Bls: [komik_indonesia] gajah mada

  • diar budiarto
    Message 1 of 18 , Apr 13, 2010
      Ogah ah beli gajah mada, mendingan nabung buat beli Mahabarata -nya Grant Morrison, lebih worthed

      Dari: bud zul <budzul@...>
      Judul: [komik_indonesia] gajah mada
      Kepada: komik_indonesia@yahoogroups.com
      Tanggal: Selasa, 13 April, 2010, 4:51 PM

      Hi all. ada yang kenal dengan ini?

      apa sudah terbit komiknya?

      http://komikoo. com/komik/ gajah-mada- dharmaputra

    • Narpati Pradana
      Message 2 of 18 , Apr 13, 2010
        Diar Urang Sunda kah?
        Jujur saja, kesan pertamaku dengan komik ini cukup bagus.

        Banyak karakter diperkenalkan di chapter pertama tetapi tidak sampai membuat
        pusing.

        Message 3 of 18 , Apr 13, 2010
          Bukan saya orang jawa. Kebetulan saya liat artwork-nya nah disitulah saya kurang sreg soalnya alur cerita dan penetapan lokasi cerita sebagai background terasa kuran kuat ini didung oleh penggambarang background (baik yang closeup, people dan special efect seperti tergesa2 sehingga terkesan kurang mendalam). Style yang dipakai berusaha menghadirkan tonal yang kuat dan kuat layaknya artwork di pencil sketch ini layak diperhatikan karena apabila salah mengarsir atau menarik guratan "tonal"-nya tidak terlihat dan berakibat boomerang...gambar terlihat asal2-an. Ini beda dengan karya Hiroaki Samura "Blood of Immortal" atau karya Tsumo Takahashi "Alive" atau juga Inoue Takehiko "Vagabond" walaupun terlihat sekali pencilnya tapi penyelesaian tiap panel terlihat dan alur cerita (penetapan lokasi kejadian, efek, pencahayaan, dll) terlihat pada "tonal"-nya.
          Saya teringat pada saat saya mengawali profesi saya sebagai freelance illustrator waktu itu salah satu vendor dari wizard of the coast menawari saya utk mengisi lini art mereka. Syaratnya gambar sket saya harus terlihat "kedalaman arsir sehingga karakter gambar tidak pudar" ini yang saya sebut tonal diatas. lhasil karena masih hijau saya harus merevisi sample sebanyak 7 kali....
          Nah dari situ saya baru menyadari pentingnya belajar illustrasi terutama arsir dan efek pencil baik pencil graphite maupun pencil Carbon
          Salam kenalDiar"Artha Studio Syrabaya"

          Dari: Narpati Pradana <kunderemp@...>
          Judul: Re: [komik_indonesia] gajah mada
          Kepada: komik_indonesia@yahoogroups.com
          Tanggal: Rabu, 14 April, 2010, 11:52 AM

          2010/4/14 diar budiarto <diar_hari_budiarto@ yahoo.com>

> [...]

          > Kepada: komik_indonesia@ yahoogroups. com<komik_indonesia% 40yahoogroups. com>

          > Tanggal: Selasa, 13 April, 2010, 4:51 PM

        • Yusuf SP
          Message 4 of 18 , Apr 14, 2010
            Memang banyak kritikus hebat di forum ini. Bikin komikus2 pemula pada mengkerut & lari terbirit2.... Karya sehebat itu aja msh dibilang 'kurang'....  Ck ck ck....

            Dari: diar budiarto <diar_hari_budiarto@...>
            Judul: Re: [komik_indonesia] gajah mada
            Kepada: komik_indonesia@yahoogroups.com
            Tanggal: Rabu, 14 April, 2010, 12:18 PM

            Dari: Narpati Pradana <kunderemp@gmail. com>

> [...]

            > Kepada: komik_indonesia@ yahoogroups. com<komik_indonesia % 40yahoogroups. com>

            > Tanggal: Selasa, 13 April, 2010, 4:51 PM

            Apakah Anda Yahoo!?

            Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam

            http://id.mail yahoo.com

            Apakah wajar artis ikut Pemilu? Temukan jawabannya di Yahoo! Answers. http://id.answers.yahoo.com

          • ahmadzeni
            Message 5 of 18 , Apr 14, 2010
              Kalau saya... Membeli komik luar adalah pilihan setelah semua judul cergam terbaru terbeli...
              Mendingan terus membeli komik karya teman-teman komikus.
              Dengan begini, perjuangan memajukan komik terdorong terus...

              Soal kritikan bisa langsung dilayangkan ke komikusnya.
              Atau di milis juga bisa saja...
              Kalau saya siy lebih ingin mempromosikan.
              Jadi lewat PragatComic, kalau sempat mengulas,
              pasti mencari keunggulan komiknya.

              Biarlah kritik pedas ada di milis, atau lewat japri ke komikusnya.
              Tapi sebaiknya tidak mengajak untuk tidak membeli komik.

              Promosi negatif, pasti lumayan berdampak...
              Seperti halnya foto sampah yang memenuhi sebuah pantai wisata di sebuah media.
              Itu lumayan membuat citra negatif obyek wisata tersebut.

              Ya, saya cuma mengajak untuk memikirkan lagi komentar yang tidak mendukung perkembangan komik.

              Terima kasih

              ahmadzeni
              www.pragatcomic.com

              --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, diar budiarto <diar_hari_budiarto@...> wrote:

> [...]
              > Nah dari situ saya baru menyadari pentingnya belajar illustrasi terutama arsir dan efek pencil baik pencil graphite maupun pencil Carbon
            • Martin Grahita
              Message 6 of 18 , Apr 14, 2010
                soal komik, mestinya selera setiap orang berbeda beda
                tulisan yang mengomentari suatu karya adalah suatu hal yang biasa
                tetapi kalau hasutan untuk tidak membeli suatu produk, ya jangan dilakukan
                kan kasihan yang sudah capai berkarya, tapi nanti tidak laku
                salam komik ...................................

              • andre.siregar@yahoo.co.id
                Message 7 of 18 , Apr 15, 2010
                  Wahahakakakk

                  Belum baca nih, beli di mana toh? Mau beli ah.. Cuek sama anjuran buat nggak beli, xixixi..

                  Kemarin saya dan beberapa orang rekan penciler baru dihajar K.O. (kasarnya: ditempeleng) oleh seorang agent talent kelas bantam dari Amerika.

                  Satu hal kita belajar, setelah merasa 'hebat' dan 'kuat' namun ternyata 'lemah', adalah jangan pernah berhenti untuk belajar, jika memang kita bercita2 ke sana. Sakit hati, pasti, tapi jangan makan hati. Apalagi mundur. Semua butuh proses.

                  Bang Diar emang pedes, kayak lombok hijau kota Malang (biarpun orangnya aslinya selembut sutra), tapi jauh lebih membantu teman2 jika memang saran2 beliau dijalankan.

                  Saya nggak tau gimana isinya, jadi nggak komen dulu. Tapi menilik dari komentar Diar kok rasanya parah buanget, jadi kepingin beli malahan, hahaha.

                  Di'tempeleng' sama Diar, mungkin rasanya cuman di'kitik-kitik' dibandingkan ditempeleng CB Cebulski.. Wkkwk.. (moga2 nggak sampe ke sana).

                  Jadi buat rekan2, semua kritik dan anjuran, ditelan saja dulu. Dipahami, dan dimengerti. Dari siapapun juga, dari pengamat yg cuma bisa beli, kritikus yang cuma bisa koar2, apalagi dari artis yang sudah jauh lebih mapan. Hentikan budaya 'makan ati' atau 'kepala batu'.

                  Siapapun yg berkomentar, itu menyuarakan kenyataan apa yang dia rasakan, dan mewakili sejumlah orang lain yg kemungkinan juga berpendapat demikian. Kalau yg bilang konsumen murni, mungkin sejumlah kecil. Kalau yg bilang artis yg lebih jago, itu berarti sejumlah besar.

                  Take it easy. Keep moving!

                  From Andre, penciler yang abis kena tempeleng... Wahahah..

                  Sent from my BlackBerry®
                  powered by Sinyal Kuat INDOSAT

                  Dari: Narpati Pradana <kunderemp@gmail. com>

                  Message 8 of 18 , Apr 15, 2010
                    Ternyata kita berdua sama-sama teringat "Blade of Immortal" (bukan Blood of
                    Immortal)-nya Hiroaki Samura.. :D
                    Halaman 2 dan halaman 3 panel 1 dan 2 agak mengingatkanku dengan Tim Sale.

                    Saya penasaran, apakah maksud kalimat 'kedalaman arsir sehingga karakter
                    gambar tidak pudar'. Bisa cerita-cerita?

                    Saya sendiri, jelas akan beli. Setiap komik Indonesia yang baru-baru, yang
                    saya jumpai, bila ada uang di kantong, pasti saya beli. Toh, Doraemon pernah
                    mengalami evolusi gambar dari jelek banget sampai akhirnya matang. Begitu
                    juga Kungfu Boy. Begitu juga komik-komik Amrik. Jadi kurasa makin lama akan
                    makin bagus.

> [...]

                    > Jujur saja, kesan pertamaku dengan komik ini cukup bagus.
                    >
                    > Banyak karakter diperkenalkan di chapter pertama tetapi tidak sampai

                    "Mereka bilang kita apatis. Mereka SALAH! Kita apatis dan manja!
                    Tetapi anak manja suatu hari juga harus mandiri.
                    Sampai kapan kita puas memaki guru yang tidak becus mengajar di blog?
                    Sampai kapan kita puas memaki di status facebook?
                    Atau ingin pindah kewarganegaraan
                    karena Indonesia tidak sesuai dengan negara impian lo?" -- Quinita Siregar,
                    QUEEN BEE

                  • diar budiarto
                    Message 9 of 18 , Apr 15, 2010
                      Iya Mas Narpati saya keliru ketik Blade of Immortal, alurnya kuart goresannya bagus dan indah sekali. Kombinasi dari pinup/mockup dan halaman berpanel yang luar biasa. Oh ya mas ada nuansa Tim Sale? wah saya gak sempet memperhatikan ..hmm.. setajam elang pengelihatan mas Narpati...salut2.
                      Untuk kedalaman arsir sepertinya yang jago ini Mas Lukas (mohon liat di Fb  id lukassakul) Mas Art Suta (mohon liat di Fb  id l artsuta) dan Mas Aji Prasetyo.(saya lupa id-nya)atau mas bisa liat di wizzard of the coast. Pada dasarnya teknik pencil graphite ataupun juga karbon mempunyai kendala yg sama, kita kan terbuai dalam greyscale. nah kebanyakan teman illustrator menggunkan beberapa type pencil 2b,4b,6b atau EEini gunanya untuk memperkuat skala gelap(hitam), abu2(greyscale) dan texture. Nah goresan arsir juga mempunyai efek visual yang berbeda2. Nah Knapa saya katakan 'kedalaman arsir sehingga karakter gambar tidak pudar' . Tonal (arsir acak) bersifat kasar smudge dan smear bersifat halus (efek menghaluskan) akan menampakan sisi gelap dan terang serta sisi 3 demensinya lalu di tunjang dengan penambahan texture (biasanya pake pencil 2H dan 2B). Mungkin penjelasan saya agak sulit ya.
                      Untuk rekan2 yang menuduh saya menghasut utk tidak membeli komik lokal saya hanya bisa mengelus dada, saya tidak menghasut saya hanya mengeluarkan pemikiran saya saja mana yang worthed mana yg tidak untuk dibeli oleh saya pribadi dan itu sifatnya pribadi menurut saya.Semuanya masalah selera kok, kebetulan selera saya kyk gitu wekekekke.Untuk rekan2 yang merasa kritisi saya terlalu tajam, saya rasa itu karena saya memang ceplas ceplos kl mengkritisi sesuatu. gak sungkan2 kok. makanya byk yg jengkel sama saya kl saya sudah mengkritisi karena kebanyakan dari kritisi saya berkenaan dengan hal2 dasar...salah satunya kemampuan dasar menggambar (kl di DKV atau di arsitektur ada pelajaran illustrasi dasar I & II). Kl kemampuan basicnya kurang ya saya bilang kurang.
                      Saya sependapat bahwa komik Indonesia mengalami revolusi utk semakin baik. Dulu karya2 Wid NS yg menurut saya paling bagus. lalu karya2 indah menghilang diisi oleh para mangaka jadi2-an. Sekarang mulai muncul lg karya2 indah seperti karyanya mas Is "wind Rider,KoA" lalu ada karyanya mas Aji, ada juga karya2 yg lain dari rekan2 yang saya tidak bisa sebutkan satu persatu karena sudah pada bermunculan. Saya salut dengan komik Indonesia saat ini....Two tumbs...sekali lagi semakin lama semakin indah.
                      Best RegardsDiarArtha Studio Surabaya

                      Dari: Narpati Pradana <kunderemp@...>
                      Judul: Re: [komik_indonesia] gajah mada
                      Kepada: komik_indonesia@yahoogroups.com
                      Tanggal: Jumat, 16 April, 2010, 9:15 AM

> [...]

                      Atau ingin pindah kewarganegaraan
                      karena Indonesia tidak sesuai dengan negara impian lo?" -- Quinita Siregar,

                    • ovier asni
                      Message 10 of 18 , Apr 15, 2010

                        Dari: Narpati Pradana <kunderemp@...>
> [...]

                        Atau ingin pindah kewarganegaraan
                        karena Indonesia tidak sesuai dengan negara impian lo?" -- Quinita Siregar,

                      • Alice Setiawan
                        Message 11 of 18 , Apr 15, 2010
                          JANGAN KIRIM EMAIL LG KE EMAIL SAYA...
                          THNKS

                          Message 12 of 18 , Apr 15, 2010
                            Wuaaaaa Character assasination...aku gak nganjurin buat gak beli loh aku cuman bialng kl aku mendinga beli MBX aja soalnya artworknya masih mentah kl menurut aku...wuidiaaan malah dituduh penganjur atau yg parah penghasut utk tidak membeli. Kacauuuuuuuu.....Character assasination..terhadap dirikuuuuuuuu......
                            Oh ya Ndre kena tempelengnya pake palu atau samurai wekekekke.....CB Cebulski yo.....coba deh kasih gambar nuansa ameri-manga  gitu  siapa tau dia suka.....

                            Goodluck bro.....sukses selalu....eh aku jadi nempatin posisinya "tukang sapu" di padepokannya sampeyan loh wekekekekeke cuman bulan depan ya soalnya bulan ini masih full  sampe 3/4 bulan. wekekekek
                            RegardsDiar

                            Dari: andre.siregar@... <andre.siregar@...>
                            Judul: Re: [komik_indonesia] gajah mada
                            Kepada: "Komik indonesia" <komik_indonesia@yahoogroups.com>
                            Tanggal: Kamis, 15 April, 2010, 3:15 PM

[...]

                            From Andre, penciler yang abis kena tempeleng... Wahahah..

                            Dari: Narpati Pradana <kunderemp@gmail. com>

                            Message 13 of 18 , Apr 15, 2010
                              Karena arah komentar dari rekan2 semakin "panas" dan adanya kesalah pemahaman terhadap postingan saya sehingga saya dianggap menganjurkan atau lebih menyakitkan lagi disebut menghasut utk tidak membeli komik karya Mas Irzaqi dari komikoo's. Saya meminta maaf kepada rekan2 dan mas Irzaqi khususnya. Saya ingin mengklarifikasi bahwa saya tidak ada niat dan tindakan menghasut atau menganjurkan.
                              Sekalian juga saya juga mohon pamit terhadap teman2 di forum ini, saya akan resign dari forum ini.
                              Saya mohon maaf apabila ada kata2 saya yang menyulutkan emosi. Tidak ada maksud jahat dan keinginan buruk yang tersimpan di setiap postingan saya, hanya keinginan agar komik Indonesia tetap maju.
                              Salam Komik,
                              DiarArtha Studio Surabaya

                              Message 14 of 18 , Apr 15, 2010
                                Wooo.. Gambarnya Irzaqi to? (Nampak banget belum beli komiknya)

                                Kan mestinya keren :D - dulu saya juga kurang interest, belakangan mulai menunjukkan taji tuh si Irzaqi :)

                                OK ok, gw cari.

                                Mas Diar, jangan mundur mas, nanti milisnya jadi sepi lagi. Wahahaha... Menyingkir dulu aja, gak usah minggat :p udah gede se-bagong gitu masih 'ngambek'-an.

                                Ayoo lanjooot!!!

                                Message 15 of 18 , Apr 16, 2010
                                  From Andre, penciler yang abis kena tempeleng... Wahahah..

                                • andre.siregar@yahoo.co.id
                                  Message 16 of 18 , Apr 19, 2010
                                    Wik,

                                    Amit2 jangan sampai dikaplok cebulski, bisa gak laku seumur2 di surga dan dunia.

                                    Agen biasa kok teman2, jangankan saya, orang sepiawai Daniel Indro aja masi kena semprot (walaupun akhirnya dicomot jg--SPOILER ALERT!!!)-- saya dan teman2 lain cuman dapat kesempatan buat berguru ke org2 tenar, dan progress dipost tiap bulan, masih jauh rasanya, tapi ya namanya usaha.. Xixixi...

                                    wahahahah..

                                    Ya pelajaran aja, bahwa di atas langit masih ada langit. Yang pasti jangan pernah merasa hebat n tekun belajar, lalu jadilah hebat dan menyombonglah karena kau memang benar2 mampu :)

                                    Kalo udah hebat, baru nyombong. Apalagi untuk komikus, bicara kan bukan dengan teori, melainkan dengan berkarya. Kalau mau adu teori, jadi pengamat dan kritikus aja toh.

                                    Mau adu ilmu antar seniman? Tunjukkan dengan karya nya. Gitu kira2.

                                    Dari: Narpati Pradana <kunderemp@gmail. com>

                                    Message 17 of 18 , Apr 27, 2010
                                      wekekke gara2 postingannya mas Andre saya terpaksa keluar dari lampu ajaib saya wekekeke,
                                      Bener mas mendingan berkarya alias jago-jagoan gambar buat yg ngakunya seniman.Btw beda loh yg namanya comic artist dengan tukang bikin komik...ini menyeluruh baik creator,penciler,colorist, inker dll.
                                      Susahnya kl kita dipersimpangan antara jadi comic artist sama comic drawer wekekek

                                      Dari: andre.siregar@... <andre.siregar@...>
                                      Judul: Re: [komik_indonesia] gajah mada
                                      Kepada: "Komik indonesia" <komik_indonesia@yahoogroups.com>
                                      Tanggal: Selasa, 20 April, 2010, 8:26 AM

                                      Dari: andre.siregar@ yahoo.co. id <andre.siregar@ yahoo.co. id>

[...]

                                      From Andre, penciler yang abis kena tempeleng... Wahahah..

                                      Sent from my BlackBerry®