mohon bantuan sampel tanah

  • haribiologi
    Message 1 of 8 , Apr 4 6:37 PM
      Bapak, Ibu dan rekan Yth.,
      Alhamdulillah saya, mbak Upiek (Parasitologi) dan mbak Nuning
      (Biokimia) mendapat hibah riset dasar 2007 dari KMNRT untuk
      melakukan skrining Bacillus sphaericus patogenik terhadap nyamuk
      dari seluruh wilayah Indonesia. Masalahnya, dana yang tersedia tidak
      bisa digunakan untuk perjalanan sampling ke kemana-mana.
      Oleh karena itu, melalui milis ini kami mohon bantuan Bapak, Ibu dan
      rekan semua untuk dapat mencarikan sampel tanah. Utamanya untuk
      wilayah luar Jawa atau daeerah cagar alam, taman atau pertambangan.
      Sampel cukup 1-2g tanah saja. Lebih baik kalau sampel tanah berasal
      dari endapan di pinggir sungai atau kubangan. Sebetulnya BS dapat
      kita temukan di hampir semua tanah, tapi ini hanya common sense,
      kalau dekat dengan perindukan nyamuk, mungkin probabilitas
      mendapatkan yang patogen lebih besar.
      Sampel dapat dikirimkan ke Hari Purwanto, Lab. Entomologi Fak.
      Biologi Universitas Gadjah Mada. Sekip Utara Bulaksumur Yogyakarta
      55281.
      Atas bantuan semua pihak kami menyampaikan banyak terimakasih.
      Salam,
      Hari Purwanto
    • Burhan Tjaturadi
      Message 2 of 8 , Apr 5 12:53 AM
        Mas Hari,
        Kok tidak diberitahukan prosedur pengumpulan dan pengirimannya. Mungkin harus memakai botol khusus sehingga sampel tetap dalam kondisi lembab, atau mungkin sampel harus dikeringkan... atau mungkin sampel harus diberi larutan khusus biar jamur/bakteri yang lain tidak berkembang, dll. Selain itu kapan batas akhir sampel harus tiba di lab? karena kadang saya kalau ke lapangan memakan waktu cukup lama juga. Terima kasih.

        Salam,
        Burhan

        Bored stiff? Loosen up...
        Download and play hundreds of games for free on Yahoo! Games.
      • ahmad wahyono
        Message 3 of 8 , Apr 5 3:26 AM
          Dh,

          Pak Hari dkk di Biologi UGM.

          Bulan ini (pertengahan April 2007), saya akan kirim
          tim ke kabupaten Langsa Aceh. Mereka akan ambil sampel
          untuk study amdal !

          Saya akan minta mereka ambil sampel tanah juga untuk
          anda tapi nanti saya minta informasi hasilnya boleh
          gak!

          21 april ini s.d 1 Mei saya akan ke Swiss ikut
          Simposium Environment Satellit di Montreux , tapi tim
          riset amdal saya terus jalan, salah satu yang saya
          minta bantu adalah Abdul razak dosen dari biologi UGM
          .

          Wassalam,

          M.Rudi Wahyono
          Bakorkamla RI nyambi konsultan Amdal

          --- Burhan Tjaturadi <btjaturadi@...> wrote:

> [...]
          >

          > ---------------------------------
          > Bored stiff? Loosen up...
          > Download and play hundreds of games for free on

          No need to miss a message. Get email on-the-go
          with Yahoo! Mail for Mobile. Get started.
          http://mobile.yahoo.com/mail
        • hari purwanto
          Message 4 of 8 , Apr 7 7:54 PM
            Salam hormat untuk semua khususnya Bapak Burhan Tjaturadi dan Ahmad Wahyono,
            Terimakasih atas respon bantuannya. B. sphaericus praktis ada di semua
            jenis tanah. Hanya dalam kasus kita, di tanah yang ada kemungkinan
            bersemayam almarhum nyamuk, mungkin lebih besar mendapat B.S. yang
            patogenik. Maaf datanya saya belum punya.
            Karena BS ini bakteri berspora, cara penyimpanannya tidak begitu
            kikrik/fastidious. Jadi asal dimasukkan kedalam plastik yang baru, sudah
            cukup menjamin aman dalam transportasi dan tidak terkontaminasi.
            Penelitian ini direncanakan dilakukan secara berkelanjutan, sehingga
            tidak ada kerangka waktu yang ketat. Tapi lebih cepat lebih baik. :-)
            Harapan saya baik hasil dan koleksi bakteri yang kita peroleh dapat kita
            share kepada seluruh rekan yang berminat
            Terimakasih atas bantuannya.
            Salam,
            Hari P

          • Bambang Sugiyarto
            Message 5 of 8 , Apr 8 6:41 PM
              Wah kalau daerah Bekasi gak perlu yaaa?

              Best Regards,

              Bambang Sugiyarto

              Inorganic Specialty Group
              PT. Ferro Mas Dinamika
              Bekasi - Indonesia
              Phone : +62 21 893 4751 Ext. 123
              Fax : +62 21 893 4749 / 898 30409
              Mobile : +62 811 874944
              Email : bambang.sugiyarto@...

              Visit the Ferro website at : www.ferro.com

> [...]
              Harapan saya baik hasil dan koleksi bakteri yang kita peroleh dapat kita
              share kepada seluruh rekan yang berminat

            • wily satria
              Message 6 of 8 , Apr 8 9:37 PM
                Mas Hari Ysh.

                Kalo sampel dari Jawa Timur saya akan coba bantu untuk daerah Pasuruan (jika dibutuhkan) . Saya ingin tau apakah dibutuhkan data endemik penyakit yang vektornya nyamuk? Di Pasuruan saya akan coba ambil sampel di lokasi di dekat delta kali rejoso :
                Koordinat : 7o  41'04.49" S 112o 57'40.77" E (elev. 22ft) [untuk tau daerah samplingnya bisa search di google earth]

                Kalo sampel dari daerah Pasuruan dibutuhkan Insya Allah saya ambilkan sekitar tanggal 18 April 2007.

                --Wily Satria--

[...]

                Internal Virus Database is out-of-date.
                > Checked by AVG Free Edition.

                The fish are biting.
                Get more visitors on your site using Yahoo! Search Marketing.
              • hari purwanto
                Message 7 of 8 , Apr 16 5:37 PM
                  Yth. Bapak/Ibu,
                  Terimakasih atas responnya. Sementara ini saya tidak mempertimbangkan
                  apakah tanah tersebut berasal dari daerah nyamuk atau tidak. Semua
                  donasi tanah sangat berharga.
                  Ditunggu lho paketnya.
                  Terimakasih banyak.
                  Salam,
                  Hari Purwanto
                • bowo nurcahyo
                  Message 8 of 8 , Apr 16 11:08 PM
                    wah mas hari bener2 ya......
                    tapi tak kira kalau dari semarang gak terlalu
                    dibutuhkan ya mas......
                    aku do'akan deh, semoga semuanya lancar, okey.

                    bowo nurcahyo
                    labfor POLRI semarang

                    http://mail.yahoo.com