Undangan Untuk bergabung ke KABIOGAMA Pusat

  • Raden Abdoerrias
    Message 1 of 29 , Jan 1, 2006
      Mas Budi,

      Saya barusan searching ke alumni Biogama dan mendapatkan alamat rekan-rekan di angkatan 96. Jadi bolehlah diundang untuk join dan mendapatkan the latest news from KABIOGAMA PUSAT.

      Sumonggo ....

      Gus Doer

      Yahoo! Photos
      Ring in the New Year with Photo Calendars. Add photos, events, holidays, whatever.
    • Budi Daryono
      Message 2 of 29 , Jan 3, 2006
        Terima kasih banyak Mas atas effortnya untuk mulai membawa Kebersamaan Biologi kembali...Biologi milik kita, siapa lagi yang akan peduli selain kita sambung kembali kebersamaan kita.

        Mohon tidak jemu-jemu mengundang rekan-rekan alumni untuk berembug-bermusyawarah-sharing informasi etc. di milist ini,

        Matur nuwun,

        Budi S. Daryono
        ********************
        Juru Nulis I Kabiogama

        Raden Abdoerrias <abdoerrias@...> wrote:
[...]

        Yahoo! DSL Something to write home about. Just $16.99/mo. or less

      • Budi Daryono
        Message 3 of 29 , Jan 4, 2006
          Dik Rury Ysh.,
          Mohon didaftarkan ke milist kita, Mas Ari Indrianto (Dr.rer.net. Ari Indrianto) yang sekarang sedang post-doct di Viena University- Austria. Berikut alamat e-mail, beliau

          Semoga setiap hari, akan semakin bertambah dan ramai diskusi milist kita,

          Matur nuwun,

          BS Daryono

        • sigitismawanto
          Message 4 of 29 , Jan 14, 2006
            Assalamu'alaikum wr.wb.
            Sesuai dengan permintaan dari Mas Budi untuk para anggota baru, maka
            pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan diri. Nama saya Sigit
            Ismawanto, S.Si dari angkatan 99'. Pada saat ini saya bekerja di Balai
            Penelitian Sembawa (salah satu unit kerja dari Pusat Penelitian Karet).

            Jika ada yang berminat mau bikin kebun karet bisa konsultasi di tempat
            kami. Apalagi sekarang ini harga karet dunia sedang tinggi.

            O iya, untuk wilayah P. Sumatera di mana saja yang sudah ada
            kepengurusan cabang kabiogama?

            Saya bahagia bisa bergabung di sini. Semoga ini bisa dijadikan sarana
            bagi kita sesama alumni Fak. BIOGAMA untuk saling bertukar informasi.
            Sekian dulu ya.

            Salam kenal buat semuanya.

            Wassalamu'alaikum wr.wb.

            Sigit Ismawanto (HP : 081373126233)
          • Raden Abdoerrias
            Message 5 of 29 , Jan 15, 2006
              Wa alaykum salam,

              Selamat bergabung dengan milist ini. Salam kenal juga dari saya. Saya angkatan 79 (he...he.... udah tua ya).

              Informasinya menarik juga tentang kebun karet ini. Dik Sigit punya info tentang karet ini pada umur berapa dia mulai berproduksi dan umur berapa dia sudah berkurang produksinya. Terus jenis apa yang saat ini disarankan oleh pemerintah? saya tertarik juga, dan bagaimana dibandingkan dengan kelapa sawit. Prospek kedepan untuk sawit saya lihat cukup bagus dalam arti bahwa demand akan tinggi. hal ini karena saya lihat dengan berkurangnya lahan sawit di malaysia sedangkan di Kalimantan  dan Sumatra lahan masih terbuka luas.

              Makasih banyak ya atas informasinya.

              Wassalamu alaykum wr. wb.

              YAS

              sigitismawanto <sigitismawanto@...> wrote:
[...]

              YAHOO! GROUPS LINKS

              Yahoo! Photos
              Ring in the New Year with Photo Calendars. Add photos, events, holidays, whatever.

            • Cah Mbelink
              Message 6 of 29 , Jan 15, 2006
                he he, lahan sawit di malay emang berkurang, tapi kalo mbukak di
                sumatera or kaliamantan, hutan tropis kita juga berkurang. pilih mana
                hayooo?

                siapa mo jawab? hayoo katanya kita orang biologi, mosok ga bisa jawab.
              • Budi Daryono
                Message 7 of 29 , Jan 17, 2006
                  Untuk rekan-rekan kabogamawan/ti,

                  Berikut saya lampirkan hasil Rapat Kabiogama tgl 16 januari kemaren (silahkan dilihat di file attachment), semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon juga saran dan masukan serta kritik yang membangun kebersamaan kita.

                  Matur nuwun,

                  Budi Setiadi Daryono
                  ************************
                  Sekretaris I Kabiogama

                  Yahoo! Photos
                  Got holiday prints? See all the ways to get quality prints in your hands ASAP.
                • Namastra Probosunu
                  Message 8 of 29 , Jan 17, 2006
                    Ysh. Pak Budi Daryono

                    Senyampang belum meluas, menurut hemat saya, bagaimana
                    jika para "saudara seperguruan" yang akan
                    menggunakan/menulis/menanggapi mailist kita ini
                    dihimbau untuk menggunakan nama atau identitas asli
                    pada alamat e-mailnya (misalnya: probosunu@...)
                    bukan nama samaran (misalnya: cah-kudus@..., cah
                    mbeling, dll.), walaupun dalam isinya boleh saja
                    menulis nama-nama panggilan akrab teman-temannya dulu
                    ketikakuliah (misalnya: singo, simbah, dll.).

                    Hal ini penting, mengingat bahwa kita ini sangat
                    beragam angkatan kuliahnya di biologi ugm dan sekarang
                    juga dengan berbagai profesi dan domisili yang
                    tersebar di seluruh penjuru bumi ...
                    Dengan demikian, dapat tercipta suatu suasana yang
                    penuh kekeluargaan dan persaudaraan, santai tetapi
                    dapat membawa manfaat.

                    Ini sekedar pemikiran saya; jika dipandang baik, dapat
                    diteruskan kepada para anggota atau calon anggota yang
                    mendaftar.

                    Nuwun,

                    Namastra Probosunu
                    probosunu@...

                    http://mail.yahoo.com
                  • Cah Mbelink
                    Message 9 of 29 , Jan 17, 2006
                      waduh, saya kena nih.
                      maaf mas, sebenarnya saya setuju usulan ini, cuma dah trade mark je.
                      kalo saya boleh usul, sila beri nama dan angkatan sahaja di akhir pesan.
                      nuwun

                      arif "joe" harsoyo
                      cah '98
                    • Bambang Sugiyarto
                      Message 10 of 29 , Jan 17, 2006
                        Dear Colleagues,

                        Saya sangat setuju dengan saran mas Probosunu.

                        Atau lebih komunikatif dengan melampirkan signature yang lengkap
                        seperti contoh
                        dibawah ini, kan lebih helpfull gitu lho!

                        Terima kasih,

                        Best Regards,

                        Bambang Sugiyarto

                        bambang.sugiyarto@...
                        http://www.ferro.com/

                        Tile Coating Systems
                        PT. Ferro Mas Dinamika
                        Bekasi - Indonesia
                        Phone : +62 21 893 4751 Ext. 123
                        Fax : +62 21 893 4749 / 898 30409
                        Mobile : +62 811 874944

                        >>> probosunu@... 01/18/06 9:12 AM >>>

                      • Namastra Probosunu
                        Message 11 of 29 , Jan 18, 2006
                          Maksud saya begini: yang harus menggunakan nama asli
                          itu di alamat e-mailnya, bukan di dalam isi tulisannya
                          karena nama-nama beken atau "trade mark" itu yang tahu
                          dan kenal kan hanya teman-teman seangkatan atau 1-2
                          tahun di atas/di bawahnya; padahal jika berkembang,
                          mailist ini anggotanya dapat sangat beragam mulai dari
                          angkatan 1955 hingga 200... yang jelas-jelas tidak
                          kenal dengan "trade mark" tersebut. Jika hanya
                          mengganti alamat e-mail, itu soal mudah, kan ?
                          Gitu loh, maksud saya ...., sedangkan untuk menjaga
                          keakraban antar "gang" dapat terus menggunakan
                          panggilan-panggilan "nama beken" tetapi hanya di dalam
                          isi e-mailnya ....

                          Semoga anda sekarang tidak mbelink dan mblis lagi ...

                          Salam Kabiogama,

                          Namastra Probosunu

                          http://mail.yahoo.com
                        • Budi Daryono
                          Message 12 of 29 , Jan 19, 2006
                            Saya setuju dengan usulan Mas Probosunu, setidaknya (kalau terlanjur membuat nama samaran/panggilan) di e-mailnya, member kabiogama menyertakan nama/identitas aslinya, syukur-syukur ditambahkan affiliasi/institusi tempat mencari sesuap nasinya.....smile....ini bukan untuk apa-apa, tapi untuk keakraban dan kekeluargaan.keluarga besar kabiogama yang membernya lintas angkatan (55-2000).................biar komunikasi kita lebih terbuka.

                            Sayangnya pak Admin (dik Rury) sekarang sedang mengikuti Prajab UGM selama 2 minggu....sekembalinya dari prajab akansaya diskusikan....

                            selamat bersapa ria and enjoy with Kabiogama Family,

                            Matur nuwun,

                            Budi S. Daryono/89
                            Lab. Genetika FBI-UGM

                            http://docs.yahoo.com/info/terms/

                            Message 13 of 29 , Jan 19, 2006
                              Kabiogamamawan/ti,

                              Berikut ada info dari milist tetangga.

                              Semoga bermanfaat

                              Budi S. daryono/89
                              Lab. Genetika-FBI UGM

                              ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                              10 PhD fellowship available at Univ of Cologne, Germany

                              3 years PhD programme starting September 2006 in Genetics and Functional
                              Genomics at International Graduate School, University of Cologne, Germany.
                              The language of the Graduate School is English

                              The Graduate School offers research opportunities in cellular, molecular,
                              developmental, physiological, neuro- and evolutionary genetics and genomics
                              in plant, animal and microbial systems.
                              After a six-month period of lab rotations and methods courses, students
                              carry out a PhD research project in one of the participating groups.
                              The tax-free fellowships (1000 EUR per month) are initially granted for the
                              rotation period. On satisfactory performance, they are extended to a total
                              of three years and raised to EUR 1300 per month.Additional funds are
                              available for attendance at scientific meeting and training course and for
                              invitation of speakers at an international level to Cologne.

                              Information and application form available at:
                              www.uni-koeln.de/bio-graduateschool.

                              Application for fall 2006 are accepted between Dec 5, 2005 and March 5,
                              2006.

                              Yahoo! Photos – Showcase holiday pictures in hardcover
                              Photo Books. You design it and we’ll bind it!
                            • Raden Abdoerrias
                              Message 14 of 29 , Jan 19, 2006
                                Poro Kadang,

                                akur .... pokoknya Cah Beling ora usah susah ati ganti alamate email. Lha wong wis kebanjur dadi trade mark-nya je.  Ya teruskan saja, lan solusine Mas Budi yo uapik. Sing paling puenak yo .... pake signature nang ngisor lah.  Tak kasih contoh dibawah ini, kalau setuju dipake, kalau tidak yo sumonggo sa kersanipun sapeyan sami lah. Pokoke sing guyub, gayeng, kalo perlu NASGITEL  ... lak mekaten mawon toh.

                                Mas Sunu, isih kelingan karo aku toh? jennenge sampeyan iku gumantel nang nitroku lho. Lha piye kabare sampeyan sakeluargo. Sami sae-sae ke mawon toh. Alkamdulillah!

                                Mas Budi, dengan adanya masalah ini, saran Mas Sunu ini bisa dipertimbangkan bahwa bagi anggota baru atau yang pertama kali masuk dalam milist ini diminta untuk mengenalkan diri dulu, biar tambah akrab gitu. Selain itu untuk security juga lah. Gak usah panjang, karena yang paling ingin diketahui adalah: nama, tahun angkatan, nyambut gawe ingkang pundi, (optional) alamat atau nomor telepon.

                                segitu dulu ya ....

                                regards,

                                Abdoerrias (Yas; 1979)
                                Senior Petroleum Geologist
                                DPG Dept, Petronas Carigali Sdn. Bhd.
                                17th Floor, Tower-2, Petronas Twin Towers
                                Kuala Lumpur, Malaysia

                                Message 15 of 29 , Jan 21, 2006
                                  nuwun masukannya, kalo ganti alamat email, nanti dulu lah, biar tak pake signature saja, soale banyak pertimbangannya.

                                  Arif Harsoyo (Joe '98)

                                  Siswazah Fakulti Pengajian Alam Sekitar
                                  Universiti Putra Malaysia
                                  Serdang, Selangor Darul Ehsan
                                  +60163565145
                                • Sigit Ismawanto
                                  Message 16 of 29 , Jan 22, 2006
                                    Terima kasih Mas Yas.

                                    Tanaman karet sudah mulai berproduksi (bisa di sadap) pada umur 4 sd 5 tahun (tergantung bahan tanam yang di gunakan dan perawatan kebunnya). Jika penyadapan dilakukan sesuai dengan rekomendasi (dari Puslit Karet) maka tanaman bisa disadap sampai dengan umur 25 sd 30 tahun ( + 20 sd 25 tahun sadap). Pola produksi tanaman karet untuk tiap klon berbeda. Ada yang produksinya tinggi sejak tahun pertama penyadapan (qiuck starter). Ada juga  klon yang pada lima tahun pertama penyadapan hasilnya sedang kemudian meningkat tajam pada tahun-tahun berikutnya (slow starter).
                                    Puslit Karet mengadakan kegiatan Loka Karya Nasional Pemuliaan Karet setiap 3 sd 4 tahun sekali untuk menentukan klon karet yang di rekomendasikan. Pada Lokakarya pada bulan November 2005  telah dikeluarkan rekomendasi tanaman karet untuk periode tahun 2006 sd 2008 yang dibagi dalam 3 kategori yaitu :
                                    -   Klon penghasil lateks,  dengan ciri rata-rata produksi awal tinggi (>1500 kg karet kering/ha/th) kemudian meningkat secara perlahan pada tahun berikutnya dan memiliki pertumbuhan batang yang kurang jagur (pertambahan lilit batang pada masa TBM (tanaman belum menghasilkan)  <11 cm dan pada masa TM (tanaman menghasilkan) <4 cm). Klon penghasil lateks antara lain : BPM 24, BPM 107, BPM 109, IRR 104, PB 217, PB 260, PR 25 dan PR 261.
                                    -       Klon penghasil lateks-kayu, dengan ciri rata-rata produksi awal sedang (1000 – 1500 kg karet kering/ha/th) kemudian meningkat secara cepat pada tahun berikutnya dan memiliki pertumbuhan batang yang sedang (pertambahan lilit batang pada masa TBM  11 sd. 13 cm dan pada masa TM 4 sd. 5 cm). Klon penghasil lateks-kayu antara lain : AVROS 2037, BPM 1, IRR 5, IRR 21, IRR 32, IRR 39, 1RR 42, IRR 118, PB 330 dan RRIC 100.
                                    -   Klon penghasil kayu,  dengan ciri rata-rata produksi awal rendah (>1000 kg karet kering/ha/th) produksi lanjutan meningkat secara perlahan atau mendatar tetapi memiliki pertumbuhan batang yang sangat jagur (pertambahan lilit batang pada masa TBM  > 3 cm dan pada masa TM > 5 cm). Klon penghasil kayu antara lain : IRR 70, IRR 71, IRR 72 dan IRR 78.
                                    Un  Untuk saat ini dengan harga karet dunia US$ 1.70 per kg karet kering, karet lebih menguntungkan. Kemungkinan 10 tahun kedepan harga karet masih cukup tinggi mengingat pertumbuhan ekonomi yang pesat di Cina sehingga permintaan karet alam dunia meningkat sedangkan jumlah pasokan karet alam dari negara-negara produsen pada saat ini masih terbatas.
                                    Selain diambil lateksnya, kayu karet juga bisa bimanfaatkan untuk bahan baku mebel dan produk furniture lainya sehingga bisa menggantikan penggunaan kayu alam (ramin, tembesu, medang dll) yang  diambil dari hutan.
                                    Peluang kelapa sawit ke depan juga bagus. Apalagi jika penggunaan Biodiesel dari CPO sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan telah meluas.

[...]

                                    What are the most popular cars? Find out at Yahoo! Autos
                                  • Budi Daryono
                                    Message 17 of 29 , Jan 23, 2006
                                      Dik Sigit dan rekan-rekan kabiogama Ysh.,

                                      Terima kasih atas informasi dan penjelasan klon-klon karetnya, saya benar-benar dapat ilmu/info baru ttg perkaretan....Trims juga untuk perkenalan sebelumnys.

                                      Untuk ketiga Klon karet tsb. apakah selama ini ada kendala Penyakit/Hama di lapangan....maksud saya selain prioritas untuk produksi latek, apakah klon-klon tersebut sudah teruji handal terhadap hama/penyakit...jenis penyakit apa saja yg cukup dominan/menjadi kendala bagi produksi karet.

                                      Karena ngak tahu saya juga ingin tanya, apakah proses pemuliaan Klon-2. tsb. melalui konvensional breeding dilanjutkan tissue culture atau sdh menggunakan rekayasa geneti....cukup sekian dulu pertanyaan saya dan kalau ada waktu, tolong saya dikasih info-nya,

                                      Salam hangat,

                                      Budi S. Daryono/89
                                      Lab. Genetika FBI _UGM

[...]

                                      <!--[if !supportLists]-->-   <!--[endif]-->Klon penghasil lateks,  dengan ciri rata-rata produksi awal tinggi (>1500 kg karet kering/ha/th) kemudian meningkat secara perlahan pada tahun berikutnya dan memiliki pertumbuhan batang yang kurang jagur (pertambahan lilit batang pada masa TBM (tanaman belum menghasilkan)  <11 cm dan pada masa TM (tanaman menghasilkan) <4 cm). Klon penghasil lateks antara lain : BPM 24, BPM 107, BPM 109, IRR 104, PB 217, PB 260, PR 25 dan PR 261.
                                      <!--[if !supportLists]-->-       <!--[endif]-->Klon penghasil lateks-kayu, dengan ciri rata-rata produksi awal sedang (1000 – 1500 kg karet kering/ha/th) kemudian meningkat secara cepat pada tahun berikutnya dan memiliki pertumbuhan batang yang sedang (pertambahan lilit batang pada masa TBM  11 sd. 13 cm dan pada masa TM 4 sd. 5 cm). Klon penghasil lateks-kayu antara lain : AVROS 2037, BPM 1, IRR 5, IRR 21, IRR 32, IRR 39, 1RR 42, IRR 118, PB 330 dan RRIC 100.
                                      <!--[if !supportLists]-->-   <!--[endif]-->Klon penghasil kayu,  dengan ciri rata-rata produksi awal rendah (>1000 kg karet kering/ha/th) produksi lanjutan meningkat secara perlahan atau mendatar tetapi memiliki pertumbuhan batang yang sangat jagur (pertambahan lilit batang pada masa TBM  > 3 cm dan pada masa TM > 5 cm). Klon penghasil kayu antara lain : IRR 70, IRR 71, IRR 72 dan IRR 78.

                                    • bowo nurcahyo
                                      Message 18 of 29 , Jan 24, 2006
                                        wah kamu beruntung ya....................dihitung2
                                        baru aja lulus udah jadi juragan karet, he3x......tapi
                                        aku (terus terang) lupa banget ama kamu, emang bener
                                        angkatan 99, tapi apa aku yang apatis ya...
                                        namaku bowo nurcahyo, angkatan 96.
                                        tapi gak papa kok, yang penting info aja dari sana,
                                        soalnya aku juga baru "ngerjain" PTPN untuk karet,
                                        mohon infonya kalo ada tentang pelanggaran hukumnya,
                                        okey bos.

                                        bowo nurcahyo

                                        http://mail.yahoo.com
                                      • Raden Abdoerrias
                                        Message 19 of 29 , Jan 24, 2006
                                          Wah tambah rame nih.
                                          Salam kenal juga buat Willy, Cah Mbeling (ini artinya apa ya, bocah soko mbeling ato opo yo), mas Bowo yang saat ini jadi perwira polisi di semarang sing kaline banjir (jare Mbak Waldjinah lho yo).

                                          Cah beling rupanya jiran saya di KL ya, yang kalo naek bis turun nang bunderan, terus naek rapid KL mlaku 30 km .....
                                          Cah Mbeling iki pancene Mbeling yo, adoh-adoh  soko Yogyo ngaji nang UPM, jare Mas Bowo ngaji nang masjid Mardiyah Sardjito lak luwih kepenak ta' iyo? eh ora ding ... yo . Sajane UPM iki biyen podo karo IPB-ne Indonesia, ning saiki wis obah, dadi univ sing ono fakultas teknik penerbangan. Wah uakeh insinyur didikane Pak Habibie podo lungo nang malaysia. Wis .... wis .... jan, saiki nang Indonesia memang sedang terjadi brain drain (yo termasuk aku iki ...he...he...)

                                          cah Mbeling, koncoku sing saiki nang ITS (Mbak EZ) berminat ngaji S3 nang UPM, cobo dikandani yo.

                                          Wis, semono dhisik ... sesuk disambung maneh. Aku isih pertanyaan karo Pak Carik KABIOGAMA, tapi sesuk wae.

                                          Wassalam

                                          YAS

                                          http://mail.yahoo.com

                                          Message 20 of 29 , Jan 25, 2006
                                            matur nuwun pak yas, kalo dari serdang senang ja, boleh naik ktm lalu
                                            monorail, atau bas 17 sambung kotaraya kalo nak ke klcc.
                                            mengenai upm, memang betul kalo sini ini ipbnya malaysia, bahkan kalo
                                            di runut sejarahnya, dahulu yang membatu pengembangannya pun para
                                            sesepuh ipb. kalo soal sejarah mungkin pak slamet di lab PH lebih
                                            paham sebab beliau lebih dahulu belajar di sini (salam dari bu yayuk
                                            kehutanan sama pak tata hukum pak).
                                            sejak dahulu juga banyak dosen dari ipb yang diperbantukan di sini,
                                            saat ini ada 4, cuma yang 3 dah mo habis kontraknya. hmm, apa ada
                                            dosen ugm yang berminat ngajar di sini? banyak peluang lo, dan yang
                                            paling menggiurkan itu gajinya, he he he.
                                            jurusan aeronautika (kalo gak salah) sekarang sudah tutup di upm, pak
                                            yas, jurusan ini di pindahkan ke UKM, desas-desusnya karena
                                            pertentangan pimpinan upm dengan kementrian pengajian tinggi. ada
                                            seorang mantan staff iptn yang mengajar di sini, juga ada yang
                                            belajar. namun paling banyak ada di malaka yaitu di perusahaan kapal
                                            terbang milik malaysia. kebanyakan memang kader-kader habibie jebolan
                                            iptn, terutama saat kisruh iptn kemarin. sayang memang pemerintah
                                            tidak menghargai "aset" terpenting bangsa ini, yaitu pengetahuan dan
                                            kemampuan manusianya.
                                            mengenai info tentang upm buat ibu ez, silahkan menghubungi saya,
                                            dengan senang hati akan saya carikan info, kalo saya tidak tahu biar
                                            saya tanya kawan2 dari ppi upm, maklum pak, baru 1 sem di sini.

                                            sekian saja.

                                            btw, bowo kayanya ga pernah ngaji di mardiyah, beliau kalo ngaji di
                                            belakang masjid selatan perempatan jokteng wetan itu kayanya.
                                          • Sigit Ismawanto
                                            Message 21 of 29 , Jan 28, 2006
                                              Dalam melakukan seleksi tanaman karet ada banyak parameter yang diamati, salah satunya adalah faktor ketahanan/resistensi tanaman terhadap penyakit. Jadi meskipun hasil lateksnya banyak tapi kalo peka terhadap penyakit maka tidak akan direkomendasikan. Atau direkomendasikan hanya pada wilayah-wilayah tertentu yang memiliki tingkat intensitas serangan yang rendah.
                                              Mengenai hama pada tanaman karet, sampai saat ini  belum ada yang sampai  menimbulkan kerugian yang berarti. Jadi untuk penelitian bidang proteksi tanaman lebih dititikberatkan pada pengendalian penyakit dan gulma.
                                              Ada beberapa penyakit penting pada tanaman karet antara lain penyakit jamur akar putih (Rigidoporus lignosus), penyakit gugur daun Corynespora (Corynespora casiicola), penyakit gugur daun Colletotrichum, penyakit gugur daun Oidium, Jamur upas (Corticium sp), penyakit lapuk batang dan cabang Fusarium ,  dll.
                                              Untuk penyakit gugur daun, pola serangannya dipengaruhi oleh kondisi iklim/cuaca. Jadi dalam memilih klon yang akan ditanam, selain mempertimbangkan produksi (lateks dan kayu) juga harus mempertimbangkan kondisi iklim wilayah tersebut kaitannya dengan  kemungkinan  adanya serangan penyakit. Misalnya untuk daerah  Kalimantan Barat  yang memiliki curah hujan tinggi sebaiknya tidak ditanam klon-klon yang rentan terhadap serangan penyakit gugur daun Colletotrichum.

                                              Untuk proses seleksinya, sampai saat ini masih menggunakan metode konvensional mulai dari persilangan buatan dilanjutkan dengan pengujian seedling (F1), pengujian skala kecil, pengujian skala besar, hingga uji adaptasi pada beberapa macam agriklimat (uji multi-habitat). Jadi untuk mendapatkan klon unggul baru perlu waktu +  25 sd 30 tahun (dari persilangan sampai rekomendasi).

                                              Saat ini tanaman karet masih  diperbanyak  melalui teknik okulasi.
                                              Perbanyakan dengan teknik kultur jaringan di Indonesia  saat ini masih pada skala lab.
                                              Di luar negeri (Prancis), teknik kutur jaringan pada karet sudah  berhasil  dilakukan. Bahkan sudah ada tanaman karet transgenik yang membawa gen HSM (Human Serum Albumin) meskipun masih pada skala percobaan.
                                              Salah satu alasan mereka menggunakan tanaman karet adalah karena mereka bisa mengisolasi produk dari gen yang disisipkan tersebut pada lateks.

                                              Untuk memperpendek masa seleksi, sudah mulai dilakukan penelitian yang mengarah pada seleksi pada tingkat molekuler. Sehingga diharapkan nantinya kita bisa mengetahui  potensi produksi lateks/kayu tanpa harus menunggu tanaman disadap.

                                              O iya, pada kesempatan ini saya juga ingin bertanya pada Mas Budi atau siapa saja yang bisa membantu. Tahun ini Insya Alloh kami akan melakukan karakterisasi klon-klon karet dengan menggunakan teknik RAPD tapi saya belum pernah melakukannya.  Kalo untuk melakukan RAPD,  minimal jumlah  primer yang digunakan berapa? Selain dengan teknik RAPD, teknik apa saja  yang  bisa digunakan?

                                              Terimakasih

                                              Sigit Ismawanto ('99)
                                              Balai Penelitian Sembawa
                                              Jl Palembang - Jambi Km 29
                                              PO BOX 1127 Palembang 30001
                                              HP : 081373126233

[...]

                                              Bring words and photos together (easily) with
                                              PhotoMail - it's free and works with Yahoo! Mail.
                                            • Sigit Ismawanto
                                              Message 22 of 29 , Jan 28, 2006
                                                Amin. Alhamdulillah.

                                                wajar saja kalo mas bowo lupa.
                                                aku dulu kan jarang ke KSH. aku lebih sering di Al Hayat.

                                                mas bowo masih ingat waktu jadi PPD di OK angkatan 99.
                                                aku sempat kena jebakan yang sengaja dibuat oleh PPD.
                                                waktu itu kami dapat tugas berkenalan dan minta tanda tangan karyawan di fak. biologi.
                                                saat aku minta tanda tangan pada petugas parkir ternyata yang ada di tempat parkir adalah teman mas bowo (angk 96. aku sudah lupa namanya) yang pura-pura jadi petugas parkir. buku laporanku tidak boleh aku minta sehingga aku kena hukuman.

                                                waktu kuliah aku satu kos dengan mas wardoyo.

                                                Sigit Ismawanto ('99)
                                                Balai Penelitian Sembawa
                                                Jl Raya Palembang -  Jambi Km. 29
                                                PO BOX 1127 Palembang 30001
                                                HP : 081373126233 / 08175484879

> [...]

                                                >     Your use of Yahoo! Groups is subject to the
                                                > Yahoo! Terms of Service.

                                                >     Your use of Yahoo! Groups is subject to the

                                                With a free 1 GB, there's more in store with Yahoo! Mail.