Cahaya Misterius September

  • Ma'rufin Sudibyo
    Message 1 of 1 , Dec 16, 2008
      Maaf kalo saya forward juga ke beberapa pihak dan beberapa milis, sebab ini menarik dan mungkin ada yang bisa memberikan informasi dan interpretasi tambahan.

      Sejauh ini saya pribadi belum menerima informasi tentang adanya kilatan cahaya yang muncul di sekitar stasiun TV Indosiar pada pertengahan September 2008 lalu itu dari sumber-sumber lain, kecuali dari anda. Apalagi sampai menimbulkan gangguan listrik. Secara teoritis gangguan listrik akibat aksi energi di atmosfer bisa disebabkan oleh munculnya electromagnetic pulse (EMP), yang menimbulkan arus pengganggu nan besar pada jaringan listrik.

      Nah, EMP ini bisa disebabkan oleh badai Matahari, ledakan nuklir atmosferik atau ekstra atmosferik (kasus eksperimen Argus), ledakan bom EMP (yang memang sudah ada dan operasional sejak 2003), maupun ledakan bolide di langit (seperti dalam peristiwa Tunguska 1908). Bolide ini meteor besar (fireball) yang kecemerlangannya melebihi magnitude visual -8.

      Kilatan cahaya itu sekilas memang mirip dengan ciri-ciri meteor. Namun kalopun itu meteor, maka energinya terlalu kecil untuk membangkitkan EMP. Sebagai gambaran, dalam peristiwa Tunguska, EMP yang terekam di magnetogram stasiun Irkutsk (Russia), yang berjarak episentral 900 km dari lokasi ledakan, diproduksi oleh ledakan berkekuatan 20 - 40 megaton TNT, alias 1.000 - 2.000 kali lipat lebih dahsyat ketimbang bom Hiroshima dengan kilatan cahaya yang melebihi terangnya Matahari.

      Saya kira, andaikata kilatan cahaya itu memang fireball (lebih khusus lagi, fireball berkecepatan rendah yang berasal dari pecahan asteroid),  dengan redupnya cahaya yang dipancarkannya,maka energi yang dilepaskannya dalam fase terminalnya cukup rendah. Sehingga gangguan listrik tersebut menjadi peristiwa yang terpisah terhadap munculnya kilatan cahaya tersebut.

      Salam,

      Ma'rufin