Sepi

  • Cahyo Hening Harimurti
    Message 1 of 1 , Aug 17, 1999
      Hallo,
      Sepi sekali milis ini.....
      Minggu lalu saya pergi ke Solo, dan sekitar pukul 16.00 di Jl. Slamet Riyadi saya sempat lihat dari kejauhan KA Solo- Wonogiri, walaupun yang kelihatan hanya 'buntutnya', karena sudah keburu belok ke arah stasiun Purwosari, sehingga saya tidak dapat melihat dgn jelas dan juga tidak sempat untuk mengambil gambar. KA tsb terdiri dari lok D301 yang menarik satu gerbong kelas 3, dan dari puluhan kali saya pergi ke Solo sejak saya kecil, ini adalah kedua kalinya saya melihat KA tsb, yang pertama waktu saya masih SD saya sempat lihat KA tsb membawa beberapa gerbong barang / sapi, dan melihatnya juga dari kejauhan.....
      Menurut saya KA tsb sangat unik, karena rutenya yang benar2 berada di pinggir jalan raya dan di tengah kota yang ramai, dan sepertinya hal ini tidak dpt ditemui di kota2 lain di Pulau Jawa.
      Yang jadi pertanyaan, kenapa rute tsb masih dipertahankan oleh PTKA, padahal kayaknya kalau dilihat dari segi ekonomis dan keamanannya tidak layak untuk dipertahankan (Padahal rute serupa yang menghubungkan Purwosari dgn Boyolali sudah lama ditutup, bahkan 2 tahun lalu relnya sudah tertutup aspal), selain itu kondisi tracknya serta jembatan2nya (tahun lalu saya sempat ke Wonogiri, sehingga beberapa kali dapat melihat jembatannya dari kejauhan) sepertinya juga sudah parah, relnya saja masih buatan tahun 1920-an dan yang disepanjang Jl. Slamet Riyadi juga sudah melengkung2 tidak karuan.
      Selain itu juga mungkin ada rekan2 yang tahu jadwal KA tsb, sehingga kalau saya ke Solo lagi mungkin saya dapat melihatnya dengan jelas atau bahkan ikut naik, mumpung KA tsb belum dihapus........

      regards,
      Cahyo