Re: [[ JAC ]] astrobleme

  • datyo praboto
    Message 1 of 4 , Mar 28, 2008
      TErima kasih, kalau menurut mas Mutoha itu kira kira kawah meteor ato bukan ya, kalo yang di probolinggo masih bisa disurvey tapi kalo yang jauh rasanya nggak deh. Saya paling penasaran dengan yang di Bandung, kalau melihat lingkarannya mirip sekali dengan kawah. Bagaimana membedakan kawah meteor dan vulkanik ?

      salam
      Datyo

      Mutoha <jogja_astroclub@...> wrote:
      Salam kenal juga,
      Wah bakal nyaingi Arthur Hickman kayaknya.
      Saluut ada yg masih sempat rajin "metani" bumi Indonesia. Moga2 deh dapet kawah meteor beneran. Jangan lupa boleh kok dikasih nama sendiri. Atau putranya itu lho. Ada baiknya juga survey lsg ke lokasi memastikan. Apakah itu kawah meteor atau kawah vulkanik. Btw, kalo emang kawah meteor.
      Blognya juga keren mas.

      Conten berikut juga bagus buat para meteor crater hunter  donlot disini
      Ohya, sebelum temuan bapak diklaim org lain. Ada baiknya dipublish via kmz atau kml file dan kirim ke GoogleEarth community.

      Salam,
      Mutoha

      datyo praboto <datyopraboto@ yahoo.com> wrote:
      Salam kenal, saya Datyo dari Malang. Dari kecil saya sudah terkagum kagum dengan astronomi. Tetapi baru tahun 2001 saya bisa beli teleskop kecil dan rajin melihat permukaan bulan.
      Sudah beberapa hari ini saya dan anak saya yang nomer 2 sering surfing di google earth khusus untuk mencari astrobleme. Penasaran apa memang di indonesia tidak ada kawah meteor ya...
      Kebetulan kami menemukan beberapa yang kami curigai sebagai astrobleme. Saya berharap rekan rekan bisa memberi masukan, apakah itu benar kawah meteor atau bukan. Adapun kawah kawah tersebut ada di selatan probolinggo, selatan garut, pulau ende, dekat gunung tambora, lereng gunung muria, pulau bangka belitung. karena gambarnya cukup banyak kalau rekan rekan tidak keberatan bisa melihat di blog saya di praboto.wordpress. com.  Terima kasih

      Wassalam
      Datyo Praboto

      OMG, Sweet deal for Yahoo! users/friends: Get A Month of Blockbuster Total Access, No Cost. W00t

    • Ma'rufin Sudibyo
      Message 2 of 4 , Apr 5 5:57 AM
        Salam kenal pak Praboto,

        Kesahihan suatu depresi (cekungan) di permukaan Bumi
        sebagai kawah meteor ditegakkan atas keberadaan
        mineral/batuan kunci di dasar/sekitar kawah, yakni
        shatter cones (batuan dengan struktur makro mirip
        kerucut ekor kuda), coesit/stishovit (mineral silika
        yang termetamorfosis), planar deformation features
        (mineral silika dengan struktur mikro
        lembaran-lembaran berjajar), breksi tumbukan (polymict
        breccia/suevit) dan lelehan batuan (impact melt).

        Tumbukan benda langit (asteroid/komet) ke Bumi selalu
        melepaskan energi yang besar, dengan densitas energi
        setara atau bahkan melebihi ledakan nuklir, sehingga
        memproduksi gelombang kejut yang mengkompresi batuan
        target demikian kuat sampai mengalami perubahan bentuk
        (atau mengalami metamorfosa dinamik) berderajat
        tinggi. Diurutkan dari tingginya derajat metamorfosa,
        tumbukan memproduksi lelehan batuan, coesit/stishovit,
        batuan ber-planar deformation features dan shatter
        cones. Breksi terbentuk kemudian sebagai hasil proses
        tak langsung, ketika terjadi longsoran di sekujur
        lereng kawah guna membentuk struktur yang lebih
        stabil.

        Batuan dan mineral kunci ini hanya bisa dijumpai di
        kawah meteor. Kawah vulkanik takkan bisa menghasilkan
        batuan dan mineral tersebut karena tekanan vulkanis
        jauh lebih kecil, yakni hanya 0,01 - 0,1 kali tekanan
        gelombang kejut produk tumbukan sehingga hanya mampu
        menghasilkan metamorfosis dinamik berderajat lebih
        rendah.

        Bila energi tumbukan sangat besar, biasanya ditemukan
        juga kelimpahan Iridium, atau karbon fullerene (yakni
        gabungan atom2 karbon membentuk struktur kubah
        melingkar mirip bola dengan rongga didalamnya yang
        menyekap Helium-3, isotop eksotis yang berlimpah di
        angkasa namun sangat jarang ditemukan di Bumi).
        Sementara bila energinya sangat kecil (sehingga
        kawahnya juga kecil), biasanya meteoritnya yang masih
        tersisa, meski dijumpai pula batuan ber-planar
        deformation features.

        Sehingga, kesahihan sebuah cekungan sebagai kawah
        meteor tidak hanya didasarkan pada bentuknya yang
        bulat/sirkular. Ada beberapa mekanisme lain yang mampu
        membentuk struktur sirkular mirip kawah meteor, mulai
        dari erupsi maar, pelarutan lapisan kapur di daerah
        karst sebagai sinkholes/dolina, keruntuhan gua,
        keruntuhan kubah garam dan keruntuhan struktur diapir.

        Sebagai tambahan, pada dasarnya dalam tumbukan benda
        langit, target yang dihantam segera membentuk cekungan
        temporer yang disebut kawah transient, dimana rasio
        kedalaman kawah terhadap diameternya sebesar 1 : 2,83.
        Tepi kawah dicirikan dengan timbunan ejecta (materi
        produk tumbukan) dan pelipatan batuan target yang
        memperlihatkan pembalikan stratigrafis (inverted
        stratigraphy). Tepi kawah ini biasa disebut cincin
        kawah (crater ring).

        Beberapa saat kemudian kawah transient berubah bentuk,
        bergantung kepada diameternya. Jika diameter kawah
        transient < 3 km (secara numeris ditetapkan < 3,2 km),
        maka sebagian lereng kawah akan longsor menimbun dasar
        kawah sebagai suevit, sehingga diameter akhirnya
        menjadi 1,25 kali semula. Ini disebut kawah sederhana
        (simple crater), dimana besar diameternya bergantung
        pada yield strength batuan setempat. Rasio kedalaman
        vs diameter kawah akhir berubah menjadi 1 : 5 hingga 1
        : 7.

        Jika diameter kawah transient > 5 km (secara numeris
        ditetapkan > 3,2 km), lereng kawah juga tetap runtuh.
        Namun keruntuhannya dikontrol oleh sejumlah sesar yang
        segera terbentuk di bawah lereng, sehingga pola
        runtuhannya menampakkan bentuk
        bertingkat/berteras-teras. Akibat keruntuhan lereng
        ini, maka pusat kawah mengalami pelentingan membentuk
        kubah pusat (central peak), yang ketinggiannya
        bergantung pada diameter akhir kawah dengan formula :
        SU = 0,086 D (dengan SU = central peak stratigraphic
        uplift dan D = diameter akhir kawah). Ini dinamakan
        kawah kompleks (complex crater). Jika diameter akhir
        kawah sangat besar, tinggi kubah pusatnya bisa
        melebihi Gunung Everest dan pada keadaan ini gravitasi
        Bumi takkan sanggup lagi menopangnya. Sehingga kubah
        akan runtuh dan akibatnya terbentuk punggungan2
        melingkar di sekeliling pusat (peak ring). Lewat
        mekanisme ini, rasio kedalaman vs diameter akhir kawah
        berubah menjadi < 1 : 10. Di dasar kawah tetap ada
        suevit, namun biasanya terdapat juga jejak bekuan
        lelehan.

        salam

        Ma'rufin

        --- datyo praboto <datyopraboto@...> wrote:

> [...]
        > Bandung, kalau melihat lingkarannya mirip sekali
        > dengan kawah. Bagaimana membedakan kawah meteor dan

        You rock. That's why Blockbuster's offering you one month of Blockbuster Total Access, No Cost.
        http://tc.deals.yahoo.com/tc/blockbuster/text5.com