Edu komik

  • taskresekbaru
    Message 1 of 9 , Feb 28, 2009
      Wah terimakasi dengan adanya forum ini...
      O ya... beberapa hari ini saya sedang dalam tugas perancangan akhir
      yang topiknya tentang komik edukasi terutama tentang komik remaja..
      materinya pendidikan seks bagi remaja...
      nah lho.. bukan hentai lho maksudnya
      tapi kita masih kesulitan tentang literatur tentang pemanfaatan komik
      terutama dalam hal pendidikan bagi remaja...
      ada yang punya saran atau literatur macam gitu nggak thanks THAKS...
    • toni masdiono
      Message 2 of 9 , Mar 1, 2009
        wah,
        literaturnya banyak pisan untuk ini,
        yang diterbitin juga banyak,dan tradisi manga memang biasa sekali komik untuk edukasi,
        termasuk tradisi komik amerika.
        untuk tugas akhir kamu harus kembangkan sesuatu yang baru lho,
        sekolah dimana nak kresek? ^_^

        toni masdiono

        Message 3 of 9 , Mar 1, 2009
          "taskresekbaru" <taskresekbaru@...> wrote:
          > ada yang punya saran atau literatur macam gitu nggak thanks THAKS...

          termasuk banyak contoh komik pendidikan, dengan berbagai pendekatan.
          Ada yg model narator spt komik sejarahnya Larry Gonick, atau spt Scott
          McCloud. Ada yg model cerita fiksi spt komik2nya Mizan. Ada yg dgn
          peragaan spt komik sains nya Mizan & Elex. Kamu pengennyan dgn
          pendekatan spt apa?

          suryo
        • Adi Mika
          Message 4 of 9 , Mar 1, 2009
            Wah terimakasih banya masukannya
            Tapi kalau tentang pendekatan itu ntar juga harus diriset dulu...
            kalau terserah pinginnya saya aja gak bisa...
            makanya sebenarnya paling butuh itu sekarang adalah data, literatur atau hasil penelitian yang pernah ada tentang kelebihan atau manfaat komik terutama untuk media edukasi bagi remaja dibandingkan media lainnya..(agak ribet ya) tapi sukur kaau di sisi ada yang pernah bikin, punya atau ada saran lain terimakasih TERIMAKASIH

            Dari: suryo_anglagard <surjorimba@...>
            Topik: [komik_indonesia] Re: Edu komik
            Kepada: komik_indonesia@yahoogroups.com
            Tanggal: Senin, 2 Maret, 2009, 5:28 AM

> [...]

            McCloud. Ada yg model cerita fiksi spt komik2nya Mizan. Ada yg dgn

            peragaan spt komik sains nya Mizan & Elex. Kamu pengennyan dgn

            Buat sendiri desain eksklusif Messenger Pingbox Anda sekarang! Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah. http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/

          • Adi Mika
            Message 5 of 9 , Mar 1, 2009
              Wah terimakasih banyak mas Toni...
              Saya tau lho buku-buku anda walau nggak terlalu afal namanya
              saya juga suka gaya ilustrasi anda...
              kehormatan anda mau mengomentari pesan saya...

              Ya sebenarnya ini belum sampai ke perancangan akhir...atau konsep kreatif seperti apa yang bakal saya ciptakan untuk komik ini, itu juga kalau memang medianya akhirnya komik
              tapi berupa pengumpulan fenomena dan literatur yang menunjang judul yang saya ambil itu...
              sukur kalau bagus bisa saya teruskan sampai benar-benar jadi perancangan akhir
              Sebagai akademisi anda pasti paham...
              Oya saya kuliah di Surabaya di Institut Sepuluh Nopember kebetulan jurusannya DKV
              Terimakasih banyak sebelumnya

              Firefox 3: Lebih Cepat, Lebih Aman, Dapat Disesuaikan dan Gratis.http://downloads.yahoo.com/id/firefox

              Message 6 of 9 , Mar 2, 2009
                Adi Mika <taskresekbaru@...> wrote:
> [...]
                atau hasil penelitian yang pernah ada tentang kelebihan atau manfaat
                komik terutama untuk media edukasi bagi remaja dibandingkan media

                kalo spt itu mending respondennya anak2/ remaja krn mereka yg pasti
                baca komik2 edu dan bisa bilang ada manfaatnya apa ngga. kalo kita2
                ini khan rata2 baca krn apresiasi.

                suryo
              • Rieza Fitramuliawan
                Message 7 of 9 , Mar 2, 2009
                  saya baca di multiply, BC Comic Studio di akhir tahun 2007, pernah membuat komik pendidikan seks , judulnya : "oh yes , oh nooo", karya bina c. kardjono.

                  dan katanya fakultas psikologi ui , terutama yang berurusan dengan pendidikan seks, tertarik utk mengembangkannya lebih lanjut.

                • Www Dwi
                  Message 8 of 9 , Mar 2, 2009
                    maaf saya kurang tau soalnya saya baru gabung di komik_indonesia
                    tolong d ceritaaaaainy

                    Message 9 of 9 , Mar 3, 2009
                      apa seruuuuuuuu

                      Dari: Www Dwi <www_dwi54@...>
                      Topik: Balasan: [komik_indonesia] Re: Edu komik
                      Kepada: komik_indonesia@yahoogroups.com
                      Tanggal: Selasa, 3 Maret, 2009, 2:46 AM

                      Selalu bisa chat di profil jaringan, blog, atau situs web pribadi! Yahoo! memungkinkan Anda selalu bisa chat melalui Pingbox. Coba! http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/