14605Re: [komik_indonesia] Re: FENOMENA ONEMANGA.COM (akan jadi rubrik forum di gagak zine #3)

  • Phi Man
    Feb 28, 2010
      sedikit penjelasan mengenai onemanga.com

      onemanga.com bukan lah site resmi penerbit, bahkan scanlasi nya pun bukan hasil karya mereka sendiri, melainkan dikumpulkan dari beberapa komunitas scanlasi, seperti frankyhouse, sleepyfans, binktopia, dll

      kalau dibilang terbitan mereka lebih cepat dari pada edisi cetak nya, jawabannya benar dan salah

      benar, kalau dibanding kan dengan edisi tankebon nya (komik 1 judul berisi 10 - 15 chapter )

      salah, karena tiap chapter yang di upload sudah terbit dalam bentuk shonen, atau kompilasi manga yang terbit tiap minggu, bulan, atau per tiga bulan. dan biasanya hasil scanlasi di dapat lebih kurang 5 hari setelah terbit dalam shonen

      berarti yang membajak hasil karya mangaka adalah komunitas scanlasi, dan onemanga.com adalah tempat berkumpulnya karya2 bajakan tersebut, dan onemanga.com tidak sendirian dalam hal ini, ada banyak site2 lain yang menawarkan hal serupa, seperti mangafox, dll. tapi yang paling populer memang onemanga.com

      tapi, kalo menurut pandangan ku, orang2 yang terlibat dalam pembajakan ini, sebenarnya hanyalah orang2 penggila manga yang ingin berbagi terbitan manga terbaru secepat mungkin dan seluas mungkin ke sesama penggemar manga, dalam terjemahan yang dimengerti oleh orang2, yaitu bahasa inggris

      bukti nya :
      1. hasil scanlasi disebarluaskan secara gratis

      2. mereka selalu mengimbau, setidaknya onemanga.com, untuk selalu mendukung industri manga dengan membeli manga yang sudah terbit dalam bentuk tankebon

      memang benar, ada beberapa judul yang ditarik karena bermasalah mengenai hak cipta dengan pemilik lisensi, tapi dari 1000 judul lebih, hanya beberapa pemilik lisensi yang mempermasalahkan hal ini
      apakah ini berarti kebanyakan penerbit tidak mempermasalahkan keberadaan onemanga.com ??