6459Re: Mohon bantuan: skripsi industri komik

    Jul 6, 2006
      "dhanny tantri" <dhanny.tantri@...> wrote:
      >*Apakah diantara rekan-rekanada yang
      > memiliki atau mengetahui ada literasi atau artikel (lebih baik
      lagi kalau
      > penelitian) yang menyatakan struktur pasar yang terbentuk dalam
      industri
      > komik di Indonesia?

      saya belum pernah menemukan artikel atau tulisan atau hasil
      penelitian ttg ini, terutama spesifik di industri komik nasional

      > Untuk tentukan struktur sendiri, setidaknya saya perlu tahu ada
      berapa
      > jumlah penerbit (ataupun studio komik) di Indonesia yang terbitkan
      komik
      > (baik terjemahan maupun lokal).

      Tentunya kriteria penerbit ini yg buku2nya beredar masal khan? bukan
      yg cuma terbit di kalangan terbatas? Utk ini saya sarankan ketemu
      Beng, krn dia punya banyak komik2 lokal. Dari situ, bisa dicatat
      nama2 penerbitnya. Beliau juga bisa memberi tahu apakah penerbit ini
      penerbit masal atau kalangan terbatas saja. Sebagian dari anggota
      milis juga koleksi komik lokal jaman skrg. Yg saya tahu diantaranya:
      Rieza, Syamsuddin, Iwan Gunawan, Beng, Hikmat Darmawan, Hartono,
      saya sendiri. Saran saya sebaiknya kamu kontak mereka2 itu utk
      melihat koleksi komiknya dan mencatat nama2 penerbit

      > Saya menggunakan case study dan mengambil elex media komputindo
      sebagai unit
      > analisis.

      kalo kriterianya adalah penerbit komik secara umum, mungkin elex
      adalah leading. Tapi jika spesifik komik nasional, mungkin Dar!Mizan
      atau Mizan lebih tepat. Seingat saya komik terjemahan mereka cuma
      Palestine-nya Joe Sacco.

      *Apakah sebaiknya
      > saya melakukan komparasi dengan penerbit lain,

      utk yg ini tergantung kpd objective skripsi/ disertasi tsb, serta
      apa hipotesanya.

      > Saya sangat mengharapkan rekan lain yang mengikuti perkembangan
      komik bisa
      > bantu mengarahkan skripsi saya ini. Saya sendiri punya target untuk
      > selesaikan skrip dan maju sidang September 2006 ini.

      dgn senang hati saya yakin rekan2 lain disini (terutama yg saya
      sebutkan diatas) akan bantu. Bbrp waktu lalu juga ada bbrp anggota
      yg sedang nulis skripsi dan minta bantuan data lewat milis.

      > Saya attach-kan juga outline skripsi saya

      milis ngga bisa terima attachment