Re: [komik_indonesia] Harga Pasar Buku Koleksi

  • Dedi Sugianto
    Message 1 of 5 , Apr 4, 2005
      Mau nambahan point apa yg telah diuraikan oleh Bung Surjo mengenai tatakrama
      atau etika, kalau saya rangkaum

      Spesifikasi mesti jelas:
      € kondisi buku (lengkap, halaman sobek atau tambahan pake foto copy)
      € cetakan keberapa(kalo tau karena kertas HVS biasanya cetakan pertama)
      € dibundel atau masih satuan
      € dan harga menjadi penentu (jangan mentang-mentang banyak penggemar)

      dan yg terakhir biar enak ama yg punya padepokan "Komik Indonesia" apa mesti
      bayar? Misal sekian persen dari harga jual atau mesti jadi anggota khusus yg
      membayar iuran tahunan,gimanapun juga mailinglist ini pakai cien untuk
      membuatnya.

      Untuk poin yg terakhir ini saya sekalian tanyakan barang kali sewaktu-waktu
      saya sendiri memanfaatkan mailinglist ini untuk jualan buku komik kalau
      sadah tidak muat dirak (kayaknya udah tidak muat dirak sih...).

      Salam

      Dedi Sugianto
    • OkkiE
      Message 2 of 5 , Apr 6, 2005
        Maaf ... boleh saya kometari apa yang anda bicarakan dibawah ?

        1. Saya adalah kolektor komik, bukan pedangang & saya yakin anda tahu
        beratnya melepas koleksi anda, apalagi yang anda dapat dengan susah payah.
        akan sangat sulit untuk menentukan berapa harga yang pantas untuk komik itu.
        karena itu saya nggak membuka harga karena saya ingin pembelilah yang
        menawar seberapa ingin beliaunya memiliki komik itu & saya yang menentukan
        kepada siapa barang itu akan saya jual.

        2. Saya memang tidak mencantumkan kondisi komik disini, namun saat sebelum
        transaksi saya selalu jelaskan kondisi komiknya & keputusan diambil atau
        tidak itu terserah pembeli.

        3. Ada kondisi khusus dimana saya memjual komik tersebut kepada pihak
        tertentu, seperti saya tawarkan lebih dulu ke mas andy, atau untuk Ganesh
        TH, saya lebih prefer menjual kepenerbit si Buta, dengan pemikiran kalo saya
        jual ke mereka, nantinya yang lain juga akan bisa membacanya. setidaknya
        saya sudah berkontribusi terhadap perkomikan indonesia walu cuma setitik.

        4. saya tidak hanya menjual komik saya, tapi saya juga mementingkan pembeli
        saya. anda boleh tanya mas Winahyu kalo gak salah, saat saya menjual komik
        teguh santosa yang ternyata nggak tamat ... saya memberikan kompensasi komik
        Taufan sebagai gantinya, tentu saja dengan persetujuan pembeli.

        5. point utamanya adalah saya menjual komik ini karena terpaksa. kalo saya
        seorang dengan penghasilanm tinggi maka saya nggak akan mau menjualnya,
        sehingga saya ingin komik koleksi saya ini dibeli oleh orang yang
        bener-bener kolektor, bukan hanya penjual buku bekas. & bagi saya komitment
        adalah komitment, kalo udah deal tetap saya hormati walau ada yang menawar
        lebih tinggi, seperti kasus Godam dulu.

        Terima kasih. saya harap para anggota milis ini nggak berburuk sangka
        terhadap saya. Saya care terhadap komik, & terus terang saya ingin bisa
        memberikan sesuatu kepada teman-teman yang satu minat & hobby dengan saya.
        tolong jangan misinterprestasikan maksud saya.
        Message 3 of 5 , Apr 6, 2005
          Yap, sayalah orang yang dimaksud.... (makasih Mas Okkie atas Taufannya)

          Tanpa bermaksud untuk memihak ke siapapun, menurut saya calon pembeli memang berhak tahu 'barang' yang akan ditransaksikan, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan ...

          S a l a m,

          Winahju

          Message 4 of 5 , Apr 6, 2005
            Wah apa iya Komik Indonesia dan kita disini juga mau mengurusi TATA NIAGA JUAL BELI KOMIK ...?

            Penjual memposting-kan disini apa yg mau dijual, kemudian selanjutnya pembeli menghubungi si penjual via JAPRI, kemudian ya bernegosiasi lah ( tanyakan kondisi, harga, jilid apa bundel pada yg bersangkutan...dst dst dst )

            Transparansi adalah antara penjual dan pembeli, segala complain, keluhan , merasa ditipu, merasa dirugikan dan lain lain, ya antara penjual dan pembeli, mustinya diluar tanggung jawab KomikIndonesia.

            Tapi di sarankan untuk penjual yang tidak secara teratur periksa mereka punya inbox, sebaiknya ya tidak usah berjualan melalui e-mail, nanti para calon pembeli menunggu nunggu tanpa kepastian, kasih saja nomer kontak hp. Juga jangan di lelang, kalau di lelang musti super transparan, kalau tidak ya sama saja dengan menggoreng, komik digoreng terus sampai dapat harga tinggi, tanpa para calon pembeli tahu berapa harga yg di ajukan oleh calon pembeli lain. Menggoreng itu DILARANG.

            Harga perjilid atau per buku ya sebaiknya tidak usah di atur,...memangnya kita kaum Fascist ?, kalaupun mau di atur ya musti cari Kurator - yg bisa menilai value.

            Kemudian juga buat kawan kawan lain, lebih elegant kalau menggunakan milis ini bukan untuk jualan saja, selain berjualan khan bisa ikut berdiskusi, saran, dll ya pokoknya aktif.

            Jadi jangan sampai kita semua disini hanya menerima email dari dia isinya kok ya jualan saja , tidak ada misalnya posting yang sifatnya berpartisipasi aktif dalam diskusi diskusi kita disini. Nah kalo gitu , namanya numpang doang walau jualan nya komik. Misal dari 5 kali posting ya isinya semua jualan saja, wah repot.

            Salam.