Spreadsheet Jadwal Shalat Hijriyyah 1.1 --> Re: [ RHI ] Re: Mohon Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1429 H

  • Ma'rufin Sudibyo
    Message 1 of 1 , Aug 15, 2008
      Assalamu'alaikum wr wb...

      Beberapa waktu ini pas ada waktu luang, saya mencoba menyusun jadwal shalat, arah kiblat dan awal lunasi (baca : bulan Hijriyyah) dalam spreadsheet Excell dalam sistem kalender Hijriyyah. Tentu saja secara sederhana dan hanya bisa digunakan pasca 1411 H. Masih jauh dari, katakanlah, yang dibuat para pakar kalender seperti spreadsheet-nya pak Fikrizuhara Muzakkin, spreadsheet pak Ibnu Zahid ataupun softwarenya pak Aminudin K, dan juga masih banyak kelemahan. Untuk itu silahkan dicoba dan mohon masukannya, jika ada output yang dirasa bertentangan.

      Spreadsheet ini mengambil contoh Jakarta, namun sebenarnya juga bisa diubah-ubah asal ada data koordinat (lintang dan bujur), zona waktu. Tersedia input untuk tahun Hijriyyah dan lunasi-nya yang dikehendaki, serta pilihan kriteria untuk menentukan awal lunasi. Karena keterbatasan saya, pilihan kriteria hanya saya batasi menjadi lima : wujudul hilaal (yang dipake Muhammadiyah), imkanur rukyat (yang dirujuk Depag RI), LAPAN (revisi imkanur rukyat berdasar analisis Dr. Thomas Djamaluddin), RHI (kriteria berdasarkan hasil pengamatan RHI tahun 2007 - 2008 CE) dan Odeh Indonesia (kriteria visibilitas Odeh yang telah disesuaikan dengan kondisi Indonesia). Juga tersedia sudut Matahari untuk waktu Shalat, nilai defaultnya adalah yang digunakan di Indonesia (sebutlah dari Sa'aduddin Djambek dan dipake Depag RI), namun tetap bisa dirubah-rubah asal masih dalam rentang nilai yang diperkenankan.

      Untuk tempat lain, silahkan masukkan data koordinatnya. Untuk daftar tempat, karena spreadsheet ini gak pake macro, maaf jika kepaksa manual.

      Salam,

      Ma'rufin