2909Re: [komik_indonesia] Komik Jaman Sekarang was: Komik Romance

  • Meddie Jusuf
    Sep 1, 2005
      Kalo menurut saya sih memang harus remake, recharacterize. Mau ngga mau kita harus mengakui kalo memang jaman sudah berubah. Misalnya Gundala yang sudah di-release ulang. Saya rasa penerbitan ulang dengan konten lama hanya akan berhasil menjaring pembeli kolektor atau yang nostalgia (termasuk saya). Anak2 sekarang? Saya rasa ngga akan tertarik, kuno katanya ... Ada baiknya dipikirkan untuk pada saat tertentu nanti pada saat penerbitan seri Gundala yang baru nanti, ya direkarakterisasi lagi ... tokohnya mungkin dibikin lebih funky ... kostum, penampilan, tokoh2 figurannya, art style-nya, juga termasuk setting ceritanya ... Ngga ada salahnya untuk refer ke komik2 asing, seperti manga .. or mungkin komik dari DC/marvel/dark horse. Saya melihat tokoh2 komik lama seperti Superman, Batman, Spiderman itu sampai sekarang masih survive karena penokohannya menyesuaikan jaman. Seperti misalnya Superman, yang punya beberapa varian seri seperti Smallville.

      brgds,
      meddie

      Saya join beberapa forum yang isinya anak2 muda jaman
      sekarang (below 30an) yang suka komik (forum mnc,
      kafegaul dll). Sedih juga sih mengetahui mereka gak
      tertarik sama komik2 jaman dulu yang bukan sekedar
      ceritanya bagus, tapi punya value yang sangat berharga
      (kayak Mahabharatanya RA Kosasih). Kebanyakan mereka
      gak suka sama (mungkin: style) gambarnya - bahkan
      komik Walet Merah karya Hans (yang memang tidak
      sebagus versi aslinya) juga ikut "dicela" juga.

      Sedih gue...tapi itulah faktanya. Dan yang lebih
      menyedihkan adalah kenyataan bahwa untuk membangkitkan
      komik indonesia yang salah satu caranya ada
      menerbitkan komik2 lama yang TOP,kita harus juga
      merangkul anak2 muda ini....karena kalo kita2 doang
      yang doyan bernostaligia ini yang ngembat itu komik2
      lama mungkin gak maksimal hasilnya...so...gimana
      caranya??????

      Comic book Comic book store Comic book artist Comic book cover Comic book for sale Dc comic book