Bls: [komik_indonesia] Re: ngomik tidak bisa makan?

  • anang_budiantoro
    Message 1 of 7 , Apr 30, 2008
      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, Johan Manandin
      <dajo_mik73@...> wrote:
      >Lek aku gak iso ngomik thok. Dek Malang, sekngertiku, orientasi
      kerja gawe komikus ga promising banget. Aku wis duwe anak n bojo, nek
      ngomik thok, wah ga' janji....
      > Apa ya bedanya profesi ngomik dg profesi menggambar komik?
      > Saya sejak akhir 2007 sengaja berhenti kerja tetap, dan benar2
      fokus ngomik untuk luar sampai sekarang. Ternyata nggak sesulit yang
      saya bayangkan sebelumnya. Di luar bertebaran proyek komik yang bisa
      kita kerjakan di rumah.
      > Apakah saya termasuk orang yang berprofesi ngomik, atw berprofesi
      menggambar komik?

      > Johan Manandin
      > www.joemand.deviantart.com
      > www.comicspace/joemand
      > www.dajomik.multiply.com

      yahoo.com/ ;_ylt=Ahu06i62sR 8HDtDypao8Wcj9tA cJ

    • desarupacomicsociety
      Message 2 of 7 , Apr 30, 2008
        Itu hampir mustahil. Karena kalo kerjaan di luar, writernya pihak
        orang asing, yang butuh tenaga banyak untuk ngerjain komiknya. Mana
        mau produk dia diklaim produk Indonesia ? Of course produk negara dia.
        Biarpun writer itu mengambil unsur2 Indonesia dalam komiknya, tapi
        secara legal, itu bukan produk lokal. ya kayak tempe kita diakui
        Malaysia saja contoh gampangnya, Ironis sich....
        Saya sendiri mencoba merintis distribusi sendiri ke luar, masih dalam
        jalur independent, belum mainstream. Saya bersyukur, di luar ada
        banyak orang Indonesia yang membantu saya. Tapi tetap mimpi saya bisa
        terlindas kapan pun, karena untuk bisnis ini sudah banyak pemain2 di
        luar, dan saya hanya pemula yang baru terjun. Dan satu kendala lagi,
        produk yang saya jual masih berbau cerita asing dan berupa manga,
        karena kebetulan pasar mayoritas yang mau menerima komik saya di luar
        memang baru hanya menerima itu. p:
        Ya tapi ini baru permulaan, mudah2an bisa meningkat lebih baik. Dan
        mudah2an bisa menjual produk yang lebih bermacam2 lagi.

        -India-

        > Pada akhirnya kalau kita mengerjakan animasi atau komik dari proyek
        > luar negeri, dan kemudian komik itu diterbitkan di luar sana, dapatkah
        > kita mengklaim sbg 'animasi' atau 'komik' kita, atau sbg komik
        > indonesia? Mungkin kalau, secara total baik cerita maupun gambar
        > komiknya adalah pekerjaan dari kita, yg kemudian diterbitkan oleh
        > penerbit luar, mungkin itu masih bisa kita klaim sbg komik kita, komik
        > indonesia. Dan itu sudah total menjadi profesi ngomik, tidak lagi
        > sekedar profesi tukang gambar komik orang. begitu, barangkalinya.

      • diar budiarto
        Message 3 of 7 , May 2, 2008
          Kl pekerjaan saya saat ini lebih berorientasi ke
          childrenbook dan komik walaupun tdk menutup
          kemungkinan mengerjakan proyek grafis yang lain,
          asalkan kita rajin bisa kok hidup dengan mengandalkan
          kemampuan menggambar, kebetulan saya sudah berkeluarga
          dan mempunyai seorang anak (masih balita)

          Regards

          Diar
          "Artha Studio Surabaya"

          --- anang_budiantoro <anang_budiantoro@...>

        • yondi yondi
          Message 4 of 7 , May 4, 2008
            Pendapat saya,  profesi ngomik, bisa "as penciler, inker and writer (Team work), tentu nama-namanya pun tertulis/tercantum dalam buku komik tersebut. Kalau nama mereka tidak dicantumkan di buku tersebut, berarti profesinya hanya tukang saja. Tetapi ini hanya pemikiran seorang awam mungkin saja tidak tepat.
            Sepertinya saya setuju apa yang dikatakan bung Karna.
            Wassalam OS

            Message 5 of 7 , May 5, 2008
              Kalo saya lebih baik saya jadi komikus indie, karena kita dapat mencantumkan nama pada komik yang telah saya buat
              selain itu kita juga mendapat hak atas karakter yang kita buat. Memang saya belum pernah melihat nama komikus
              pada komik2 yang diperuntukan pengenalan sebuah produck, tapi menurut saya itu adalah suatu resiko yang harus
              anda tanggung ketika anda terjun kedalam dunia advertaising yang lebih mengutamakan kemaun klien dan masyarakat.
              dulu ketika saya masih membuat komik n lukisan, jangankan untuk makan mandi aja malesss.....!!
              Thank's

              .