Re: Bls: [kabiogama_pusat] kemanan email

  • retpeni@yahoo.com
    Message 1 of 10 , Aug 1, 2011
      Sebaiknya passwordnya diganti

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: suwarno hadisusanto <suwarno_hsusanto@...>
      Sender: kabiogama_pusat@yahoogroups.com
      Date: Sun, 31 Jul 2011 16:59:45 +0800 (SGT)
      To: <kabiogama_pusat@yahoogroups.com>
      ReplyTo: kabiogama_pusat@yahoogroups.com
      Subject: Bls: [kabiogama_pusat] kemanan email

      apakah satu-satunya menghindar dari pembajakan email langsung diganti? terima kasih

      Dari: arie budiyarto <arie_yk2001@...>
      Judul: [kabiogama_pusat] kemanan email
      Kepada: "kabiogama_pusat@yahoogroups.com" <kabiogama_pusat@yahoogroups.com>
      Tanggal: Sabtu, 30 Juli, 2011, 3:26 PM

       kayaknya semakin banyak email para alumni yg di bajak...ada yg punya solusi tidak untuk meningkatkan keamanan email di mailist kabiogama???

    • Henny Meka
      Message 2 of 10 , Aug 1, 2011
        Untuk membuka email n akun di jejaring sosial, seseorang memerlukan
        password, password ini harus rahasia n hny diketahui yg bersangkutan,
        tetapi apabila password seseorang diketahui oleh orang lain, pasti
        email / akun dpt dibuka oleh org lain tsb.n dpt pula dibajak; jika hal
        ini terjadi segera ganti password baru yg tdk diketahui org lain
        (rahasia), shg org lain tdk dpt lg membuka email or akun di jejaring
        sosial.
        Untuk menghindari pembajakan, biasakn selalu 'logout' dr akun kita
        bila telah selesai,

        Message 3 of 10 , Aug 1, 2011
          Krn apabila kt tdk signout/logout dr akun kt,maka apabila org lain
          meminjam komputer/notebook kt, mis.kt barusan buka Gmail kt n tdk
          signout lalu org lain mminjam notebook kt n dia jg mmbuka Gmail.nya,tp
          krn kt tdk signout,mk yg trbuka adl Gmail kt n org lain tsb.dpt bebas
          mmakai/mmbajak Gmail kt;jd trutama bila kt mmbuka akun kt dr
          Warnet,hrs slalu di signout/logout,krn mis:kt mmbuka FB diWarnet n tdk
          logout & org brikutnya jg mmbuka FB,mk yg trbuka adl akun FB kt,shg
          akun kt dgn mdh digunakn/dibajak

        • dian armanda
          Message 4 of 10 , Aug 1, 2011
            Saran Bu Henny Meka itu adalah standar yg mmg harus dilakukan. Namun sy kira hacker atau pembajak punya cara yang jauh lebih rumit (buat kita) sehingga mungkin dg cara standar tadipun tetap saja akun kita bisa dibobol. Walaupun pasword kita mungkin sudah beda2 utk akun yg berbeda, bahkan kombinasi dari huruf dan angka yang njlimet. Saya rasa kita juga harus protek dg cara tidak mudah terpesona kalau dpt email yg notabene spam. Kejahatan internet bs dr banyak sisi. Am I right Pak Hibiscus Astomo? Monggo mungkin yg lbh faham IT seperti panjenengan bs memberikan masukan utk kita semua...

            -dian armanda-

            Sent from my BlackBerry® smartphone.
            "intanshurullaha yansurkum wayutsabbit aqdaamakum"

            From: Henny Meka <henny.meka@...>
            Sender: kabiogama_pusat@yahoogroups.com
            Date: Tue, 2 Aug 2011 02:10:14 +0700
            To: <kabiogama_pusat@yahoogroups.com>
            ReplyTo: kabiogama_pusat@yahoogroups.com
            Subject: Re: [kabiogama_pusat] kemanan email

> [...]

            > sosial.
            > Untuk menghindari pembajakan, biasakn selalu 'logout' dr akun kita

          • HibiscusHT Astomo
            Message 5 of 10 , Aug 2, 2011
> [...]
              > Warnet,hrs slalu di signout/logout,krn mis:kt mmbuka FB diWarnet n tdk
              > logout & org brikutnya jg mmbuka FB,mk yg trbuka adl akun FB kt,shg

              teori tsb (hrs selalu logout) hanya berlaku untuk layanan selain
              Google, Facebook, dan Microsoft. Sebab kenyataannya, sekalipun sudah
              login bila tiba-tiba PC kita shutdown, maka mereka akan meminta kita
              login lagi. Ini masalah keamanan, jadi mereka tidak memantau cookie
              dari IP address publik (spt warnet atau hot spot). sebaliknya, bila
              kita login ke mereka pakai ponsel, maka sekalipun ponselnya dimatikan,
              maka kita tetap bisa masuk tanpa login sebab mereka memantau cookie
              dari IP address privat (y.i ponsel kita itu). kecuali jika kita
              memerintahkan ponsel menghapus cookie.

              dengan asumsi sama, kalau kita konekan PC itu dengan modem USB (entah
              GSM atau CDMA) maka IP addressnya privat dan cookienya akan dipantau.

              solusinya, jika internet memakai ponsel atau BB silakan hapus
              cookienya setelah selesai pakai Google atau Facebook

              untuk info lebih lanjut mengenai cookie silakan lihat ini [0] dan ini [1]

              [0] http://www.howstuffworks.com/cookie.htm
              [1] http://en.wikipedia.org/wiki/HTTP_cookie
            • HibiscusHT Astomo
              Message 6 of 10 , Aug 2, 2011