Masalah pada program PHP MySQL

  • Ir. Yahya Kurniawan
    Message 1 of 4 , Jul 5, 2005
      Saya memiliki sedikit masalah dengan program yang saya bangun dengan
      PHP-MySQL
      Gini ceritanya, saya membuat sebuah program untuk ujian online pada sebuah
      universitas dengan PHP dan MySQL. Aplikasi PHP dan MySQL tersebut tersimpan
      pada server berbasis Fedora Core 2 dan workstation yang mengakses
      menggunakan Windows XP, browser IE (legal lho, soalnya universitas tersebut
      sudah menandatangani Campus Agreement).
      Soal ujian untuk tiap mata kuliah disimpan pada database tersendiri dengan
      nama database sesuai dengan nama mata kuliah. Pada aplikasi PHP terdapat
      file untuk konfigurasi (mirip seperti config.inc.php pada phpMyAdmin) yang
      isinya antara lain untuk menentukan database mana yang akan diakses, sesuai
      dengan mata kuliah yang saat itu diujikan.
      Untuk mengakses aplikasi tersebut, pada bagian address IE dituliskan
      http://namaserver/ujian. Halaman index pada URL tersebut antara lain berisi
      nama mata kuliah yang diujikan.
      Misalnya hari pertama ujian mata kuliah A, hari kedua B, hari ketiga C, dan
      seterusnya. Ujian berlangsung dalam beberapa "kloter" karena jumlah komputer
      < jumlah mahasiswa.
      Hari pertama tidak ada masalah. Hari kedua dst, setelah melalui beberapa
      kloter, kadang2 halaman index yang ditampilkan browser adalah halaman mata
      kuliah hari sebelumnya. IE nya harus diclear history dulu + delete offline
      content, baru bisa mengakses halaman mata kuliah hari ini. Khan aneh, hal
      tersebut terjadi setelah melalui beberapa kloter. Kalau itu terjadi pada
      kloter pertama hari tersebut mungkin bisa dimengerti.
      Saya mohon tanggapan rekan2 apakah masalah itu timbul dari IE nya atau
      justru dari web server Apache yang ada di Fedora Core 2.
      Maaf kalau emailnya panjang :)

      Regards,

      Ir. Yahya Kurniawan
      ================================
      C.V. Digikom Multi Media Pratama
      Penulis Buku Komputer Elex Media
      Kontributor Tetap Tabloid PCplus
      ================================
    • Joshua Jackson
      Message 2 of 4 , Jul 5, 2005
        Ir. Yahya Kurniawan wrote:

        > Saya mohon tanggapan rekan2 apakah masalah itu timbul dari IE nya atau
        > justru dari web server Apache yang ada di Fedora Core 2.
        > Maaf kalau emailnya panjang :)

        Kalau permasalahannya dari IE-nya apakah sudah pernah dicoba dengan
        browser lain. Sistem penampilan ujian utk Hari - H nya gimana?
        --
        Proud Gentoo User and Java Developer
        In the free world, why do we need windows and gates?
        Message 3 of 4 , Jul 6, 2005
> [...]
          > Saya mohon tanggapan rekan2 apakah masalah itu timbul dari IE nya atau
          > justru dari web server Apache yang ada di Fedora Core 2.

          kalo aku lihat ini bisa ada banyak kemungkinan
          dari script PHPnya sendiri juga bisa (mungkin harus dikasih header untuk
          expired agar selalu cek setiap hari)
          dari browser itu lebih besar lagi pengaruhnya. IE sendiri ada cache internal
          di browser, jadi kalo masih tersimpan, dia pake cache lokal sebelum request
          ke server lagi (mungkin ini yang jadi masalah)

          Registered Linux User : 336579
          Public-key : http://www.informatix.or.id/willy/public-key.txt
          Blog : http://willysr.blogspot.com
          OOo Documentation Project (ID) : http://project.informatix.or.id
          Mandrakelinux Translation Project (ID) :
          http://www.mandrivalinux.com/l10n/id.php3
        • Iip Umar Rifai
          Message 4 of 4 , Jul 6, 2005
            Wednesday, July 6, 2005, 8:43:10 AM, Ir. wrote:

> [...]
            > Saya mohon tanggapan rekan2 apakah masalah itu timbul dari IE nya atau
            > justru dari web server Apache yang ada di Fedora Core 2.

            Coba dari IE pilih menu tools, internet options, general, di tab
            temporary internet , pilih setting, terus ganti automatically jadi
            "Every visit to the page"...coba deh...hehehe..kalo masih juga berarti
            emang program di servernya pak...

            :)

            *Ternyatagakcumalinuxyangbikinpegel,Windowsjugaehehehhe*