Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Re: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..

Expand Messages
  • Sigit Suryanto
    tengkyu beratt buat masukannya ditampung kog... mudah2an bisa membuat komik yg skrg sedang dilayout ini makin mengena, baik dari segi pesan moral maupun sisi
    Message 1 of 13 , Dec 6, 2009
    • 0 Attachment
      tengkyu beratt buat masukannya
      ditampung kog... mudah2an bisa membuat komik yg skrg sedang dilayout ini makin mengena, baik dari segi pesan moral maupun sisi hiburannya.
      namun demikian, titik berat komik ini adalah pada sisi hiburannya.. namanya jg komik parodi, komik jayuzhh.. jd ya ada banyak hal2 yg sifatnya tambahan tp tetep tdk keluar dari garis besar cerita.
      dari sumber2 yg saya baca, cerita ken arok dan ken dedes sendiri banyak bagian2 yg sifatnya ahistoris, terlebih lagi mendapati kenyataan bahwa cerita itu ditemukan dalam Kitab Pararaton (atau Kitab raja2) yg ditulis lebih dari seabad sesudahnya.. akurasi dan kadar autentiknya pun bisa dipertanyakan. namun demikian, setiap masyarakat, setiap budaya, dan setiap tradisi memerlukan legenda, sesuatu yg agung dan diyakini kebenarannya. ada beberapa cerita yg diplesetkan, mudah2an tidak mengurangi moral cerita atau menurunkan keagungan cerita tersebut...
      sekali lagi makasih banget buat masukannya...
      ditunggu yaa.. kritik dan saran yg laen :D




      ________________________________
      From: Bukit Menoreh <bukitmenoreh@...>
      To: komik_indonesia@yahoogroups.com
      Sent: Mon, December 7, 2009 11:20:49 AM
      Subject: Re: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..


      Salam,
      menurut saya kok terlalu mengada ada, mengaitkan hukum syari'at segala
      Di jaman itu kan belum ada Islam masuk,...? Kalaupun tokh sudah masuk belum membumi.
      Janganlah dikait-kaitkan segala cerita dengan agama ....
      menurut saya tidak menarik malah...
      ingat di Nusantara ini Agama bermacam-macam. ..
      semua mengajarkan kedamaian dan tidak ada yang ingin mendominasi. ..
      Saya juga beragama Islam.... tapi saya tetap menghormati kebudayaan dan adat istiadat yang ada di nusantara ini.
      Justru istilah karomah, syariat dll kalau dimasukkan malah terasa menggangu...
      karena istilah itu semua belum di kenal di jaman itu...
      Ini kan komik bukan bedah buku atau ceramah soal agama...
      Sebaiknya dudukan pada porsi masing-masing saja
      Ingat juga bahwa pembaca komik adalah dari segala macam golongan, suku, ras dan agama...
      Terima kasih...
      Memang boleh saja kita menafsirkan ulang.... suatu sejarah...tinggal masyarakat mau menerima atau nggak
      Kalau kita batas-batasi. .. biasaya malah gak akan laku bacaan itu...

      Thanks.
      Senapati 99

      Catatan :
      Keberadaan Epu Purwa dan cerita Ken dedes dilarikan oleh Tunggul Ametung belum terbukti secara historis....

      ____________ _________ _________ __
      From: Iwan Suryolaksono <iwansuryo@gmail. com>
      To: komik_indonesia@ yahoogroups. com
      Sent: Tue, December 1, 2009 6:46:31 PM
      Subject: Re: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..

      Kalau boleh menyarankan, fokus utamanya sebenarnya bukan kutukan Empu
      Gandring, tapi pada perebutan "karomah" yang dimiliki oleh Ken Dedes,
      sehingga siapapun juga yang menikahinya, dan sekaligus juga anak cucu
      keturunannya, bakal menjadi raja. Krena Ken Dedes telah dinikahi oleh dua
      orang pria melalui cara-cara yang tidak nyari'at, maka pergiliran kekuasaan
      yang berlangsung di antara anak keturunan merekapun juga menjadi tidak
      konstitusional. Ingat, bukan hanya Ken Arok yang berlaku di luar hukum
      syari'at, tapi juga Tunggul Ametung, karena ia mencuri dan melarikan Ken
      Dedes pada saat Empu Purwa tidak ada di kediamannya. Peristiwa itupun juga
      melahirkan kutukan.

      Tunggul Ametung melakukan hal itu karena semata2 ketertarikan fisik saja,
      tetapi Ken Arok tidak. Dengan bimbingan Pendeta Lohgawe, ia mengetahui
      hakikat kedirian Ken Dedes. Meskipun tragedi berdarah-darah itu harus
      dialami keduanya sebagai buah dari belum ditaatinya hukum syari'at. Tetapi
      dari anak keturunan Ken Arok lah yang kelak juga mewarisi Majapahit.

      Iwan Suryolaksono

      2009/12/1 Hendra Burhan <garis_rupa@yahoo. com>

      >
      >
      > Halo mas Sigit..
      > wahh.. senang ada juga yang membuat komik tentang Ken Arok
      > selamat ya mas..
      > saya sendiri suka dengan cerita Ken Arok.
      > jadi penasaran ingin lihat komiknya mas Sigit.
      > boleh tau bisa saya dapatkan dimana komiknya?
      > salam Komik
      >
      > Hendra
      >
      > --- On Wed, 11/25/09, Sigit Suryanto <sigitsuryanto_ aja@yahoo. com<sigitsuryanto_ aja%40yahoo. com>>
      > wrote:
      >
      > From: Sigit Suryanto <sigitsuryanto_ aja@yahoo. com<sigitsuryanto_ aja%40yahoo. com>
      > >
      > Subject: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..
      > To: komik_indonesia@ yahoogroups. com <komik_indonesia% 40yahoogroups. com>
      > Date: Wednesday, November 25, 2009, 7:57 AM
      >
      >
      >
      >
      > Halo salam kenal...
      >
      > saya sigit susigit
      >
      > skrg lagi menyelesaikan komik karya saya sendiri
      >
      > dikemas dengan jayuzh dalam novel grafis
      >
      > judulnya "Ken Arok-The Comic"
      >
      > kutukan Keris Empu Gondrong ...
      >
      > boleh doong kasih masukannn ...
      >
      > salam Komik :D
      >
      > Sigits
      >
      > [Non-text portions of this message have been removed]
      >
      > [Non-text portions of this message have been removed]
      >
      >
      >

      [Non-text portions of this message have been removed]

      ------------ --------- --------- ------

      Silahkan kunjungi website www.komikindonesia. com untuk informasi atau pembelian komik-komik Klasik dan cetak ulang maupun baru. Yahoo! Groups Links

      [Non-text portions of this message have been removed]







      [Non-text portions of this message have been removed]
    • Sigit Suryanto
      tengkyu mas Bukit ... mudah2an bisa turut mewarnai komik Indonesia... untuk menembus membanjirnya komik impor, khususnya jepang.. kita kudu punya karakteristik
      Message 2 of 13 , Dec 6, 2009
      • 0 Attachment
        tengkyu mas Bukit ...
        mudah2an bisa turut mewarnai komik Indonesia...
        untuk menembus membanjirnya komik impor, khususnya jepang..
        kita kudu punya karakteristik sndiri...
        mudah2an membuahkan hasil yg maksimal...
        so, bisa terus berkarya bikin komik Indonesia,,
        biar jayuss yg penting kocak
        salam ...
        Sigit Susigit
        Pahlawan pembela kebetulan




        ________________________________
        From: Bukit Menoreh <bukitmenoreh@...>
        To: komik_indonesia@yahoogroups.com
        Sent: Mon, December 7, 2009 10:49:42 AM
        Subject: Re: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..


        Salut,...
        Semoga sukses bikin komiknya,...
        Betul, semoga punya ciri khas tersendiri
        Berbau asing dikit ngga papa asal gak keliatan banget kalau ngejiplak ciri khas mereka
        Jadi bisa buat tambah khasanan perkomikan Indonesia

        Salam,
        Satria Bukit Menoreh

        ____________ _________ _________ __
        From: Sigit Suryanto <sigitsuryanto_ aja@yahoo. com>
        To: komik_indonesia@ yahoogroups. com
        Sent: Thu, December 3, 2009 7:42:17 AM
        Subject: Re: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..

        tengkyu, mas hartono.. ditunggu yaa..
        mudah2an bisa bikin komik2 yg asli Indonesia, baik dari segi kultur,
        ide, dan kemasannya. (walopun gk bisa dihindari pasti bnyak dipengaruhi komik2 asing jg)
        pengen jg nerbitin Gatotkacaw-Yesterda y Afternoon Boy, sama Sugrawi-Sugriwa (harusnya Subali Sugriwa ya?)

        ____________ _________ _________ __
        From: hartono soenarto <hartono_soenarto@ yahoo.com>
        To: komik_indonesia@ yahoogroups. com
        Sent: Wed, December 2, 2009 8:53:14 PM
        Subject: Re: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..

        Wah ditunggu terbitnya itu Cergam Ken Arok.
        Saya suka dengan sepak terjangnya
        Salam CERGAM !
        Hartono Soenarto

        --- On Tue, 12/1/09, Sigit Suryanto <sigitsuryanto_ aja@yahoo. com> wrote:

        From: Sigit Suryanto <sigitsuryanto_ aja@yahoo. com>
        Subject: Re: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..
        To: komik_indonesia@ yahoogroups. com
        Date: Tuesday, December 1, 2009, 5:18 PM

        Makasih masukannya yaa..

        buat mas Hendra ...

        iya nihh skrg masih dlm proses layout, kynya self publising aja biar cepet...

        soalnya ini emang proyek idealis sihh... jd bgitu cetak.. dipasarinnya lewat jalur distributor aja... mudah2an gk lama lg komiknya udah terpajang di rak2 toko buku kesayangan Anda.. hehehe

        buat mas Iwan

        tengkyu banget masukannya yaa...

        mmm.. dalam komik ini tokoh sentralnya memang Ken Arok dan Ken Dedes sihh...

        alurnya juga seputar perebutan takhta di Tumapel/Singasari dengan menampilkan misteri tuah

        keris Empu Gandring. mungkin pesan moral ceritanya harus ditegaskan juga yaa...

        jadi, komik ini gk sekadar cerita Ken Arok yg dikemas dengan Jayush...

        tengkyu banget yaak..

        ____________ _________ _________ __

        From: Iwan Suryolaksono <iwansuryo@gmail. com>

        To: komik_indonesia@ yahoogroups. com

        Sent: Tue, December 1, 2009 6:46:31 PM

        Subject: Re: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..

        Kalau boleh menyarankan, fokus utamanya sebenarnya bukan kutukan Empu

        Gandring, tapi pada perebutan "karomah" yang dimiliki oleh Ken Dedes,

        sehingga siapapun juga yang menikahinya, dan sekaligus juga anak cucu

        keturunannya, bakal menjadi raja. Krena Ken Dedes telah dinikahi oleh dua

        orang pria melalui cara-cara yang tidak nyari'at, maka pergiliran kekuasaan

        yang berlangsung di antara anak keturunan merekapun juga menjadi tidak

        konstitusional. Ingat, bukan hanya Ken Arok yang berlaku di luar hukum

        syari'at, tapi juga Tunggul Ametung, karena ia mencuri dan melarikan Ken

        Dedes pada saat Empu Purwa tidak ada di kediamannya. Peristiwa itupun juga

        melahirkan kutukan.

        Tunggul Ametung melakukan hal itu karena semata2 ketertarikan fisik saja,

        tetapi Ken Arok tidak. Dengan bimbingan Pendeta Lohgawe, ia mengetahui

        hakikat kedirian Ken Dedes. Meskipun tragedi berdarah-darah itu harus

        dialami keduanya sebagai buah dari belum ditaatinya hukum syari'at. Tetapi

        dari anak keturunan Ken Arok lah yang kelak juga mewarisi Majapahit.

        Iwan Suryolaksono

        2009/12/1 Hendra Burhan <garis_rupa@ yahoo. com>

        >

        >

        > Halo mas Sigit..

        > wahh.. senang ada juga yang membuat komik tentang Ken Arok

        > selamat ya mas..

        > saya sendiri suka dengan cerita Ken Arok.

        > jadi penasaran ingin lihat komiknya mas Sigit.

        > boleh tau bisa saya dapatkan dimana komiknya?

        > salam Komik

        >

        > Hendra

        >

        > --- On Wed, 11/25/09, Sigit Suryanto <sigitsuryanto_ aja@yahoo. com<sigitsuryanto_ aja%40yahoo. com>>

        > wrote:

        >

        > From: Sigit Suryanto <sigitsuryanto_ aja@yahoo. com<sigitsuryanto_ aja%40yahoo. com>

        > >

        > Subject: [komik_indonesia] lagi bikin komik Ken Arok..

        > To: komik_indonesia@ yahoogroups. com <komik_indonesia% 40yahoogroups. com>

        > Date: Wednesday, November 25, 2009, 7:57 AM

        >

        >

        >

        >

        > Halo salam kenal...

        >

        > saya sigit susigit

        >

        > skrg lagi menyelesaikan komik karya saya sendiri

        >

        > dikemas dengan jayuzh dalam novel grafis

        >

        > judulnya "Ken Arok-The Comic"

        >

        > kutukan Keris Empu Gondrong ...

        >

        > boleh doong kasih masukannn ...

        >

        > salam Komik :D

        >

        > Sigits

        >

        > [Non-text portions of this message have been removed]

        >

        > [Non-text portions of this message have been removed]

        >

        >

        >

        [Non-text portions of this message have been removed]

        ------------ --------- --------- ------

        Silahkan kunjungi website www.komikindonesia. com untuk informasi atau pembelian komik-komik Klasik dan cetak ulang maupun baru. Yahoo! Groups Links

        [Non-text portions of this message have been removed]

        [Non-text portions of this message have been removed]

        [Non-text portions of this message have been removed]

        [Non-text portions of this message have been removed]







        [Non-text portions of this message have been removed]
      Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.