5967Re: [komik_indonesia] Koran Tempo Minggu

  • henry ismono
    May 1, 2006
      --- suryo_anglagard <surjorimba@...> wrote:

      > --- In komik_alternatif@yahoogroups.com,
      > "suryo_anglagard"
      > <surjorimba@...> wrote:
      >
      > Hari ini akhirnya nongol juga komik serial terbaru
      > di Koran Tempo
      > Minggu. Judulnya Mat Jagung (Matanya Jaksa Agung,
      > kata Beng). Cerita
      > oleh Radhar Panca Dahana (kalo ngga salah sastrawan)

      Tidak salah, Radhar Panca Dahana adalah seorang
      sastrawan, bahkan menurut saya sastrawan yang hebat.
      Dia tidak sekadar kreator tapi juga pemikir budaya
      yang ulung. Karyanya yang sudah dibukukan antara lain
      Lalu Batu (antologi puisi), Cerita Negeri Asap
      (kumpulan cerpen), salah satu cerpennya memenangi
      cerpen terbaik Kompas tahun 2004 dan menjadi judul
      buku kumpulan cerpen itu, “Sepi pun Menari di Tepi
      Hari.” Esai-esai Radhar tentang kebudayaan bertebaran
      di Majalah Tempo, Kompas, Media Indonesia.

      Dia juga pemikir dan penggiat teater. Dua bukunya
      “Homo Theatricus” dan Ideologi Politik dan Teater
      Modern Indonesia, menjadi semacam “bacaan wajib” bagi
      orang-orang yang meminati teater. Alumni jurusan
      Sosilogi UI yang melanjutkan studi di Ecole des Hautes
      Etudes en Sciences Sociales, Paris, ini juga menulis
      buku “Kebenaran dan Dusta dalam Sastra.”

      Dahsyatnya lagi, Radhar sebenarnya dalam kondisi
      sakit. Secara rutin ia harus cuci darah karena gagal
      ginjal. Namun, elan semangatnya begitu luar biasa,
      sehingga ia mampu menepis sakitnya dan tetap berkarya.
      Satu lagi aktivitasnya, pembicara berbagai seminar
      tentang kebudayaan ini, menjadi pengasuh TEROKA,
      rubrik budaya di Kompas.

      Mudah-mudahan, cerita Radhar yang diangkat menjadi
      cerita komik di Koran Tempo itu, ikut mewarnai
      perjalanan komik Indonesia. Kiranya Tuhan selalu
      memberi kesehatan kepada sahabat saya ini.

      Salam

      Henry