Re: [jogja-linux] Re: bangun jaringan basis wireless

  • Marah Sakti Lubis
    Message 1 of 5 , May 1, 2005
      Mungkin saya salah, masih baru sih...
      Tapi....

      On 5/1/05, joe we <smudapwt@...> wrote:

      > pertanyaan yg udah cukup lama,
      > dulu udah nyoba mo jawab, gara2 smtp ke google ga bisa jadi ga ke-send
      > :)
      >
      > kalu mo digunakan sebagai client sekaligus access point, bisa
      > menggunakan hostap.

      Emang bisa sekaligus akses point bersamaan juga sebagai akses point?
      berarti dalam satu saat, akses point sebagai suplicant, dan pada saat
      bersamaan juga sebagai authentikator? kayak nya nggak bisa deh....
      Tapi kalau akses point di operasikan dalam mode client mungkin bisa

      Kalau salah mohon koreksi...

      sebaiknya gunakan wlan card dg chipset prism, karena lebih mudah

    • joe we
      Message 2 of 5 , May 1, 2005
        duhh, terpaksa ngaku nih :D
        sebenarnya saya sendiri belum nyoba apakah hostap bisa bekerja
        sekaligus sebagai AP dan sebagai client.
        saya pertama tahu hal ini, pas baca2 file konfigurasinya hostapd
        di situ ada tulisan:
        # Associate as a station to another AP while still acting as an AP on the same
        # channel.
        #assoc_ap_addr=00:12:34:56:78:9a

        jadi saya menyimpulkan kalo hostap bisa sekaligus AP dan client.
        barusan saya coba searching, ternyata konfigurasi tersebut yg dinamkan
        dg WDS (Wireless Distributed System)
        untuk penggunaannya dg hostap bisa dibaca di
        http://oob.freeshell.org/nzwireless/hostap.html#4.3.4

        nah kalo udah kayak gini mending tanya yg udah pernah implementasi...
        josh!!!! kamu dah pernah kan???
        jawab dunk :p

        ekow
      • Hendry Ong