 1 kritikan. Gak bisa dikritik jangan harap bisa maju...satu hal "pembaca komik"adalah kritikus paling baik ketimbang kritikus dari kalangan komikus.Ligikanya mereka adalah pembaca komik kita penikmat komik kita. jadi kritikus gak mesti seorang komikus !!!!
[...]
            Saya punya teman yang menciptakan komik dan dia memasukan ke sebuah toko buku terkenal ...al hasil komiknya gak dipromosiin gak didisplay dengan bagus dan penjualanya gak bisa bagus...trus akhirnya di jual keteman2 dan komunitas....hmmm...coba anda bayangkan kelajutanya pasti butuh modal yg cukup utk self publish.
[...]
            Saya suka pendapat ini apalagi yang mbagiin ilmunya sekelas Bung Anto Garang atau Bung ArdianShaf atau Bung Chris Lee. dengan kata lain di dalam studio itu harus ad yang benar2 komikus profesional....bayangin kl studio itu tempat berkumpulnya para amatir yang merasa sebagai master...hmmm...bikin cape...
[...]
            Jika anda memang mempunyai modal kuat atau kerjaan lain selain ngomik saya setuju sekali dengan pendapat anda. tp kl tidak dan berniat membangun studio utk makan sehari2..sebaiknya jangan..... Oh ya ini jgn dianggap  hujatan tp sekedar pendapat yang mungkin agak pedas soalnya cabe rawit-nya di kasih 25 biji
            RegardsDiar "Artha Studio Surabaya"

          • andre.siregar@yahoo.co.id
            Message 5 of 7 , Sep 6 6:32 PM
              Hih,

              Bang dhiar curhat.. Panjang dan lama lagi.. Wahhahhah

              Pasti pengalaman pribadi, hihih..

              "..para anggota studio menemukan kesenangan di tempat lain misalnya pacaran, ujian, maen PS di rental wakakak atau disuruh ortu cari kerja..."

              Wakakakakak... Ya emang begitu kalo nggak dibayar.. Wahahahah...

              "...Yang terjadi...urunan duit buat konsumsi buat para komikus senior yang notabene mereka juga masih kena edit para editor...knapa gak sekalian minta pendapat para editor..."

              Setuju!! Apalagi editor yang BUKAN dari kalangan komikus, tapi penggemar komik sejati (fanboy)-- biar lebih obyektif, nggak pake 'kasian sesama seniman'.

              "..tp di kenyataannya para anggota studio pada umumnya type �ogah dan gak mau nerima kritikan..."

              Ini tergantung berapa besar bayarannya dan siapa editornya.. Wahhahah..

[...]

              SETUJU!! Apalagi kalo kritikusnya tipe: susah dipuaskan..

              (lama-lama ini jadi OOT..)

              Message 6 of 7 , Sep 6 6:59 PM
                Iyo ndre sing paling parah wis dibayar DP iki malah ngemplang wekekeke

                Dari: andre.siregar@... <andre.siregar@...>
                Judul: Re: Bls: [komik_indonesia] Re:Apa yang saya butuhkan untuk MEMBUAT STUDIO
                Kepada: "Komik indonesia" <komik_indonesia@yahoogroups.com>
                Tanggal: Selasa, 7 September, 2010, 8:32 AM

                Message 7 of 7 , Sep 8 9:25 AM
                  wah terimakasih nih utk para senior yg udh diskusi, dan... saya malah ga bisa ngomong apa2 ^^ hehe...

                  sangat membantu sekali :-)