Review Petualangan Anak Pemberani

  • Habib Bari
    Message 1 of 3 , Jul 31, 2009
      Salam komik

      Gado-gado yang bermacam-macan isinya tapi nikmat. Ada
      pedesnya, ada gurihnya, ada asemnya pokoknya campur baur namun jadi kesatuan
      yang sedap. Itulah kesan aku begitu selesai membaca komik terbaru Metha Studio
      bertajuk Petualangan Anak Pemberani. Lihat saja dari keenam komik yang ada di
      buku ini, genre berbeda-beda (ada superhero, petualangan, supranatural), gaya,
      teknik dan kualitas gambar beda-beda (ada manga, klasik, amrik dan bahkan
      seperti goresan Teguh Santoso juga ada) tapi asyik jadinya. Salut deh
      untuk Metha Studio atas terbitan terakhirnya yang aku beli dan baca ini, puas
      rasanya menikmatinya. Sekali lagi Metha Studio menunjukkan kelasnya sebagai pendobrak, atau ini jawaban atas tantanganku dulu itu ya?

      Semula aku sudah takut komik ini tidak jadi terbit lho
      (ingat “goro-goro” dulu itu), tapi diam-diam ternyata tetap terbit. Syukurlah
      dan terus saja berkarya daripada terus omong doang seperti aku ini. Aku tunggu
      terbitan berikutnya.

      Meski
      demikian seperti biasa secara obyektif aku perlu berikan beberapa catatan untuk
      komik ini. Beberapa catatan aku adalah:

      Pertama, segi tampilan no comment deh tetap stabil
      sampai sekarang. Covernya lucu karena mengingatkan aku pada
      buku pelajaran anak-anak SD jaman dulu. Tapi ini cerdik karena
      yang disasar kayaknya anak-anak dan ini berhasil, terbukti cucu-cucuku rebutan
      ikut membaca.
      Isinya juga standar baik kertas maupun cetakannya, tapi terbitan
      sebelumnya semua berwarna kenapa yang ini tidak?

      Kedua, ilustrasinya
      karena artisnya banyak ya kualitasnya macem-macem. Ada
      yang baik tapi ada juga kurang. Namun ini hanya masalah selera saja kok, yang
      aku bilang baik belum  tentu buat orang
      lain baik juga tho begitu juga sebaliknya. Bagiku terima saja sebagai cerminan
      kebhinekaan kita.
      Ketiga, dari segi cerita juga macem-macem, mulai yang
      sederhana (lihat Misteri Bukit Angker atau Goa Macan Kumbang) sampai yang agak sulit
      dicerna terutama bagi anak-anak(baca Dwipa). Lagi-lagi ini sah-sah saja bagi
      aku.

      Keempat, harga juga masih pantaslah (aku beli Rp. 25.000) untuk komik
      setebal lebih dari 150 halaman ini. Adakan komik yang kurang lebih sama
      tebalnya tapi harganya nggak masuk akal?

      Kelima, kekuatan utama komik
      ini ada pada orisinalitasnya, baik pada ide penerbitan maupun
      karya komikusnya. Semuanya adalah karya-karya baru yang belum pernah
      diterbitkan. Bahkan nampaknya ada komikus pemula segala yang belum pernah
      terdengar suaranya (Ajon itu siapa ya?).

      Keenam, nampaknya Metha agak kurang
      adil memperlakukan artisnya, masak hanya Kanser yang diberikan halaman lebih
      untuk cerita dibalik layarnya, yang lain tidak. Lebih baik saran aku tidak usah
      semuanya deh, kecuali kalau komiknya karya satu artis saja. Terakhir
      untuk Metha Studio, terus maju. Mau bikin gebrakan apa lagi? Yang agak sering
      terbitnya. Kalau boleh usul, mungkin baik juga masing-masing karakter dalam
      komik ini dibuatkan lanjutanya masing satu komik. Ada komik Kanser, komik Dwipa
      juga komik Bobertop pasti asyik deh. Pak Banu boleh juga lho kalau dibuatkan
      komik silat kayaknya juga bakalan asyik.

      Salam
      komik

      Bari

      Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser. Dapatkan IE8 di sini!