Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.
 

Re: [komik_indonesia] Re: FENOMENA ONEMANGA.COM (akan jadi rubrik forum di gagak zine #3)

Expand Messages
  • Phi Man
    sedikit penjelasan mengenai onemanga.com onemanga.com bukan lah site resmi penerbit, bahkan scanlasi nya pun bukan hasil karya mereka sendiri, melainkan
    Message 1 of 34 , Feb 28, 2010
      sedikit penjelasan mengenai onemanga.com

      onemanga.com bukan lah site resmi penerbit, bahkan scanlasi nya pun bukan hasil karya mereka sendiri, melainkan dikumpulkan dari beberapa komunitas scanlasi, seperti frankyhouse, sleepyfans, binktopia, dll

      kalau dibilang terbitan mereka lebih cepat dari pada edisi cetak nya, jawabannya benar dan salah

      benar, kalau dibanding kan dengan edisi tankebon nya (komik 1 judul berisi 10 - 15 chapter )

      salah, karena tiap chapter yang di upload sudah terbit dalam bentuk shonen, atau kompilasi manga yang terbit tiap minggu, bulan, atau per tiga bulan. dan biasanya hasil scanlasi di dapat lebih kurang 5 hari setelah terbit dalam shonen

      berarti yang membajak hasil karya mangaka adalah komunitas scanlasi, dan onemanga.com adalah tempat berkumpulnya karya2 bajakan tersebut, dan onemanga.com tidak sendirian dalam hal ini, ada banyak site2 lain yang menawarkan hal serupa, seperti mangafox, dll. tapi yang paling populer memang onemanga.com

      tapi, kalo menurut pandangan ku, orang2 yang terlibat dalam pembajakan ini, sebenarnya hanyalah orang2 penggila manga yang ingin berbagi terbitan manga terbaru secepat mungkin dan seluas mungkin ke sesama penggemar manga, dalam terjemahan yang dimengerti oleh orang2, yaitu bahasa inggris

      bukti nya :
      1. hasil scanlasi disebarluaskan secara gratis

      2. mereka selalu mengimbau, setidaknya onemanga.com, untuk selalu mendukung industri manga dengan membeli manga yang sudah terbit dalam bentuk tankebon

      memang benar, ada beberapa judul yang ditarik karena bermasalah mengenai hak cipta dengan pemilik lisensi, tapi dari 1000 judul lebih, hanya beberapa pemilik lisensi yang mempermasalahkan hal ini
      apakah ini berarti kebanyakan penerbit tidak mempermasalahkan keberadaan onemanga.com ??


      --- On Sat, 2/27/10, suryo_anglagard <surjorimba@...> wrote:

      > From: suryo_anglagard <surjorimba@...>
      > Subject: [komik_indonesia] Re: FENOMENA ONEMANGA.COM (akan jadi rubrik forum di gagak zine #3)
      > To: komik_indonesia@yahoogroups.com
      > Date: Saturday, February 27, 2010, 6:55 PM
      >
      >
      > "Ridwan Syahroni" <ridwan.grafis@...> wrote:
      > > Menurut saya ini merupakan celah yang harus
      > dimanfaatkan komik lokal untuk menggantikan posisi komik
      > manga impor di pasar cetak. Bagaimana menurut saudara2
      > sekalian?
      >
      > saya ngga akan bahas komik manga-nya. Tapi jika konsep
      > bisnisnya mau diadaptasi ke Indonesia...
      >
      > Apakah komik yg disediakan utk dibaca gratis itu memang
      > aslinya dibuat khusus utk baca gratis? Jika memang dibuat
      > secara gratis, tentunya distribusinya ngga masalah jika
      > gratis (yaitu dibaca gratis). Tapi jika komik tsb aslinya
      > hanya bisa didapat dgn dibeli, penyediaan sbg gratis itu
      > lebih terdengar spt pembajakan karya.
      >
      > Ada contoh lain spt ini. Beberapa sindikasi komik strip di
      > USA mendapat uang penghasilan dari penayangan komik strip di
      > harian cetak. Sama spt koran kita disini. Saya hanya bisa
      > menebak bhw uang penghasilan mrk sudah cukup dari media
      > cetak. Lalu secara resmi, mereka menayangkan komik strip
      > tersebut secara gratis di website resmi mereka. Biasanya ada
      > jeda waktu sekitar 1-3 hari dibanding pertama kali edisi nya
      > terbit di koran.
      >
      > Apakah yg dimaksud dgn Onemanga itu situs resmi dari
      > penerbitnya? Jika resmi, artinya dia sama spt sindikasi
      > komik strip contoh di atas. Artinya nggada masalah dgn
      > penayangan secara gratis tsb.
      >
      > Tapi jika Onemanga itu bukan situs resmi dari penerbit,
      > tentunya yg mereka lakukan itu pembajakan.
      >
      > Ada opsi lain, tetap secara legal dan resmi, yaitu dibuat
      > aplikasi/ software semacam e-book reader dimana softcopy
      > komik hanya bisa dibaca melalui e-book reader tsb dgn
      > menggunakan kata sandi dan softcopy komik nya punya DNA.
      > Jika softcopy komiknya bocor ke pasaran, tinggal baca DNA
      > nya. DNA tsb melekat kpd identitas pembelinya.
      > Kesimpulannya, jika bocor tinggal tunjuk hidung si pembeli.
      > Contoh lagu yg kita beli dari iTunes, diberi password dan
      > identitas nya nempel ke PC tempat kita download. Lagu itu
      > ngga bisa dikopi/ diputar di PC lain krn identitasnya beda.
      >
      > Konsep M-Komik dgn Telkomsel jg spt itu. Beda handset,
      > komik ngga bisa dibuka.
      >
      > Suka baca harian Kompas khan? Disitu ada bbrp artikel yg
      > diberi semacam barcode. Jika barcode difoto atau diakses,
      > maka versi digital nya akan tampil di ponsel atau PC kita.
      > Komik juga bisa spt itu, dimana katalog softcopy komiknya
      > cukup dgn barcode tsb.
      >
      > Nah sekarang saya balik tanya: Onemanga itu situs resmi
      > dari penerbit/ komikus atau situs tidak resmi? Jawabannya
      > akan menjawab masalah.
      >
      > suryo
      >
      >
      >
      > ------------------------------------
      >
      > Silahkan kunjungi website www.komikindonesia.com untuk
      > informasi atau pembelian komik-komik Klasik dan cetak ulang
      > maupun baru. Yahoo! Groups Links
      >
      >
      >     komik_indonesia-fullfeatured@yahoogroups.com
      >
      >
      >
    • Darmawan
      Rekan-rekan, Saya tidak terlalu tahu mengenai asal-usul batik, tapi paling tidak menurut saya ada 2 hal yang membuat batik Indonesia itu unik; 1. Cara
      Message 34 of 34 , Mar 15, 2010
        Rekan-rekan,



        Saya tidak terlalu tahu mengenai asal-usul batik, tapi paling tidak menurut saya ada 2 hal yang membuat batik Indonesia itu unik; 1. Cara membuatnya (batik tulis dengan canting dan malam); 2. Motif-motifnya. Jadi bila di India atau Cina atau bahkan Afrika ada kebudayaan “melukis” kain dengan cara yang sama, bisa jadi ada keterkaitan yang perlu ditelaah lebih lanjut siapa yang lebih dulu mengerjakannya. Sedangkan untuk motif biasanya lebih bersifat lokal…batik pesisiran beda dengan batik kraton jawa tengah misalnya….batik Malaysia beda dengan batik Indonesia motifnya…



        Sedangkan bila dikaitkan dengan Mahabharata, yang walaupun cerita aslinya berasal dari India, di Indonesia (baca Jawa) ceritanya menjadi cerita wayang…di India bukan wayang…dan ada beberapa perbedaan yang berkembang disesuaikan dengan budaya local, misalnya…di versi India, drupadi adalah istri ke lima pandawa (poliandri), di Jawa ya hanya istrinya Semiaji (yang tertua), di Jawa ada semar dan punakawan…versi asli India ga ada..versi Indonesia/Jawa banyak tokoh-tokoh anak Arjuna, anak Gatotkaca, dll yang di India juga ga ada…. Jadi kalau hanya melihat pemakaian batik di pertunjukan wayang di TV Indonesia ya tidak ada hubungannya dengan budaya India nya…..wong kalau versi India khan aslinya bukan Komik…jadi ga ada gambarnya tokoh-tokoh itu berpakaian apa dan bermotif apa…yang jelas pasti ala India abad-abad dimana diceritakan peristiwa itu terjadi….menarik juga kalau ada rekan yang punya Komik Mahabharata versi India (konsumsi local orang India)..



        Demikian urun omongan saya….



        Thanks



        Darmawan





        From: komik_indonesia@yahoogroups.com [mailto:komik_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of andre.siregar@...
        Sent: Monday, March 15, 2010 9:34 AM
        To: Komik indonesia
        Subject: Re: Bls: [komik_indonesia] Re: FENOMENA ONEMANGA.COM (akan jadi rubrik forum di gagak zine #3)





        Tapi mas,

        Orang jawa kan aslinya orang india o_O

        Dalam babad tanah jawan dulunya jawa ini kosong mlompong, isinya cuman jin sama demit, sampai raja2 dari india datang n njadiin sumatra jawa sebagai tempat pelesir.

        Kl aku sih percayanya batik dari daerah yunan/india sono. Batik orang india sama batik kita sama loh, bukan sari loh ya. Kalo lihat film mahabarata yglu sempat nampi di Tv, yg laki pada pake batik tu.

        Mungkin jaman dulu susah cari tinta buat batik asli, akhirnya dipake getah pohon. Dan corak juga berubah. Namanya juga trend. Pasti ada setter nya.

        mungkin aja jaman dulu ada penggambar batik yg coba2 bikin motif parang, trus akhirnya jadi trend dan melegenda, hingga dianggap punya satu wilayah.

        Sama kayak musik jazz gitu, siapa yg ga tau kalau jazz dan blues itu punya orang negro amerika? Tapi coba dirunut, siapa yang terima kalau dikatakan itu mirip dengan musik semedi voodoo di jamaika, atau pengantar ritual shaman di afrika? Padahal negro amerika tu semua asalnya dari sono.

        Xixixi...

        Batik masi ga jelas, diakuin dunia jg karena gak jelas dan Indonesia yg pertama berusaha njelas2in.

        Di dunia ini, budaya original cmn dari China, Mesir, Yunani, Arab, Afrika dan India. Sisanya ya cuman turunan.


        Sent from my BlackBerry®
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

        -----Original Message-----
        From: diar budiarto <diar_hari_budiarto@... <mailto:diar_hari_budiarto%40yahoo.com> >
        Date: Fri, 5 Mar 2010 16:47:51
        To: <komik_indonesia@yahoogroups.com <mailto:komik_indonesia%40yahoogroups.com> >
        Subject: Bls: [komik_indonesia] Re: FENOMENA ONEMANGA.COM (akan jadi rubrik forum di gagak zine #3)

        Yang saya tau asal mula batik ya dari jawa, semua orang jawa juga tau kl batik itu hasil budaya jawa, karena expansi jajahan mataram kuno sampe ke thailand maka batik dikenal disana. yang jelas yang disebut "B A T I K" ya dari jawa kl orang thai mungkin sebutannya lain tp batik di Jawa artinya "amba" sama "titi".amba artinya lebar atau hamparan yang luas dan titik artiknya titi ( satu persatu). Kl orang lain ingin mempelajari dan mengembangkan ya silahkan asal jangan menge-klaim. Karena itu budaya Jawa !!! Mau prof siapa lah doktor siapalah, silahkan menelaah. tp jangan lupakan fungsi dan makna dalam batik. Saya tidak sungkan berdebat ataupun berdiskusi dengan prof atau doktor2 tsb ttg batik. selama mereka menghormati budaya batik berasal dari budaya jawa.
        Memang kl sudah prof atau doktor sudah superior gitu. itu hanya gelar secara akademis bung. mereka meneliti suatu budaya dan mendesertasikanya. sedangkan kami adalah bagian dari budaya itu sendiri.


        --- Pada Jum, 5/3/10, karna m <karnamustaqim@... <mailto:karnamustaqim%40yahoo.com> > menulis:

        Dari: karna m <karnamustaqim@... <mailto:karnamustaqim%40yahoo.com> >
        Judul: Bls: [komik_indonesia] Re: FENOMENA ONEMANGA.COM (akan jadi rubrik forum di gagak zine #3)
        Kepada: komik_indonesia@yahoogroups.com <mailto:komik_indonesia%40yahoogroups.com>
        Tanggal: Jumat, 5 Maret, 2010, 3:18 PM






























        --- In komik_indonesia@ yahoogroups. com, diar budiarto <diar_hari_budiarto @...> wrote:

        > Saran saya Bung jadilah orang yang mengenal betul budaya daerahnya dl lah. kl orang jawa kenalilah budaya jawa dl kl orang padang kenalilah budaya padang dl. Kl sudah ngerti budaya baru bicara ttg budaya daerah. dan hasil dari budaya daerah.Â

        > Malaysia itu negara multy cultural, jadi budayanya campur aduk gak ada yg origin. jadi banggalah jadi orang Indonesia bung, kl betul anda org Indonesia sejati.

        > Sorry demi INDONESIA saya terpaksa ngomong keras!!!!



        ============ =======



        Indonesia yg saya kenal itu sangat plural dan multikultural. Negara-Bangsa- Bahasa Indonesia adalah sebuah konsep manifestasi kebangsaan modern oleh para bapak pendiri bangsa, bukan warisan dari kerajaan2 masa lampau.



        Saya memang bukan pakar sejarah maupun budaya, tetapi saya peminat dan rutin mengkoleksi berbagai buku hasil penelitian budaya dan arkeologi di Indonesia.

        Dua buah buku ini menarik utk disimak kalau kita ingin memahami bagaimana Indonesia itu adalah konsep kebudayaan yg terbuka dan plural.

        - Nusa Jawa: Silang Budaya oleh Denys Lombard (3 jilid)

        - Early Kingom of Indonesian Archipelago and Malay Peninsula oleh Paul Michel Munoz.



        Mengenai batik dan kerajinan, hubungan budaya indo-malay sebenarnya sangat mesra, tdk spt yg diberitkan oleh media massa yg memancing di air keruh/ Dekan FSRD ITB, Prof.Dr. Biranul Anas, terkahir saya ketemu tahun lalu dalam seminar international textile, bercerita beliau diundang utk memberi pelatihan dan kerjasama dgn kerajaan negeri Kelantan dan Trengganu (M'sia).

        Atau kalau mengenai perspektid dan filosofi batik melayu bisa menghubungi Prof.Sulaiman Abdul Ghani,MFA (UiTM).



        Belakangan ini terselenggara secara rutin konferensi batik internasional yg ke sekian di kuala lumpur. Selalunya saya bersama2 teman2 baik dari indonesia maupun malaysia mengunjungi acara tsb. Banyak temuan2 baru baik dari segi penyempurnaan teknik, konsepsi, filosofi, dsbnya dari berbagai 'batik' dunia. Yg saya ikuti dulu tahun 2005 menghadirkan pembicara dan juga batik dari sepuluh lebih negara.

        Hal2 yg spt di bawah inilah yg disampaikan dalam seminar konferensi tsb: sejarah, desain, fashion, marketing, teknik, estetik, spiritualitas, teknologi, komunitas, transkultural, etnik, dan juga internasionalisasi batik.

        Ke depannya batik diusung menjadi budaya dunia.




























        Kenapa BBM mesti naik? Apakah tidak ada solusi selain itu? Temukan jawabannya di Yahoo! Answers! http://id.answers.yahoo.com

        [Non-text portions of this message have been removed]



        [Non-text portions of this message have been removed]





        [Non-text portions of this message have been removed]
      Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.