9551Re: Tentang Nama Komedo!

  • oyasujiwo
    Dec 7, 2007
      Saya bantu ingatkan,
      waktu itu dari nama-nama yang dilontarkan
      salahsatu pertimbangannya bahwa
      usia mayoritas pembaca komik adalah 14-19 tahun
      dan usia rata-ratanya adalah 16.5 tahun

      nah,
      apa yang bisa mewakili usia pembaca tersebut
      di antaranya adalah
      karakteristik 'fun'/playful, dinamis,
      dan yang paling berkesan
      sekaligus berpengaruh adalah

      ...PUBER!

      kata komedo muncul di antara kata-kata lain
      seperti acne (jerawat), ceria, binar dan
      mungkin lebih dari seratus daftar nama lainnya

      setelah 3x putaran voting
      kata komedo yang terpilih
      mungkin krn kata ini
      mudah dilafalkan, bunyinya juga menyenangkan
      mudah dibayangkan (langsung keluar gambarnya di kepala)
      mudah dirasakan (ada pengalaman pribadi di sana)
      mudah diingat, bahkan susah dilupakan
      sticky & contagious

      dan
      ia sesuatu yang kecil, biasa bahkan
      sering terlupakan tapi impact-nya kuat
      dibanding banyak kata lain yg
      kesannya 'keren' tapi malah asing & berjarak
      atau malah terlalu jamak & ga ada gregetnya lagi

      mungkin ada pikiran bahwa komedo 'perlu dihilangkan'
      tapi nyatanya pengalaman punya komedo adalah salah satu
      ---pengalaman paling tak terlupakan---

      apalagi ketika ada plester menempel di hidung
      maka siapapun yg memakai itu
      akan 'outstanding'
      langsung terlihat mencuat
      di antara puluhan orang yg ada

      kalaupun jadi maskot
      gampang...cari siapapun anak sma
      kasih plester komedo di hidungnya
      dan dia bisa jadi maskot komedo
      siapapun dia...
      bisa jadi bintang 'komedo' juga

      begitulah
      oyasujiwo

      > ====
      >
      > Mas Ahmad,
      >
      > Nama itu adalah kesepakatan bersama, jadi mungkin saya nggak bisa
      > ngubah itu. Memang awalnya saya juga kurang setuju dengan nama itu,
      > tapi suara terbanyak ketika voting memenangkan nama itu. Toh, kalau
      > dipikir-pikir nggak jelek-jelek amat kok. Komedo juga adalah
      akronim
      > dari KOMIK ENDONESIA.
      >
      > Komedo yang ada di wajah memang harus dihilangkan, tapi siapa sih
      yang
      > nggak pernah punya komedo? Itu mungkin jawaban saya.

> [...]
    • Show all 11 messages in this topic