Hilaal Tua Rabiul Awwal dan Hilaal Rabiuts Tsani 1430 H

  • Ma'rufin Sudibyo
    Message 1 of 3 , Mar 24, 2009
      Assalamu'alaikum..

      Sekedar mengingatkan, konjungsi akan terjadi pada Kamis malam 26 Maret mendatang jam 23:06 WIB. So pada saat Shubuh 26 Maret dan 25 Maret, kita berkesempatan menyaksikan hilaal tua lunasi Rabiul Awwal 1430 H di langit timur menjelang Matahari terbit. Dan pada saat Maghrib 27 dan 28 Maret 2009, pasca Matahari terbenam, kita juga berkesempatan untuk menyaksikn hilaal lunasi Rabiuts Tsani 1430 H di langit barat. Tentu saja bila langit memungkinkan.

      Berikut ada simulasi posisi dan bentuknya, baik untuk hilaal maupun hilaal tua. Ya ini diperoleh dengan spreadsheet Hilaal 1.1, bagian dari update Hilaal 1.0 yang pernah saya paparkan sebelumnya, dengan melakukan perbaikan pada algoritma yang digunakan (diubah dari algoritma Qureshi ke Jean Meeus), penambahan delta T, penambahan faktor kerendahan ufuk dan macem2 lainnya. Namun karena masih ada sedikit problem pada spreadsheet ini, maka mohon maaf bentuk utuhnya belum bisa saya tampilkan. Hanya bisa bentuk outputnya saja, yang protected with password.

      Sebagai patokan dalam spreadsheet ini, digunakan koordinat pusat kota Yogyakarta. Namun pada dasarnya jika diterapkan di kota2 lainnya di Indonesia, hasilnya tidak akan berbeda jauh (khususnya untuk kawasan zona waktu WIB dan WITA).

      Dan mohon fokus untuk senja 28 Maret (untuk hilaal) dan fajar 26 Maret (untuk hilaal tua), mengingat pada saat itu elemen Bulan dan Matahari memiliki posisi yang kritis menurut kriteria RHI. Jika pada kesempatan itu baik hilaal maupun hilaal tua bisa dilihat, maka kita bisa (kembali) mengupgrade kriteria RHI ini.

      Akhir kata, selamat mengamati, dan mohon jika berhasil mengobservasi (alias ada laporan visibilitas positif), harap disharing di milis ini, atau hubungi saya di 0817-727-823

      Wassalamu'alaikum...

      Ma'rufin

    • farouq ageng
      Message 2 of 3 , Mar 24, 2009

        waalaikumsalam...
        maaf pak kenapa yach,saya sulit memahami email yang bpk berikan.
        karena saya orang yang sangat awam sekali mengenai hal ini. bisa dijelaskan dengan lebih mudah difahami dan adakah manfaat yang dapat kita ambil dari melihat hilal itu pak?

      • ar sugeng riyadi
        Message 3 of 3 , Mar 25, 2009
          salam,

          Terima kasih Pak Ma'rufin, karya yang luar biasa....

          Btw, Laporan Rukyah dapat juga disampaikan ke Blog RHI dengan alamat:

          http://rukyatulhilal.wordpress.com/laporan/

          Jazakallah...

          Wassalaam,
          Pak AR di Solo