Re: [HAAJ] Gerhana Krakatau - trip

  • Ma'rufin Sudibyo
    Message 1 of 1 , Dec 23, 2007
      Trip to Krakatau? Ikut dong...(#acungkan jari MODE =
      ON#)

      Tentang lokasi pengamatan gerhana yang ideal, jika
      memasukkan gunung Anak Krakatau sebagai latar
      depannya, Pulau Sebesi rasanya koq kurang ideal ya.
      Berdasar peta (disini saya modifikasi dari Symons,
      1988 dalam Carayannis, 2003 dan PVMBG, 2007) Pulau
      Sebesi itu berada di arah U-UTL dari kompleks
      Krakatau. Gerhana 26 Januari 2009 itu terjadi kala
      deklinasi Matahari minus 18º, kontak umbral pertama
      dimulai pada pukul 15:20 WIB dan kontak terakhir pada
      17:50 WIB. Jika dilihat dari posisi Krakatau, saat itu
      azimuth Matahari berada di sekitar 250º. Maka posisi
      ideal untuk membidik gerhana ini ya berada di azimuth
      (250 - 180) = 70º dari Krakatau dan itu artinya berada
      di laut lepas Selat Sunda atau di tepi kaldera bagian
      timur-timur laut.

      Jika ngamatinnya langsung di dalam kompleks Krakatau,
      di sana malah ada satu tempat ideal, sepertinya.
      Persis di timur gunung Anak Krakatau berdiri Pulau
      Panjang atau Rakata Kecil (Lang), sepanjang kurang
      lebih 3 km dalam arah utara-selatan dan adalah tepi
      kaldera Krakatau 1883 yang berada di arah timur-timur
      laut. Layaknya pulau2 tepi kaldera lainnya di kompleks
      Krakatau (Rakata dan Sertung), topografi pulau ini
      juga curam, sehingga lokasi pengamatan mungkin paling
      bagus diletakkan di pantainya (dan untuk itu juga
      harus diantisipasi pengaruh uap air laut terhadap
      alat-alat optik). Kalo vegetasinya kurang begitu
      paham.

      Bicara masalah potensi bahayanya, mengingat di anak
      Krakatau itu kawah barunya ada di sisi selatan dan
      semburan piroklastikanya juga lebih mengarah ke
      selatan, Pulau Panjang cukuplah aman. Bagaimana dengan
      letusan besar, katakanlah yang bertipe vulkanian atau
      plinian atau malah great ultraplinian seperti
      katastrof paroksimal 1883 silam? Letusan 1883 terjadi
      ketika kadar silika dalam magma Krakatau mencapai 68
      %, alias sangat asam. Memang sejak dekade 1960-an
      terdeteksi peningkatan kadar silika secara gradual
      dalam magma Krakatau tiap kali terjadi erupsi. Namun
      begitu untuk saat ini kadar silika-nya masih di bawah
      60 % sehingga ancaman letusan besar dapat
      diminimalisir. Namun untuk lebih jelasnya ada baiknya
      kita menghubungi lebih dulu Pos Pengamatan Gunung Api
      di Kalianda atau Pasauran, yang rutin memonitor bisul
      vulkanis nan galak ini.

      Persoalan lain yang juga sebaiknya mulai dipikirkan
      adalah transportasi ke sana. Gerhana terjadi pada
      akhir Januari, saat musim angin barat dan laut sedang
      ganas-ganasnya dengan ombak tinggi, dengan arus laut
      cenderung bergerak ke timur. Gerhana juga membuat
      pasang naik maksimum. Mungkin mas Keiranto punya
      gambaran mau pake kapal model apa untuk ngantisipasi
      hal ini ?

      Sedikit tambahan, van Bemmelen menyebut untaian
      pulau-pulau Sebuku, Sebesi dan kompleks Krakatau
      berdiri di atas percabangan patahan Lampung, yang
      membentang dari Gunung Rajabasa (Lampung) hingga Pulau
      Panaitan di dekat semenanjung Ujungkulon, dimana
      disini ia berpotongan dengan patahan besar Ujungkulon
      yang menjadi perpanjangan patahan besar Sumatra dan
      membuat Jawa bagian barat kerap digoyang gempa.
      Krakatau menjadi galak karena patahan tempatnya
      berdiri dipotong lagi oleh patahan lengkung bulan
      sabit yang membentuk pesisir Teluk Selamat Datang.
      Kalau mau dibandingkan, Gunung Merapi pun, yang magis
      untuk sebagian warga Jateng dan DIY, menjadi galak
      karena ia juga berdiri di atas perpotongan dua
      patahan.

      salam

      Ma'rufin

      --- Johannes Keioranto <keioranto@...> wrote:

      > Ya udah begini ajah, gue menawarkan diri ngurusin
      > perahu ke sana. Kalau mau gak berbelit2 kita bisa
      > sewa perahu dari anyer. namun kalau mau sedikit
      > rumit tapi gak mengurangi keindahannya yah kita bisa
      > jalan menuju lampung dan melalui pulau sebesi yang
      > indah. koordinat pulau bisa dilihat dari google
      > earth. tinggal tunggu masukan dari teman2 disini
      > apakah lebih baik kita kemping di pinggir pantai
      > sebesi sambil gelar kamera mengamati gerhana
      > matahari atau stay di laut. Lebih enak sih memang di
      > pantai karena kita punya space yg luas utk mengamati
> [...]

      Never miss a thing. Make Yahoo your home page.
      http://www.yahoo.com/r/hs