Re: [komik_indonesia] Zantoro 2, Gunturgen 3, Maret 2008

  • akhmad makhfat
    Message 1 of 6 , Feb 29, 2008
      Selamat untuk Mas Dhiar dan Jagoancomic. Saya selalu
      suka dengan action keduanya. Insaallah pasti beli.

      A. Makhfat

    • Danny Njoman
      Message 2 of 6 , Mar 5, 2008
        Mas Dhiar,

        Setelah mengikuti beberapa terbitan Jagoan Comic saya punya usulan. Menurut saya selama ini terbitan Jagoan Comic terlalu tipis sehingga cerita yang ada tidak meninggalkan kesan yang mendalam. Ditambah lagi kevakuman penerbitan untuk 1 tokoh terlalu lama. Sehingga semuanya tidak mengikat pembaca secara emosi. Lihat saja berapa lama Gunturhen dan Zantoro vakum.

        Usulan saya sebaiknya cerita dibuat bersambung. Sehingga cukup untuk melakukan pendalaman/pengembangan cerita. Disamping itu dapat juga menjadi unsur pemikat untuk membeli edisi berikutnya. Jika ceritanya bagus dan dapat melakukan pemenggalan cerita dengan baik maka pembaca akan bertanya-tanya bagaimana kelanjutannya. Disamping itu jika memang terbentur dengan dana, ada baiknya fokus kepada beberapa tokoh saja. Sehingga pengembangan tokoh2 tersebut lebih maksimal dan dapat terbit lebih sering. Saya rasa 2/3 bulan cukup ideal untuk periode penerbitan.

        Salam,

        Danny Njoman

      • tommy johan agusta
        Message 3 of 6 , Mar 5, 2008
          Salam penggemar komik se-Indonesia
          Sebetulnya kalau kemampuan memberi komentar, saya termasuk yang tidak berbakat karena tidak pernah berkecimpung di dunia pergrafisan, kesustraan, apalagi perkomikan. Mungkin bila dibandingkan dengan kawan-kawan yang sering memberikan tulisan di grup ini, seperti mas Tony, mas Andy, dan mas-mas yang lain, saya adalah yang paling cetek pengetahuannya tentang komik.
          Nah, ijinkan saya berkomentar sebagai seorang penggemar komik saja, tidak lebih.
          Keasyikan menikmati komik Indonesia bagi saya adalah sebuah keindahan yang tiada tara. Karena dalam sebuah komik yang saya baca selalu meninggalkan kesan baik itu dari sosok antagonis maupun protagonisnya. Alur cerita yang memikat. nama-nama tokoh rekaan yang indah dan membumi, tempat-tempat terjadinya peristiwa dalam komik yang indonesia banget. Paling menarik adalah kehandalan komikus yang bisa menciptakan ciri khas.
          Tapi itu adalah komik-komik Indonesia jaman dulu (jadul). Meskipun mereka juga terbawa trend. Roman, silat dan segala macamnya, bagi saya waktu itu juga nggak begitu peduli banget yang penting bisa menikmati isinya.
          Akan tetapi,
          Komik Indonesia saat ini, rasa-rasanya banyak yang kurang ya...
          Ide ceritanya yang sederhana dan tidak meninggalkan kesan apa-apa. alurnya juga datar, tidak menggugah emosi, dan tokohnya mulai aneh-aneh. Nggak berbau Indonesia ya. Komiknya juga nyarinya setengah mati. Di Gramedia (di Denpasar ada 3) tak ubek-ubek juga tidak menemukan apa-apa. Malah sempet nemu komik di toko buku Toga Mas yang campur dengan novel.
          Nah kalau saya ingin memberi saran kepada Mas-mas yang ada di Jagoan Comic. Benar juga apa kata mas Danny Njoman, bahwa komik ini terlalu tipis, dan endingnya agak dipaksakan. Kebetulan saya beli komik ini pas lagi ke Surabaya (di Tunjungan Plaza), karena tipisnya sampai repot cara nyimpannya, alias gampang ketelesut (apa to bahasa indonesianya?)
          Mbok yao gitu lho.
          Untuk penerbitan berikutnya bisa lebih tebal dengan cerita yang agak penuh konflik sehingga ceritanya memikat dan padat. Nah kalau bukunya di simpen di rak dan diberdirikan jadi kelihatan judul di samping (pas jilidannya). Sayang lo mas, gambarnya sudah luar biasa banget. indah. dan excellent. Minimal dibuat se-godam reborn gitu lho
          yang namanya komik itu dibuat tentu saja disamping untuk mengekspresikan karya pengarang, penerbit juga untuk kenikmatan pembacanya. Memang sebagai pembeli kita punya hak untuk beli atau tidak. tapi sebagai penikmat komik rasanya sayang kalau nggak punya koleksi komik itu, akan tetapi sayang pula jika setelah beli ada rasa kecewa terhadap isi dan kemasannya.
          Ok.. saya mohon maaf, jika tulisan ini kurang berkenan. namun jika kritik ini tujuanya untuk membangun dan demi kebangkitan komik indonesia kenapa kita harus tersinggung. bagi pembaca berlaku hukum ada barang ada uang. barang bagus dan harga mahal adalah resiko yang harus kami pikul, karena kepuasan jauh berada diatas harga.
          Terima kasih dan salam kebangkitan komik indonesia

          Viva
          Tommy Johan Agusta, SE
          (Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Udayana Denpasar Bali)

        • erwin arya
          Message 4 of 6 , Mar 6, 2008
            Mas Tommy, emailnya aku copas di site temenku.. kebetulan sedang membahas tema sejenis...
            mungkin bisa dihubungi tuh, kebetulan dia juga di Bali..
            silakan lihat di : http://damuhbening.multiply.com/photos/album/28/Karakter_Saga_protagonis

            visit my site :
            http://erwinprima.multiply.com

            about 3d animations, remastering old comics.... etc...etc...

[...]
            Nah, ijinkan saya berkomentar sebagai seorang penggemar komik saja, tidak lebih......Recent Activity
            13New Members
            Visit Your Group
            Only on Yahoo!
            Star Wars galaxy
            Create a profile
            and meet fans.
            Wellness Spot
            Embrace Change
            Break the Yo-Yo
            weight loss cycle.
            Find helpful tips
            for Moderators
            on the Yahoo!
            Groups team blog..

          • sandyjatmiko
            Message 5 of 6 , Mar 11, 2008
              --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, tommy johan agusta
              <tommy_hanasta@...> wrote:

> [...]
              kawan-kawan yang sering memberikan tulisan di grup ini, seperti mas
              Tony, mas Andy, dan mas-mas yang lain, saya adalah yang paling cetek

              Mas Tommy..saya senang banget kalo ada orang yg mau belajar memberi
              komentar komik Indonesia. Memang milis ini sebaiknya diisi untuk forum
              diskusi dan bukan sekedar pasang pengumuman atau jualan komik.
              Mudah2an semakin banyak orang di milis ini yg berani untuk memberi
              komentar ttg komik biar jadi diskusi yg menarik. Sering2 aja bikin
              komentar, jangan takut-takut dan ragu2.

              > Nah, ijinkan saya berkomentar sebagai seorang penggemar komik
              saja, tidak lebih.

              He,,he...saya ijinkan deh anda untuk kasih komentar(saya cuma bercanda
              koq!)

> [...]
              kesan apa-apa. alurnya juga datar, tidak menggugah emosi, dan tokohnya
              mulai aneh-aneh. Nggak berbau Indonesia ya.

              Nih masukan yg bagus buat para komikus yg lagi bikin komik! Jangan
              pake acara marah2 atau tersinggung ya di kritik kayak gini.

              Komiknya juga nyarinya setengah mati. Di Gramedia (di Denpasar ada 3)
              tak ubek-ubek juga tidak menemukan apa-apa. Malah sempet nemu komik di
              toko buku Toga Mas yang campur dengan novel.

              Komik Indonesia saat ini memang susah dicari di toko2 buku besar. Udah
              ketutup ama komik dari luar negeri. Komik2 Indonesia biasanya bisa
              ditemuin di acara pameran atau bursa komik indonesia spt acara Konde
              yl atau toko2 buku khusus spt Anjaya Books atau Vindo Comics di
              Jakarta. Kebetulan saya lagi nulis ttg distribusi komik Indonesia.
              Mudah2an dalam waktu dekat ini saya bisa posting di milis ini, asal
              nggak disensor aja oleh moderator!

> [...]
              komik ini pas lagi ke Surabaya (di Tunjungan Plaza), karena tipisnya
              sampai repot cara nyimpannya, alias gampang ketelesut (apa to bahasa

              Ketelesut itu kalo gak salah bahasa Jawa. sering juga disebut
              ketelinsut! Artinya kurang lebih "keselip gak tahu kemana" jadi susah
              dicari..he..he Buat orang yg gak ngerti bahasa Jawa bisa nambah
              perbendaharaan bahasa jawanya.

> [...]
              tidak. tapi sebagai penikmat komik rasanya sayang kalau nggak punya
              koleksi komik itu, akan tetapi sayang pula jika setelah beli ada rasa

              Masukan yg bagus nih buat Jagoan Comic. Gambar2 komik dr Jagoan Komik
              memang bagus, apalagi kalo yg gambar mas Anto, tapi memang buku itu
              tipis banget. barangkali tipisnya buku itu buat mensiasati ongkos
              produksi supaya harga jualnya tidak mahal dan bisa terjangkau oleh
              pembaca komik.

> [...]
              diatas harga.
              > Terima kasih dan salam kebangkitan komik indonesia

              Kadang2 penerbit harus menghadapi pilihan antara kepuasan pelanggan
              dengan harga jual yg murah dan mereka terpaksa harus memilih salah
              satunya. Harga mahal tapi pelanggan puas atau harga murah tapi
              pelanggan kurang terpuaskan. Kalo harganya kemahalan takut nanti
              komiknya tidak laku. Dan Jagoan Comic sudah menentukan pilihannya.
              He.he..he