salam kenal.

  • Bowo Nurcahyo, S.Si
    Message 1 of 29 , Nov 28, 2005
      assalamualaikum wr. wb.

      sebelumnya saya mohon ma'af karena udah lama sekali tidak gabung ke
      gadjah mada lagi, terutama di lingkungan saya dulu, mahasiswa (sorry
      ya rur). hingga kemarin hari minggu, 27 nov 2005, di halal bi halal
      KAGAMA saya ketemu dengan mas bambang praswanto dan mengingatkan saya
      akan maillist ini, terima kasih mas.

      sebelumnya saya memperkenalkan diri, walaupun di "my profil" saya
      ada, akan lebih baik.....saya, bowo nurcahyo, S.Si, ya memang gelar
      saya S.Si karena saya lulus tahun 2001, saya angkatan (masuk) 1996,
      waktu mahasiswa saya aktif di senat mahasiswa, Kelompok Studi
      Herpetologi, Kelompok Studi Entomologi dan bahkan di SKI (Sie
      KErohanian Islam) sekarang mungkin JMMB, itu dulu kok, sekarang saya
      ada tanggungjawab baru di forensik POLRI, yah lumayan banyak sih
      KABIOGAMA di forensik, jadi saya gak jalan sendiri di sini.

      status saya telah menikah, saya menikah dengan teman satu angkatan
      saya, DIAN YURISTA DEWAYANI,S.Si. dan sekarang saya telah menetap di
      semarang.

      mas bambang, kalau bole saya usul (yah kerjaan bowo dari dulu emang
      sering usul kok, harap maklum mas), maillist ini alangkah lebih
      baiknya juga disosialisasikan ke mahasiswa (terutama tingkat akhir),
      siapa tau mereka masih bingung cari jalan ke mana setelah lulus, ato
      jangan-jangan bingung cari bahan skripsi (sapa tau senior bisa bantu
      kan). tapi jangan lupa di lini KABIOGAMA juga dioptimalkan, okey bos.

      mungkin itu, sekali lagi ma'af kalau saya "cerewet" banget, karena
      saya emang cerewet, sejak di senat (katanya anak senat emang harus
      cerewet).

      IPTU bowo nurcahyo, S.Si
    • rury eprilurahman
      Message 2 of 29 , Nov 30, 2005
        Wa'alaikumsalam
        Alhamdulillah, terima kasih mas bowo sudah menampakkan diri lagi di keluarga besar kabiogama.
        Memang ini suatu hal yang baru untuk kita bina. dari kecil kita besarkan dengan sosialisasi dan publikasi dulu. ya ga mas?
        Saya sepertinya juga perlu memperkenalkan diri juga. Nama saya Rury Eprilurahman, S.Si. Angkatan '99, Setelah lulus langsung mendaftar menjadi pns di UGM, sekarang masih CPNS karena belum prajab juga.
        Sekarang memangku sebagai sekretaris di kabiogama pusat bersama mas Dr.Budi S Daryono dan Mas Agung Budiharjo, M.Sc.
        Program aksi kita saat ini antara lain memperkenalkan kepengurusan dan program2 kabiogama kepada alumni biologi UGM yang tersebar di pelosok dunia.
        Jadi, mohon bantuan kepada seluruh Alumni Biologi UGM, dimohon meramaikan milist ini sebagai ajang komunikasi dan silaturahmi antara kita.
        Mungkin itu dulu supaya tidak berkepanjangan. Matur Nuwun.

        Di biologi sekarang sedang berlangsung Seminar Nasional dan Kongres I MTFI
        Kemungkinan pada 17 Desmber 2005 akan diadakan rakernas kabiogama, informasi menyusul.

        Wassalamu'alaikum

        "Bowo Nurcahyo, S.Si" <b2nurcahyo@...> wrote:
[...]

        Yahoo! DSL Something to write home about. Just $16.99/mo. or less

      • prabowo prabowo
        Message 3 of 29 , Dec 1, 2005
          Perkenalkan juga saya Prabowo lulusan agustus kemarin..
          sekarang sih lagi sibuk nyari kerja selain jadi manajer liverpol di Football Manager he..he..
          saran saya selain milis kabiogama juga membuat friendster atau lebih bagus lagi bisa buat web sendiri.. karena sebagai alumni kita butuh sarana komunikasi dan informasi, gitu deh. sukses buat pengurus kabiogama dan alumni biologi

          rury eprilurahman <rurybiougm@...> wrote:
[...]

          BiologyBiology bookComputer science
          Molecular biologyScience education

          Prabowo
          Kelompok Studi Kelautan
          Fakultas Biologi UGM
          Jl.Teknika Selatan Sekip Utara Yogyakarta

        • abdoerrias
          Message 4 of 29 , Dec 23, 2005
            Untuk Moderator Kabiogama dan juga para members,

            Assalamu alaykum wr. wb.

            Saya perlu mengenalkan diri dulu ya. Saya adalah temen seangkatan Bu
            Mamik, dekan Biologi sekarang, dan juga temen dekatnya DR. Sembiring.

            Saya ucapkan selamat ya buat moderator atas adanya forum ini. Semoga
            anggotanya tambah banyak dan tambah gayeng. Sebelumnya saya selalu
            in communication dengan temen-temen di jalur
            fabiogama79@yahoogroups. Lumayan lah untuk menjaga dan memelihara
            tali silaturrahim.

            Buat Mbak Rury, sudah ada progress gak dengan KABIOGAMA. Kan kata
            Mbak Rury tanggal 17 des kemarin ada musyawarah?

            demikian dulu ya.

            Wassalamu alaykum wr. wb.

            Gus Doer
          • rury eprilurahman
            Message 5 of 29 , Dec 25, 2005
              Wa'alaikumsalam wr.wb.
              Alhamdulillah, bertambah terus anggota ini. wah, ada mantan presiden bergabung dalam milist ini. terima kasih pak doer. Btw saya ini mas lho pak, bukan mbak .
              Untuk perkembangan KABIOGAMA yang terakhir sudah terlaksana MUNAS I di Yogyakarta, tetapi saya berhalangan hadir karena ada tugas ke Malaysia. Jadi, nanti saya informasikan setelah saya menerima update dari sekretaris I (mas Budi S Daryono). Maaf belum beri informasi lengkap, tapi yang jelas kemarin sudah dilaksanakan kok MUNASnya.
              Mungkin ada yang bisa memberikan informasinya ke milist ini? Pak Bambang Praswanto mungkin. Monggo, siapa saja yang menghadiri MUNAS kemarin bisa menulis untuk teman2 yang lain.
              Suwun
              Wassalamu'alaikum wr.wb

              Rury

              http://mail.yahoo.com

            • abdoerrias
              Message 6 of 29 , Dec 26, 2005
                We alahhhh jebulane aku salah Mas yo. Aku njaluk ngapurane yo, tak
                kiro njennengngan iku Mbak.
                Jadi sekarang sedang di KL kah? lagi ikutan sama presiden Susilo ya.
                Asyik dong, bisa cerita dong untuk share pengalaman anda dengan
                temen-temen dalam milist ini. Saling memperkaya gitu ...

                Wassalamu alaykum wr. wb.

                Gus Doer

                --- In kabiogama_pusat@yahoogroups.com, rury eprilurahman
                <rurybiougm@y...> wrote:

> [...]
                >
                > Wassalamu alaykum wr. wb.
                >
                > Gus Doer

                > Biology Biology book Computer science Molecular

                Service.

                > http://mail.yahoo.com

              • rury eprilurahman
                Message 7 of 29 , Dec 26, 2005
                  Wah, inggih, sami-sami nggih mas, maklum namanya memang mirip perempuan.
                  Saya sudah pulang ke tanah air kok. kemarin 2 minggu di Sabah. Training Acces Canopy kerjasama dengan Universiti MAlaysia Sabah, disponsori Darwin Initiative n Global Canopy Programme dari UK untuk mewakili Fakultas Biologi UGM.
                  Ternyata banyak yang belum terungkap tentang keanekaragaman hayati di kanopi yang tingginya mencapai 35-90 m di atas permukaan tanah. masih perlu pendekatan ilmiah supaya semua bisa diinformasikan dengan jelas.
                  Kemarin belajar akses ke pucuk2 kanopi pohon menggunakan double rope system (yang alumni matala pasti lebih tau). Setelah bisa mengakses, cara sampling n rancangan percobaan bisa dipraktekkan dan dibandingkan antara kekayaan hayati di kanopi dengan terestrial. mungkin sekilas gambarannya seperti itu.
                  Rancangan ke depan (gatau berapa tahun lagi) akan dibangun crane di hutan Sabah (di Danum VAlley Field Centre) untuk pusat pnelitian kanopi.
                  Mungkin itu dulu deh. Semoga menjadi sarana untuk menambah semangat dan mensyukuri nikmat Tuhan selalu. Amiin.

                  Wassalam

[...]

                  Yahoo! Photos
                  Ring in the New Year with Photo Calendars. Add photos, events, holidays, whatever.

                • Raden Abdoerrias
                  Message 8 of 29 , Jan 1, 2006
                    Mas Budi,

                    Saya barusan searching ke alumni Biogama dan mendapatkan alamat rekan-rekan di angkatan 96. Jadi bolehlah diundang untuk join dan mendapatkan the latest news from KABIOGAMA PUSAT.

                    Sumonggo ....

                    Gus Doer

                    Yahoo! Photos
                    Ring in the New Year with Photo Calendars. Add photos, events, holidays, whatever.
                  • Budi Daryono
                    Message 9 of 29 , Jan 3, 2006
                      Terima kasih banyak Mas atas effortnya untuk mulai membawa Kebersamaan Biologi kembali...Biologi milik kita, siapa lagi yang akan peduli selain kita sambung kembali kebersamaan kita.

                      Mohon tidak jemu-jemu mengundang rekan-rekan alumni untuk berembug-bermusyawarah-sharing informasi etc. di milist ini,

                      Matur nuwun,

                      Budi S. Daryono
                      ********************
                      Juru Nulis I Kabiogama

                      Message 10 of 29 , Jan 4, 2006
                        Dik Rury Ysh.,
                        Mohon didaftarkan ke milist kita, Mas Ari Indrianto (Dr.rer.net. Ari Indrianto) yang sekarang sedang post-doct di Viena University- Austria. Berikut alamat e-mail, beliau

                        Semoga setiap hari, akan semakin bertambah dan ramai diskusi milist kita,

                        Matur nuwun,

                        BS Daryono

                      • sigitismawanto
                        Message 11 of 29 , Jan 14, 2006
                          Assalamu'alaikum wr.wb.
                          Sesuai dengan permintaan dari Mas Budi untuk para anggota baru, maka
                          pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan diri. Nama saya Sigit
                          Ismawanto, S.Si dari angkatan 99'. Pada saat ini saya bekerja di Balai
                          Penelitian Sembawa (salah satu unit kerja dari Pusat Penelitian Karet).

                          Jika ada yang berminat mau bikin kebun karet bisa konsultasi di tempat
                          kami. Apalagi sekarang ini harga karet dunia sedang tinggi.

                          O iya, untuk wilayah P. Sumatera di mana saja yang sudah ada
                          kepengurusan cabang kabiogama?

                          Saya bahagia bisa bergabung di sini. Semoga ini bisa dijadikan sarana
                          bagi kita sesama alumni Fak. BIOGAMA untuk saling bertukar informasi.
                          Sekian dulu ya.

                          Salam kenal buat semuanya.

                          Wassalamu'alaikum wr.wb.

                          Sigit Ismawanto (HP : 081373126233)
                        • Raden Abdoerrias
                          Message 12 of 29 , Jan 15, 2006
                            Wa alaykum salam,

                            Selamat bergabung dengan milist ini. Salam kenal juga dari saya. Saya angkatan 79 (he...he.... udah tua ya).

                            Informasinya menarik juga tentang kebun karet ini. Dik Sigit punya info tentang karet ini pada umur berapa dia mulai berproduksi dan umur berapa dia sudah berkurang produksinya. Terus jenis apa yang saat ini disarankan oleh pemerintah? saya tertarik juga, dan bagaimana dibandingkan dengan kelapa sawit. Prospek kedepan untuk sawit saya lihat cukup bagus dalam arti bahwa demand akan tinggi. hal ini karena saya lihat dengan berkurangnya lahan sawit di malaysia sedangkan di Kalimantan  dan Sumatra lahan masih terbuka luas.

                            Makasih banyak ya atas informasinya.

                            Wassalamu alaykum wr. wb.

                            YAS

                            sigitismawanto <sigitismawanto@...> wrote:
[...]

                            YAHOO! GROUPS LINKS

                            Yahoo! Photos
                            Ring in the New Year with Photo Calendars. Add photos, events, holidays, whatever.

                          • Cah Mbelink
                            Message 13 of 29 , Jan 15, 2006
                              he he, lahan sawit di malay emang berkurang, tapi kalo mbukak di
                              sumatera or kaliamantan, hutan tropis kita juga berkurang. pilih mana
                              hayooo?

                              siapa mo jawab? hayoo katanya kita orang biologi, mosok ga bisa jawab.
                            • Budi Daryono
                              Message 14 of 29 , Jan 17, 2006
                                Untuk rekan-rekan kabogamawan/ti,

                                Berikut saya lampirkan hasil Rapat Kabiogama tgl 16 januari kemaren (silahkan dilihat di file attachment), semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon juga saran dan masukan serta kritik yang membangun kebersamaan kita.

                                Matur nuwun,

                                Budi Setiadi Daryono
                                ************************
                                Sekretaris I Kabiogama

                                Yahoo! Photos
                                Got holiday prints? See all the ways to get quality prints in your hands ASAP.
                              • Namastra Probosunu
                                Message 15 of 29 , Jan 17, 2006
                                  Ysh. Pak Budi Daryono

                                  Senyampang belum meluas, menurut hemat saya, bagaimana
                                  jika para "saudara seperguruan" yang akan
                                  menggunakan/menulis/menanggapi mailist kita ini
                                  dihimbau untuk menggunakan nama atau identitas asli
                                  pada alamat e-mailnya (misalnya: probosunu@...)
                                  bukan nama samaran (misalnya: cah-kudus@..., cah
                                  mbeling, dll.), walaupun dalam isinya boleh saja
                                  menulis nama-nama panggilan akrab teman-temannya dulu
                                  ketikakuliah (misalnya: singo, simbah, dll.).

                                  Hal ini penting, mengingat bahwa kita ini sangat
                                  beragam angkatan kuliahnya di biologi ugm dan sekarang
                                  juga dengan berbagai profesi dan domisili yang
                                  tersebar di seluruh penjuru bumi ...
                                  Dengan demikian, dapat tercipta suatu suasana yang
                                  penuh kekeluargaan dan persaudaraan, santai tetapi
                                  dapat membawa manfaat.

                                  Ini sekedar pemikiran saya; jika dipandang baik, dapat
                                  diteruskan kepada para anggota atau calon anggota yang
                                  mendaftar.

                                  Nuwun,

                                  Namastra Probosunu
                                  probosunu@...

                                  http://mail.yahoo.com
                                • Cah Mbelink
                                  Message 16 of 29 , Jan 17, 2006
                                    waduh, saya kena nih.
                                    maaf mas, sebenarnya saya setuju usulan ini, cuma dah trade mark je.
                                    kalo saya boleh usul, sila beri nama dan angkatan sahaja di akhir pesan.
                                    nuwun

                                    arif "joe" harsoyo
                                    cah '98
                                  • Bambang Sugiyarto
                                    Message 17 of 29 , Jan 17, 2006
                                      Dear Colleagues,

                                      Saya sangat setuju dengan saran mas Probosunu.

                                      Atau lebih komunikatif dengan melampirkan signature yang lengkap
                                      seperti contoh
                                      dibawah ini, kan lebih helpfull gitu lho!

                                      Terima kasih,

                                      Best Regards,

                                      Bambang Sugiyarto

                                      bambang.sugiyarto@...
                                      http://www.ferro.com/

                                      Tile Coating Systems
                                      PT. Ferro Mas Dinamika
                                      Bekasi - Indonesia
                                      Phone : +62 21 893 4751 Ext. 123
                                      Fax : +62 21 893 4749 / 898 30409
                                      Mobile : +62 811 874944

                                      >>> probosunu@... 01/18/06 9:12 AM >>>

                                    • Namastra Probosunu
                                      Message 18 of 29 , Jan 18, 2006
                                        Maksud saya begini: yang harus menggunakan nama asli
                                        itu di alamat e-mailnya, bukan di dalam isi tulisannya
                                        karena nama-nama beken atau "trade mark" itu yang tahu
                                        dan kenal kan hanya teman-teman seangkatan atau 1-2
                                        tahun di atas/di bawahnya; padahal jika berkembang,
                                        mailist ini anggotanya dapat sangat beragam mulai dari
                                        angkatan 1955 hingga 200... yang jelas-jelas tidak
                                        kenal dengan "trade mark" tersebut. Jika hanya
                                        mengganti alamat e-mail, itu soal mudah, kan ?
                                        Gitu loh, maksud saya ...., sedangkan untuk menjaga
                                        keakraban antar "gang" dapat terus menggunakan
                                        panggilan-panggilan "nama beken" tetapi hanya di dalam
                                        isi e-mailnya ....

                                        Semoga anda sekarang tidak mbelink dan mblis lagi ...

                                        Salam Kabiogama,

                                        Namastra Probosunu

                                        http://mail.yahoo.com
                                      • Budi Daryono
                                        Message 19 of 29 , Jan 19, 2006
                                          Saya setuju dengan usulan Mas Probosunu, setidaknya (kalau terlanjur membuat nama samaran/panggilan) di e-mailnya, member kabiogama menyertakan nama/identitas aslinya, syukur-syukur ditambahkan affiliasi/institusi tempat mencari sesuap nasinya.....smile....ini bukan untuk apa-apa, tapi untuk keakraban dan kekeluargaan.keluarga besar kabiogama yang membernya lintas angkatan (55-2000).................biar komunikasi kita lebih terbuka.

                                          Sayangnya pak Admin (dik Rury) sekarang sedang mengikuti Prajab UGM selama 2 minggu....sekembalinya dari prajab akansaya diskusikan....

                                          selamat bersapa ria and enjoy with Kabiogama Family,

                                          Matur nuwun,

                                          Budi S. Daryono/89
                                          Lab. Genetika FBI-UGM

                                          http://docs.yahoo.com/info/terms/

                                          Message 20 of 29 , Jan 19, 2006
                                            Kabiogamamawan/ti,

                                            Berikut ada info dari milist tetangga.

                                            Semoga bermanfaat

                                            Budi S. daryono/89
                                            Lab. Genetika-FBI UGM

                                            ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                                            10 PhD fellowship available at Univ of Cologne, Germany

                                            3 years PhD programme starting September 2006 in Genetics and Functional
                                            Genomics at International Graduate School, University of Cologne, Germany.
                                            The language of the Graduate School is English

                                            The Graduate School offers research opportunities in cellular, molecular,
                                            developmental, physiological, neuro- and evolutionary genetics and genomics
                                            in plant, animal and microbial systems.
                                            After a six-month period of lab rotations and methods courses, students
                                            carry out a PhD research project in one of the participating groups.
                                            The tax-free fellowships (1000 EUR per month) are initially granted for the
                                            rotation period. On satisfactory performance, they are extended to a total
                                            of three years and raised to EUR 1300 per month.Additional funds are
                                            available for attendance at scientific meeting and training course and for
                                            invitation of speakers at an international level to Cologne.

                                            Information and application form available at:
                                            www.uni-koeln.de/bio-graduateschool.

                                            Application for fall 2006 are accepted between Dec 5, 2005 and March 5,
                                            2006.

                                            Yahoo! Photos – Showcase holiday pictures in hardcover
                                            Photo Books. You design it and we’ll bind it!
                                          • Raden Abdoerrias
                                            Message 21 of 29 , Jan 19, 2006
                                              Poro Kadang,

                                              akur .... pokoknya Cah Beling ora usah susah ati ganti alamate email. Lha wong wis kebanjur dadi trade mark-nya je.  Ya teruskan saja, lan solusine Mas Budi yo uapik. Sing paling puenak yo .... pake signature nang ngisor lah.  Tak kasih contoh dibawah ini, kalau setuju dipake, kalau tidak yo sumonggo sa kersanipun sapeyan sami lah. Pokoke sing guyub, gayeng, kalo perlu NASGITEL  ... lak mekaten mawon toh.

                                              Mas Sunu, isih kelingan karo aku toh? jennenge sampeyan iku gumantel nang nitroku lho. Lha piye kabare sampeyan sakeluargo. Sami sae-sae ke mawon toh. Alkamdulillah!

                                              Mas Budi, dengan adanya masalah ini, saran Mas Sunu ini bisa dipertimbangkan bahwa bagi anggota baru atau yang pertama kali masuk dalam milist ini diminta untuk mengenalkan diri dulu, biar tambah akrab gitu. Selain itu untuk security juga lah. Gak usah panjang, karena yang paling ingin diketahui adalah: nama, tahun angkatan, nyambut gawe ingkang pundi, (optional) alamat atau nomor telepon.

                                              segitu dulu ya ....

                                              regards,

                                              Abdoerrias (Yas; 1979)
                                              Senior Petroleum Geologist
                                              DPG Dept, Petronas Carigali Sdn. Bhd.
                                              17th Floor, Tower-2, Petronas Twin Towers
                                              Kuala Lumpur, Malaysia

                                              Message 22 of 29 , Jan 21, 2006
                                                nuwun masukannya, kalo ganti alamat email, nanti dulu lah, biar tak pake signature saja, soale banyak pertimbangannya.

                                                Arif Harsoyo (Joe '98)

                                                Siswazah Fakulti Pengajian Alam Sekitar
                                                Universiti Putra Malaysia
                                                Serdang, Selangor Darul Ehsan
                                                +60163565145
                                              • Sigit Ismawanto
                                                Message 23 of 29 , Jan 22, 2006
                                                  Terima kasih Mas Yas.

                                                  Tanaman karet sudah mulai berproduksi (bisa di sadap) pada umur 4 sd 5 tahun (tergantung bahan tanam yang di gunakan dan perawatan kebunnya). Jika penyadapan dilakukan sesuai dengan rekomendasi (dari Puslit Karet) maka tanaman bisa disadap sampai dengan umur 25 sd 30 tahun ( + 20 sd 25 tahun sadap). Pola produksi tanaman karet untuk tiap klon berbeda. Ada yang produksinya tinggi sejak tahun pertama penyadapan (qiuck starter). Ada juga  klon yang pada lima tahun pertama penyadapan hasilnya sedang kemudian meningkat tajam pada tahun-tahun berikutnya (slow starter).
                                                  Puslit Karet mengadakan kegiatan Loka Karya Nasional Pemuliaan Karet setiap 3 sd 4 tahun sekali untuk menentukan klon karet yang di rekomendasikan. Pada Lokakarya pada bulan November 2005  telah dikeluarkan rekomendasi tanaman karet untuk periode tahun 2006 sd 2008 yang dibagi dalam 3 kategori yaitu :
                                                  -   Klon penghasil lateks,  dengan ciri rata-rata produksi awal tinggi (>1500 kg karet kering/ha/th) kemudian meningkat secara perlahan pada tahun berikutnya dan memiliki pertumbuhan batang yang kurang jagur (pertambahan lilit batang pada masa TBM (tanaman belum menghasilkan)  <11 cm dan pada masa TM (tanaman menghasilkan) <4 cm). Klon penghasil lateks antara lain : BPM 24, BPM 107, BPM 109, IRR 104, PB 217, PB 260, PR 25 dan PR 261.
                                                  -       Klon penghasil lateks-kayu, dengan ciri rata-rata produksi awal sedang (1000 – 1500 kg karet kering/ha/th) kemudian meningkat secara cepat pada tahun berikutnya dan memiliki pertumbuhan batang yang sedang (pertambahan lilit batang pada masa TBM  11 sd. 13 cm dan pada masa TM 4 sd. 5 cm). Klon penghasil lateks-kayu antara lain : AVROS 2037, BPM 1, IRR 5, IRR 21, IRR 32, IRR 39, 1RR 42, IRR 118, PB 330 dan RRIC 100.
                                                  -   Klon penghasil kayu,  dengan ciri rata-rata produksi awal rendah (>1000 kg karet kering/ha/th) produksi lanjutan meningkat secara perlahan atau mendatar tetapi memiliki pertumbuhan batang yang sangat jagur (pertambahan lilit batang pada masa TBM  > 3 cm dan pada masa TM > 5 cm). Klon penghasil kayu antara lain : IRR 70, IRR 71, IRR 72 dan IRR 78.
                                                  Un  Untuk saat ini dengan harga karet dunia US$ 1.70 per kg karet kering, karet lebih menguntungkan. Kemungkinan 10 tahun kedepan harga karet masih cukup tinggi mengingat pertumbuhan ekonomi yang pesat di Cina sehingga permintaan karet alam dunia meningkat sedangkan jumlah pasokan karet alam dari negara-negara produsen pada saat ini masih terbatas.
                                                  Selain diambil lateksnya, kayu karet juga bisa bimanfaatkan untuk bahan baku mebel dan produk furniture lainya sehingga bisa menggantikan penggunaan kayu alam (ramin, tembesu, medang dll) yang  diambil dari hutan.
                                                  Peluang kelapa sawit ke depan juga bagus. Apalagi jika penggunaan Biodiesel dari CPO sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan telah meluas.

[...]

                                                  What are the most popular cars? Find out at Yahoo! Autos
                                                • Budi Daryono
                                                  Message 24 of 29 , Jan 23, 2006
                                                    Dik Sigit dan rekan-rekan kabiogama Ysh.,

                                                    Terima kasih atas informasi dan penjelasan klon-klon karetnya, saya benar-benar dapat ilmu/info baru ttg perkaretan....Trims juga untuk perkenalan sebelumnys.

                                                    Untuk ketiga Klon karet tsb. apakah selama ini ada kendala Penyakit/Hama di lapangan....maksud saya selain prioritas untuk produksi latek, apakah klon-klon tersebut sudah teruji handal terhadap hama/penyakit...jenis penyakit apa saja yg cukup dominan/menjadi kendala bagi produksi karet.

                                                    Karena ngak tahu saya juga ingin tanya, apakah proses pemuliaan Klon-2. tsb. melalui konvensional breeding dilanjutkan tissue culture atau sdh menggunakan rekayasa geneti....cukup sekian dulu pertanyaan saya dan kalau ada waktu, tolong saya dikasih info-nya,

                                                    Salam hangat,

                                                    Budi S. Daryono/89
                                                    Lab. Genetika FBI _UGM

[...]

                                                    <!--[if !supportLists]-->-   <!--[endif]-->Klon penghasil lateks,  dengan ciri rata-rata produksi awal tinggi (>1500 kg karet kering/ha/th) kemudian meningkat secara perlahan pada tahun berikutnya dan memiliki pertumbuhan batang yang kurang jagur (pertambahan lilit batang pada masa TBM (tanaman belum menghasilkan)  <11 cm dan pada masa TM (tanaman menghasilkan) <4 cm). Klon penghasil lateks antara lain : BPM 24, BPM 107, BPM 109, IRR 104, PB 217, PB 260, PR 25 dan PR 261.
                                                    <!--[if !supportLists]-->-       <!--[endif]-->Klon penghasil lateks-kayu, dengan ciri rata-rata produksi awal sedang (1000 – 1500 kg karet kering/ha/th) kemudian meningkat secara cepat pada tahun berikutnya dan memiliki pertumbuhan batang yang sedang (pertambahan lilit batang pada masa TBM  11 sd. 13 cm dan pada masa TM 4 sd. 5 cm). Klon penghasil lateks-kayu antara lain : AVROS 2037, BPM 1, IRR 5, IRR 21, IRR 32, IRR 39, 1RR 42, IRR 118, PB 330 dan RRIC 100.
                                                    <!--[if !supportLists]-->-   <!--[endif]-->Klon penghasil kayu,  dengan ciri rata-rata produksi awal rendah (>1000 kg karet kering/ha/th) produksi lanjutan meningkat secara perlahan atau mendatar tetapi memiliki pertumbuhan batang yang sangat jagur (pertambahan lilit batang pada masa TBM  > 3 cm dan pada masa TM > 5 cm). Klon penghasil kayu antara lain : IRR 70, IRR 71, IRR 72 dan IRR 78.

                                                  • bowo nurcahyo
                                                    Message 25 of 29 , Jan 24, 2006
                                                      wah kamu beruntung ya....................dihitung2
                                                      baru aja lulus udah jadi juragan karet, he3x......tapi
                                                      aku (terus terang) lupa banget ama kamu, emang bener
                                                      angkatan 99, tapi apa aku yang apatis ya...
                                                      namaku bowo nurcahyo, angkatan 96.
                                                      tapi gak papa kok, yang penting info aja dari sana,
                                                      soalnya aku juga baru "ngerjain" PTPN untuk karet,
                                                      mohon infonya kalo ada tentang pelanggaran hukumnya,
                                                      okey bos.

                                                      bowo nurcahyo

                                                      http://mail.yahoo.com
                                                    • Raden Abdoerrias
                                                      Message 26 of 29 , Jan 24, 2006
                                                        Wah tambah rame nih.
                                                        Salam kenal juga buat Willy, Cah Mbeling (ini artinya apa ya, bocah soko mbeling ato opo yo), mas Bowo yang saat ini jadi perwira polisi di semarang sing kaline banjir (jare Mbak Waldjinah lho yo).

                                                        Cah beling rupanya jiran saya di KL ya, yang kalo naek bis turun nang bunderan, terus naek rapid KL mlaku 30 km .....
                                                        Cah Mbeling iki pancene Mbeling yo, adoh-adoh  soko Yogyo ngaji nang UPM, jare Mas Bowo ngaji nang masjid Mardiyah Sardjito lak luwih kepenak ta' iyo? eh ora ding ... yo . Sajane UPM iki biyen podo karo IPB-ne Indonesia, ning saiki wis obah, dadi univ sing ono fakultas teknik penerbangan. Wah uakeh insinyur didikane Pak Habibie podo lungo nang malaysia. Wis .... wis .... jan, saiki nang Indonesia memang sedang terjadi brain drain (yo termasuk aku iki ...he...he...)

                                                        cah Mbeling, koncoku sing saiki nang ITS (Mbak EZ) berminat ngaji S3 nang UPM, cobo dikandani yo.

                                                        Wis, semono dhisik ... sesuk disambung maneh. Aku isih pertanyaan karo Pak Carik KABIOGAMA, tapi sesuk wae.

                                                        Wassalam

                                                        YAS

                                                        http://mail.yahoo.com

                                                        Message 27 of 29 , Jan 25, 2006
                                                          matur nuwun pak yas, kalo dari serdang senang ja, boleh naik ktm lalu
                                                          monorail, atau bas 17 sambung kotaraya kalo nak ke klcc.
                                                          mengenai upm, memang betul kalo sini ini ipbnya malaysia, bahkan kalo
                                                          di runut sejarahnya, dahulu yang membatu pengembangannya pun para
                                                          sesepuh ipb. kalo soal sejarah mungkin pak slamet di lab PH lebih
                                                          paham sebab beliau lebih dahulu belajar di sini (salam dari bu yayuk
                                                          kehutanan sama pak tata hukum pak).
                                                          sejak dahulu juga banyak dosen dari ipb yang diperbantukan di sini,
                                                          saat ini ada 4, cuma yang 3 dah mo habis kontraknya. hmm, apa ada
                                                          dosen ugm yang berminat ngajar di sini? banyak peluang lo, dan yang
                                                          paling menggiurkan itu gajinya, he he he.
                                                          jurusan aeronautika (kalo gak salah) sekarang sudah tutup di upm, pak
                                                          yas, jurusan ini di pindahkan ke UKM, desas-desusnya karena
                                                          pertentangan pimpinan upm dengan kementrian pengajian tinggi. ada
                                                          seorang mantan staff iptn yang mengajar di sini, juga ada yang
                                                          belajar. namun paling banyak ada di malaka yaitu di perusahaan kapal
                                                          terbang milik malaysia. kebanyakan memang kader-kader habibie jebolan
                                                          iptn, terutama saat kisruh iptn kemarin. sayang memang pemerintah
                                                          tidak menghargai "aset" terpenting bangsa ini, yaitu pengetahuan dan
                                                          kemampuan manusianya.
                                                          mengenai info tentang upm buat ibu ez, silahkan menghubungi saya,
                                                          dengan senang hati akan saya carikan info, kalo saya tidak tahu biar
                                                          saya tanya kawan2 dari ppi upm, maklum pak, baru 1 sem di sini.

                                                          sekian saja.

                                                          btw, bowo kayanya ga pernah ngaji di mardiyah, beliau kalo ngaji di
                                                          belakang masjid selatan perempatan jokteng wetan itu kayanya.
                                                        • Sigit Ismawanto
                                                          Message 28 of 29 , Jan 28, 2006
                                                            Dalam melakukan seleksi tanaman karet ada banyak parameter yang diamati, salah satunya adalah faktor ketahanan/resistensi tanaman terhadap penyakit. Jadi meskipun hasil lateksnya banyak tapi kalo peka terhadap penyakit maka tidak akan direkomendasikan. Atau direkomendasikan hanya pada wilayah-wilayah tertentu yang memiliki tingkat intensitas serangan yang rendah.
                                                            Mengenai hama pada tanaman karet, sampai saat ini  belum ada yang sampai  menimbulkan kerugian yang berarti. Jadi untuk penelitian bidang proteksi tanaman lebih dititikberatkan pada pengendalian penyakit dan gulma.
                                                            Ada beberapa penyakit penting pada tanaman karet antara lain penyakit jamur akar putih (Rigidoporus lignosus), penyakit gugur daun Corynespora (Corynespora casiicola), penyakit gugur daun Colletotrichum, penyakit gugur daun Oidium, Jamur upas (Corticium sp), penyakit lapuk batang dan cabang Fusarium ,  dll.
                                                            Untuk penyakit gugur daun, pola serangannya dipengaruhi oleh kondisi iklim/cuaca. Jadi dalam memilih klon yang akan ditanam, selain mempertimbangkan produksi (lateks dan kayu) juga harus mempertimbangkan kondisi iklim wilayah tersebut kaitannya dengan  kemungkinan  adanya serangan penyakit. Misalnya untuk daerah  Kalimantan Barat  yang memiliki curah hujan tinggi sebaiknya tidak ditanam klon-klon yang rentan terhadap serangan penyakit gugur daun Colletotrichum.

                                                            Untuk proses seleksinya, sampai saat ini masih menggunakan metode konvensional mulai dari persilangan buatan dilanjutkan dengan pengujian seedling (F1), pengujian skala kecil, pengujian skala besar, hingga uji adaptasi pada beberapa macam agriklimat (uji multi-habitat). Jadi untuk mendapatkan klon unggul baru perlu waktu +  25 sd 30 tahun (dari persilangan sampai rekomendasi).

                                                            Saat ini tanaman karet masih  diperbanyak  melalui teknik okulasi.
                                                            Perbanyakan dengan teknik kultur jaringan di Indonesia  saat ini masih pada skala lab.
                                                            Di luar negeri (Prancis), teknik kutur jaringan pada karet sudah  berhasil  dilakukan. Bahkan sudah ada tanaman karet transgenik yang membawa gen HSM (Human Serum Albumin) meskipun masih pada skala percobaan.
                                                            Salah satu alasan mereka menggunakan tanaman karet adalah karena mereka bisa mengisolasi produk dari gen yang disisipkan tersebut pada lateks.

                                                            Untuk memperpendek masa seleksi, sudah mulai dilakukan penelitian yang mengarah pada seleksi pada tingkat molekuler. Sehingga diharapkan nantinya kita bisa mengetahui  potensi produksi lateks/kayu tanpa harus menunggu tanaman disadap.

                                                            O iya, pada kesempatan ini saya juga ingin bertanya pada Mas Budi atau siapa saja yang bisa membantu. Tahun ini Insya Alloh kami akan melakukan karakterisasi klon-klon karet dengan menggunakan teknik RAPD tapi saya belum pernah melakukannya.  Kalo untuk melakukan RAPD,  minimal jumlah  primer yang digunakan berapa? Selain dengan teknik RAPD, teknik apa saja  yang  bisa digunakan?

                                                            Terimakasih

                                                            Sigit Ismawanto ('99)
                                                            Balai Penelitian Sembawa
                                                            Jl Palembang - Jambi Km 29
                                                            PO BOX 1127 Palembang 30001
                                                            HP : 081373126233

[...]

                                                            Bring words and photos together (easily) with
                                                            PhotoMail - it's free and works with Yahoo! Mail.
                                                          • Sigit Ismawanto
                                                            Message 29 of 29 , Jan 28, 2006
                                                              Amin. Alhamdulillah.

                                                              wajar saja kalo mas bowo lupa.
                                                              aku dulu kan jarang ke KSH. aku lebih sering di Al Hayat.

                                                              mas bowo masih ingat waktu jadi PPD di OK angkatan 99.
                                                              aku sempat kena jebakan yang sengaja dibuat oleh PPD.
                                                              waktu itu kami dapat tugas berkenalan dan minta tanda tangan karyawan di fak. biologi.
                                                              saat aku minta tanda tangan pada petugas parkir ternyata yang ada di tempat parkir adalah teman mas bowo (angk 96. aku sudah lupa namanya) yang pura-pura jadi petugas parkir. buku laporanku tidak boleh aku minta sehingga aku kena hukuman.

                                                              waktu kuliah aku satu kos dengan mas wardoyo.

                                                              Sigit Ismawanto ('99)
                                                              Balai Penelitian Sembawa
                                                              Jl Raya Palembang -  Jambi Km. 29
                                                              PO BOX 1127 Palembang 30001
                                                              HP : 081373126233 / 08175484879

> [...]

                                                              >     Your use of Yahoo! Groups is subject to the
                                                              > Yahoo! Terms of Service.

                                                              >     Your use of Yahoo! Groups is subject to the

                                                              With a free 1 GB, there's more in store with Yahoo! Mail.