8905Re: Komik hang Tuah 1951 oleh Nasjah Djamin

  • tita 91
    Sep 1, 2007
      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "karna" <karnamustaqim@...> wrote:

      > eniwei, gue baca artikel dari peneliti budaya melayu Jan Van der
      > Putten dan Timothy Barnard (antropolog), katanya komik hang tuah
      > pertama kali diterbitkan oleh Balai Pustaka tahun 1951.
      > Ada yg punya informasi lengkapnya? terimakaseh...
      ========================

      Informasi tambahan, saya salinkan dari versi bahasa Belandanya yang
      diterbitkan th 2003:

      Digambar oleh: NASJAH
      Gambar kulit: M. ALIMAWIL
      Penerbit: BALAI PUSTAKA - DJAKARTA - 1951
      BP No. 1871

      Selebihnya, info mengenai versi terjemahan Belandanya:
      Diterjemahkan dari bahasa Indonesia oleh: FRED DIJS
      Diperbaiki oleh ibu guru: KWEE-TAN
      Dilengkapi essay oleh: RUDY KOUSBROEK
      Penerbit: BULAAQ & IN BEELD, TEKST EN UITLEG - AMSTERDAM - 2003
      ISBN: 90 5460 091 8

      Terbitan versi 2003 ini menjaga persis sampul muka (ada efek2 kertas
      menguning dan lecek sedikit - krn mungkin di-scan langsung dari buku
      th 1951 itu) dan isinya (gambar2 hitam-putih), hanya saja teksnya
      dalam bahasa Belanda. Masih disertakan juga teks keterangan penerbit,
      bahkan iklan mengenai buku2 terbitan BP lain di masa itu beserta harga
      masing2.
      Isi tambahan adalah esai mengenai Hang Tuah dari Rudy Kousbroek, dan
      pengantar dari Fred Dijs yang menjelaskan motivasinya menerjemahkan
      komik Hang Tuah ini.
      Th 2003 itu peluncuran komik Hang Tuah dilaksanakan di Tropen Museum
      Amsterdam, dilengkapi dengan pertunjukan pencak silat yg menggambarkan
      salah satu adegan dalah kisah Hang Tuah.

      Utk mengontak penerbitnya: bulaaq@...
      Website Fred Dijs: http://www.dijs.biz/
      Ada contoh2 halaman Hang Tuah dan info seputar Fred Dijs (berbahasa
      Belanda).

      Salam,

      Tita
      http://esduren.multiply.com