Re: Jagoan Comic dan Aquanus:Benua Ketujuh (The End!)

  • Sandy Jatmiko
    Message 1 of 1 , May 31, 2008
      ----- Original Message ----
      From: Jagoan Comic <jagoancomic@...>
      To: Sandy Jatmiko <sandyjatmiko@...>
      Cc: Andy Wijaya <komik_indonesia@yahoogroups.com>; Pengajian Komik <pengajian_komik_dkv@yahoogroups.com>; Wahyu Sugianto <mki@yahoogroups.com>; Wien Muldian <wienm@...>; Tauhid Tauhid <mtauhid04@...>; m_tauhid04@...
      Sent: Wednesday, May 28, 2008 11:43:56 AM
      Subject: Re: Jagoan Comic dan Aquanus:Benua Ketujuh (Bagian ke satu)

      walah, ulasan nya mas Sandy panjang sekali :)
      Ooh..kepanjangan ya..kapan2 saya bikin one liner posting deh.

      sbenernya saya agak malas kalo berkomentar agak banyak2x,
      Barangkali saya juga tidak perlu komentar yg panjang2 ya mas?
      yg saya tangkap dari ulasannya mas Sandy membandingkan antar studio (meta-neo-jc), membandingkan kualitas, membandingkan strategi marketing, membandingkan kelebihan dan kekurangan, dst... termasuk saran masukannya...

      pada intinya, menurut saya biarkan studio2x komik yang ada berjalan sesuai misinya masing2x, memberikan kritikan saran itu bagus, jadi kekurangan2x yang ada bisa dicoba benahi, saya senang dengan Oom Ahmad, Oom Berny cs.. yg mengeluarkan komik Godam Reborn dan Aquanusnya.. diantara kita semuanya saling bersahabat, pernah kontak2xan dan telpon2x juga, semua saling mengisi.. hubungan kita harmonis, saya kawatir aja dengan ulasan mas Sandy ini :)
      Saya hanya mencoba untuk membahas komik ini dari sisi bisnis atau marketing dan tidak bermaksud untuk menjatuhkan satu sama lain dan berharap dapat memberi masukan buat Jagoan Comic dan Neoparadigm Studio. Saya minta maaf kalo misalnya tulisan saya dianggap bernada provokatif, seperti ingin mengadu domba anda semua. Saya hanya bercanda. Tampaknya memang tidak nyaman kalau diri kita dibanding2kan dgn orang lain. Mohon maaf juga kalau saya jadi seakan-akan menggurui Jagoan Comic atau Neoparadigm Studio, jadi terkesan seperti sok tahu. Saya memang tidak tahu apa2 soal marketing atau bisnis. Saya hanya mencoba kasih masukan saja, maaf kalau masukan saya itu rupanya tidak berkenan.
      Mungkin saya lebih baik tidak usah banyak bicara lagi. Saya tahu banyak orang yg sangat sensitif di milis dan kadang2 responnya tidak terduga-duga, jauh dari perkiraan saya.

      oya Oom Berny cs juga ada kok karakter2x barunya, belum diexpose aja :)
      Ooh  maaf saya tidak tahu. Terakhir saya melongok di website-nya, tokoh2 baru itu belum ada.

      btw ada lagi studio komik yang se-apel (bukan buah jeruk hehe) yaitu arccomic.commereka juga sedang mempersiapkan komik super hero Indonesia dgn karakter baru, kualitasnya jempolan juga... perlahan makin rame deh komik2x Indonesia...

      salam,
      I'm glad to hear that! Saya senang mendengarnya.

      Anyway..saya berterima kasih atas respon anda setidaknya saya jadi tahu seperti apa tanggapan orang2 di milis. Untuk selanjutnya saya akan lebih berhati-hati lagi untuk membahas komik.
      Sebenarnya saya punya beberapa tulisan yg siap untuk diposting spt Komik komersial, Apa bedanya profesi bikin komik dgn menggambar komik, Karakter komik,  Globalisasi Komik, Komik reportase, Komik2 porno Jepang. Namun mempertimbangkan tingkat sensitifitas yg sangat tinggi di milis, membuat saya memutuskan untuk memuat tulisan itu di website pribadi saya saja. Teman2 yg berminat membaca tulisan saya boleh mengakses website saya. Untuk selanjutnya saya ingin lebih berkonsentrasi memaintain website saya saja. Sudah terlalu lama website itu saya tinggalkan!

      Salam,
      Sandy.