Re: Bls: [komik_indonesia] Komik Baru Petualangan Anak Hebat

  • akhmad makhfat
    Message 1 of 36 , Jun 3, 2009
      Salam komik,
      Hehehehe, saya mohon maaf itu sebenarnya
      email yang salah masuk yang sebenarnya hanya untuk Mas Bing. Tapi keteledoran
      saya memberikan informasi yang berharga bagi saya pribadi. Pertama, konsumen
      komik justru tidak ikhlas menerima kritik atau lebih tepat keluhan dari penerbit. Kedua,
      saya tahu bahwa yang beli komik dari kalangan milis sedikit, tapi saya baru
      tahu bahwa komik-komik cetakan saya mengecewakan pembeli komik, seperti yang diungkapkan Mas
      Unggul dalam emailnya “Contohnya komik Aquanus, walau akhirnya kecewa dgn isinya. Komik
      Godam 1 pun spt itu, sangat menunggu, sangat berminat, langsung dibaca dan
      kecewa pd akhirnya. Ujung2nya, Godam 2 bacanya setelah ditaruh di rak bbrp
      minggu, baru kebaca, itu pun masih kecewe juga”. Untuk Mas Unggul, waduh sori ya Mas...kalau Mas
      Unggul mau, silakan kembalikan komik2 saya yang Mas beli ke alamat saya dan
      mohon disertai dengan norek agar saya dapat mengembalikan uang pembelian Mas
      Unggul. Penerbitan komik yang saya lakukan semata-mata didorong oleh keinginan
      untuk meramaikan dan ikut bahu membahu menopang kebangkitan komik dan komikus
      Indonesia, meskipun profesi saya jauh dari penerbitan dan pembuatan komik. Saya
      hanya penggemar komik yang "marah" pada kondisi komik Indonesia
      sekarang. Penerbitan komik dengan
      standar cetak yang saya lakukan tidak murah, dan saya tidak berkeinginan untuk
      mengambil keuntungan dari penerbitan komik. Kalau seluruh komik terjual (2000
      eks), kondisi hanya breakeven, dan uangnya akan saya gunakan lagi untuk
      menerbitkan komik yang berikutnya. Itulah sebabnya harga komik saya relatif
      murah bila dibandingkan dengan kualitas cetaknya. Sementara kalau tidak laku
      semua, saya menanggung beban kerugian, dan untuk penerbitan berikutnya saya
      harus menambah dana penerbitan. Dan itu tidak masalah, karena merasa dapat
      berpartisipasi meramaikan komik sudah memberikan kepuasan batin pada diri saya.
      Alangkah bahagianya saya ketika ke toko buku melihat komik karya anak bangsa
      sendiri bertumpuk di sana. Tapi sekarang saya baru tahu bahwa komik-komik saya
      justru mengecewakan pembelinya. Kekecewaan adalah biaya yang tidak saya perkirakan
      sebelumnya. Komik-komik saya memang menerima kritik tajam, pedas tapi saya
      semula menyakini dan mensikapinya sebagai bentuk apresiasi dan kecintaan teman-teman mailinglist agar
      komik produk saya semakin baik dan semakin baik. Saya dan teman-teman di Metha
      Studio bersemangat untuk selalu memperbaiki kualitas di berbagai aspek komik
      terbitan saya. Ternyata saya dan teman-teman Metha Studio salah. Terima kasih
      Mas Unggul, email Mas membuka mata saya bahwa komik-komik terbitan saya harapan saya bermanfaat justru
      menjadi biaya bagi teman-teman mailinglist seperti Mas Unggul. Biaya penerbitan
      komik saya menjadi sangat tinggi yang meliputi biaya naskah, biaya waktu saya
      dan teman-teman saya yang diluangkan untuk mengurusi penerbitan, biaya cetak,
      biaya iklan dan launching, biaya distribusi, dan biaya kecewa pembaca. Mengaca hal
      tersebut, saya menyadari penerbitan komik memang bukan kompetensi saya. Kalau menerbitkan
      komik adalah dunia mimpi, saya harus bangun dan sadar diri: penerbitan komik bukan dunia saya.
      Saya lebih baik kembali sebagai penggemar komik dan belajar untuk menjadi
      kolektor komik yang baik. Ini yang akan saya lakukan mulai sekarang. Karena
      itu, saya juga akan membatalkan rencana penerbitan komik baru Petualangan Anak
      Hebat. Saya mohon maaf, pada teman-teman komikus, Pak Banu Ambardi, Pak Koes,
      Mas Dwi Aspitono, Mas Berny, Mas Nico, Mas Arif, Mas Arieswendha dan Mas Ajon
      yang sudah bersusah payah membuat komik dan lama menunggu penerbitan komik

      petualangan ini. Saya tidak mau menambah
      biaya kekecewaan teman-teman mailinglist, yang seperti diungkap dalam komentar
      kecut dan celetukan minor pada 3 komik terbitan saya sebelumnya selama ini melalui
      berbagai kesempatan di berbagai media internet. Biarlah 6 naskah komik
      Petualangn Anak Hebat yang sudah jadi menjadi koleksi pribadi saya sendiri.
      Saya juga  membubarkan Metha Studio. Saya
      mohon maaf jika 3 komik terbitan Metha Studio tidak menghibur malah
      mengecewakan. Saya sendiri sangat kecewa ketika tahu partisipasi saya justru
      menimbulkan ketidaknyamanan, ketidakberkenanan di hati, dan beban teman-teman
      malinglist. Sekarang saya hanya akan pasif menunggu kiprah teman-teman dalam
      menerbitkan komik dari komikus Indonesia dan sesekali membuat kritik amatiran yang
      membangun. Insaallah, dengan tidak menerbitkan komik, saya akan memiliki lebih
      banyak waktu dan uang untuk berburu komik jadul, membeli komik karya anak
      bangsa yang baru, dan komik asing untuk mengisi kotak-kotak penyimpanan komik
      di rumah dan di kantor. Mas Andy Wijaya harus siap-siap mendapatkan pesaing
      baru. Hehehehe. Ini barangkali posisi terbaik saya di percaturan komik Indonesia, sebagai konsumen. Saya juga akan punya waktu lebih banyak untuk menscan komik-komik koleksi
      saya. Saya menunggu kiprah Mas Unggul dan teman-teman lain untuk menerbitkan
      komik. Dengan wawasan Mas Unggul yang miliki, saya percaya kiprah Mas Unggul dan teman-teman lain akan membawa komikus
      dan komik Indonesia lebih baik dan tak bercacat, lebih terjangkau harganya dan bisa menjadi tuan di negeri sendiri. Ke depan, saya akan belajar membuat
      kritik amatiran yang baik dan saya berjanji akan selalu membuat kritik yang
      seimbang dan membangun untuk komik kiprah teman-teman yang saya beli.

      Akhmad Makhfatih

      Jl Tenggiri Raya No. 17

      Perumahan Minomartani

      Yogyakarta 55581

      Dari: Rieza Fitramuliawan <xiao_bin_yoe_ hoen@yahoo. com.sg>

      Topik: Re: Bls: [komik_indonesia] Komik Baru Petualangan Anak Hebat

      Kepada: komik_indonesia@ yahoogroups. com

      Tanggal: Selasa, 2 Juni, 2009, 1:15 PM

      halo mas unggul,

      nampaknya topik seperti ini akan terus berulang, tapi ya pasti akan terus muncul - kalau bukan oleh saya, bisa berasal dari anggota lain - entah itu besok atau minggu depan. selama tidak ada kesepahaman antara penerbit dengan target pembelinya.

      mungkin harus dibuat semacam mou (nota kesepahaman) antara penerbit komik indonesia dengan penggemar komik indonesia he he he he.

      irritant.

      iritasi. ini untuk penerbitnya, bukan bagi pembelinya.

      iritasi bukan penyakit berbahaya, tapi mengganggu. kalau lama didiamkan, bisa juga jadi fatal.

      jenis pembeli yang tidak punya ownership akan produk yang mereka beli.

      jenis pembeli seperti ini, ya besok tiba-tiba hilang, tapi minggu depan, bisa datang lagi.

      produk jelek, beli. produk bagus, beli juga. ya sama saja artinya.

      seperti iritasi kan ?

      tantangannya adalah utk merubah mereka menjadi langganan setia.

      --- In komik_indonesia@ yahoogroups. com, unggul_se <unggul_se@. ..> wrote:

> [...]

      > http://falstones. multiply. com

      > --- Pada Sel, 2/6/09, Rieza Fitramuliawan <xiao_bin_yoe_ hoen@...> menulis:

      > Dari: Rieza Fitramuliawan <xiao_bin_yoe_ hoen@...>

      > Topik: Re: Bls: [komik_indonesia] Komik Baru Petualangan Anak Hebat

      > Kepada: komik_indonesia@ yahoogroups. com

      > Tanggal: Selasa, 2 Juni, 2009, 12:04 PM

      > utk penerbit , sebetulnya lebih suka yang mana sih ?

      > yang beli tapi banyak omong minta macam macam, ini itulah, dll dsb. kritik, masukan, atau cela, dll.

      > ada juga yang beli , tapi ngga dibaca, ya kapan-kapan deh kalau sudah pensiun kerja dibaca. ini "irritant".

      Yahoo! Mail Sekarang Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya! http://id.mail. yahoo.com

      Get your preferred Email name!
      Now you can @... and @....

      Message 36 of 36 , Jun 6, 2009
        erwin arya <erwinprima@...> wrote:

        > salam mesra utk Pakde Makhfat dan Mas Unggul,

        ternyata pak Akhmad Makhfat sdh unsubs sejak 6 Juni