6439Re: Mohon bantuan: skripsi industri komik

  • Rieza FMuliawan
    Jul 3, 2006
      saya ingin ikut mengomentari dan sekedar saran saja dari abstrak
      calon skripsi dari anda.

      pertama sekali saya doakan agar cepat selesai skripsi-nya. tema
      skripsi yang anda pilih akan memberikan sumbangan literasi pada
      pelaku bisnis komik di indonesia.

      1. deskripsikan dulu apa yang anda sebut dengan pasar mainstream? dan
      komik mainstream puls definisi anda terhadap komik indie. tidak perlu
      harus sama dengan apa yang sudah menjadi anggapan umum.saya pikir ini
      akan memudahkan anda nanti untuk memilah milah.

      2. maklum saya bukan dari jurusan ekonomi. jadi istilah ekonomi media
      adalah baru bagi saya.

      3. kalau ketertarikan terhadap komik adalah dengan asumsi bahwa
      sedikit jumlah komik yang dihasilkan oleh komikus indonesia, saya
      rasa mesti dikoreksi. periode tahun berapa s/d tahun berapa? dan
      bagaimana nanti anda akan menentukan bahwa jumlah komik indonesia
      yang dihasilkan oleh komikus indonesia (atau studio) kalah jumlah
      dengan komik terjemahan.

      karena kemudian anda harus mempunyai data : berapa banyak komik yang
      dihasilkan oleh mizan, as syaamiil, bajing loncat, alas pitu,
      kemudian komikers di semarang, dan penerbit khusus buku agama kristen
      atau budha yang (pasti) mempunyai terbitan komik religius untuk anak
      anak, serta lain lainnya versus komik terjemahan elex, mnc, indira,
      dll.

      kalau saja data tersebut bisa anda dapatkan.
      alhamdullilah, maka itu adala sumbangan besar buat perkomikan
      indonesia.

      jadi , saya meragukan kalau jumlah komik yang dibuat oleh komikus
      indonesia (studio) yang meliputi berbagai genre, jenis, dan tema
      berjumlah "sedikit".

      kecuali kalau anda akan membatasi jumlah komik indonesia (buatan
      komikus atau studio indonesia) yang dijual di gerai buku gramedia.
      maka saya setuju bawa jumlahnya (dari judul dan jilid) relatif sangat
      sedikit.

      4. untuk mengetahui gambaran berapa banyak penerbit buku yang
      memproduksi komik..., datanglah ke pameran buku ikapi di istora.
      hampir setiap stand buku mempunyai divisi atau lini penerbitan komik.
      dan dari situ bisa dilihat dan dicatat.

      lain lain belum terfikir.
      tapi kalau skripsi ini dikerjakan dna berhasil. akan menjadi
      sumbangan literasi terhadap komik indonesia.

      usul lain....
      kenapa skripsinya tidak dikhususkan terhadap komik yang diproduksi
      elex? antara komik terjemahan dan komik bikinan komikus lokal dalam
      satu penerbit.
      akan sangat menarik untuk diteliti, karena : setiap minggu saja elex
      menghabiskan biaya promosi untuk komik terjemahan terbitannya, apakah
      hal yang sama dilakukan terhadap komik lokal yang juga diterbitkan
      elex?...apa ini termasuk bahasan dalam apa yang disebut ekonomi media?

      salam and goodluck.
      oh ya anda mencari hikmat ?
      coba cari dia di toko buku mp book point jeruk purut atau lewat beng
      rahadian saja.
      atau datang pas nanti launching majalah sequen, hikmat yang jadi host-
      nya.

      salam,

      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "dhanny tantri"
      <dhanny.tantri@...> wrote:

> [...]
      begitu?

      > Kemudian saya menemukan komil-komik lokal di pasaran mainstream,
      tetapi
      > dikemas dalam format komik terjemahan. Bahkan nama komikusnya pun
      dibuat
      > kejepang-jepangan. Maka saya memilih komik sebagai tema skripsi
      saya.

      > Pendekatan yang saya gunakan adalah pendekatan Ekonomi Media. Dalam
      > pandangan ini, media dilihat sebagai sebuah entitas bisnis. Saya
      menggunakan
      > pendekatan ini untuk mencoba memetakan industri komik di Indonesia.
      Saya
      > berharap lewat pendekatan ekonomi, pertanyaan mengapa komik
      > Indonesiasekarang sulit untuk merajai pasar bisa terjawab.
      >

      > Saya berharap bisa memberikan gambaran seperti apa perkomikan di
      Indonesia.
> [...]
      >

      > Untuk tentukan struktur sendiri, setidaknya saya perlu tahu ada
      berapa
      > jumlah penerbit (ataupun studio komik) di Indonesia yang terbitkan
      komik
      > (baik terjemahan maupun lokal). Berdasarkan observasi, saya temukan
      sekian
      > penerbit. Namun data inipun masih sangat kurang karena saya tidak
      tahu data
      > penerbit dikota lain selain Jakarta. *Apakah ada rekan yang tahu
      dimana saya
      > bisa mendapatkannya, setidaknya data secara kasar?* Saya coba ke
      IKAPI dan
      > lihat data mereka tentang penerbit2 dan hasil terbitan mereka.
      Namun data