unknown host??

  • milisdad
    Message 1 of 14 , Apr 4, 2005
      saya punya kasus si-client tidak bisa nge-ping suatu ip atau host, misal
      telkom@1[~]$ ping yahoo.com
      maka akan muncul :
      ping: unknown host yahoo.com

      namun kalo digateway basa2 aja, apa yg harus saya set supaya bisa
      nge-ping? s
      aya sudah mencoba menggunakan iptables di gateway :
      iptables --table nat --append POSTROUTING --out-interface eth0 -j
      MASQUERADE
      iptables --append FORWARD --in-interface eth1 -j ACCEPT
      echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
    • joe we
      Message 2 of 14 , Apr 4, 2005
        kalo ping ip-addr bisa kan?
        coba masukkan ip dns server di
        /etc/resolv.conf
        ni contoh isi gile tsb
        #===
        search host.domain
        nameserver 127.0.0.1
        nameserver 172.16.30.7
        nameserver 172.20.2.20
        #===

        Message 3 of 14 , Apr 4, 2005
          --- In jogja-linux@yahoogroups.com, joe we <smudapwt@g...> wrote:
          > kalo ping ip-addr bisa kan?
          nge-ping IP gak isa juga :(

          > coba masukkan ip dns server di
          > /etc/resolv.conf
          > ni contoh isi gile tsb
          > #===
          > search host.domain
          > nameserver 127.0.0.1
          > nameserver 172.16.30.7
          > nameserver 172.20.2.20
          > #===
          udah tp gak ngefek
        • Akhmad Fathonih
          Message 4 of 14 , Apr 4, 2005
            On Apr 5, 2005 8:56 AM, milisdad <milisdad@...> wrote:

            > nge-ping IP gak isa juga :(

            > udah tp gak ngefek

            DNS server-nya mati kali :D, atau nameserver daemonnya mati :p ..

            *buta jaringan*

            --
            Akhmad Fathonih | http://blog.neofreko.com | http://jogja.linux.or.id
            Are you geek enough to handle all these sh**s?
            Message 5 of 14 , Apr 4, 2005
              --- In jogja-linux@yahoogroups.com, "Beny Ibrani" <beny@b...> wrote:

              > coba pake dnsnya CBN 202.158.3.7 dan 202.158.3.6
              tp kalo ngenet aku bisa masalahnya via proxy
              tp dr konsol yg gak isa
            • milisdad
              Message 6 of 14 , Apr 5, 2005
                --- In jogja-linux@yahoogroups.com, "Beny Ibrani" <beny@b...> wrote:

                > dari console server or client...?
                kalo dr server bisa tp kalo dr client gak isa
              • Beny Ibrani
                Message 7 of 14 , Apr 5, 2005
                  coba pake dnsnya CBN 202.158.3.7 dan 202.158.3.6

                  > nge-ping IP gak isa juga :(

                  > udah tp gak ngefek

                • Beny Ibrani
                  Message 8 of 14 , Apr 5, 2005
                    dari console server or client...?

                    > tp kalo ngenet aku bisa masalahnya via proxy
                    > tp dr konsol yg gak isa

                  • josh
                    Message 9 of 14 , Apr 5, 2005
                      On Apr 5, 2005 11:05 PM, milisdad <milisdad@...> wrote:

                      > kalo dr server bisa tp kalo dr client gak isa

                      Problemnya biasa pada setting dns di client.
                      Coba aja si client ping ke alamat IP
                      $ping 66.94.230.44 (yahoo.com)
                      $ping 66.102.7.99 (google.com)
                      dst

                      Pastikan dnsnya sudah bener dan aktif.. gunakan tools "host" atau "dig"
                      Coba ganti dengan IP dns server yang lain ( di /etc/resolv.conf )

                      Klo masih tidak bisa, kemungkinan komunikasi melalui protokol
                      transport udp port 53 nya keblok. Coba check firewall dsb..

                      --
                      regards,
                      Jogja Wireless Community Groups
                      Message 10 of 14 , Apr 6, 2005
                        --- In jogja-linux@yahoogroups.com, josh <nightlogin@g...> wrote:

                        > Problemnya biasa pada setting dns di client.
                        > Coba aja si client ping ke alamat IP
                        > $ping 66.94.230.44 (yahoo.com)
                        > $ping 66.102.7.99 (google.com)
                        > dst
                        udah masih gak isa, walo ngeping pake ip-address

> [...]
                        >
                        > Klo masih tidak bisa, kemungkinan komunikasi melalui protokol
                        > transport udp port 53 nya keblok. Coba check firewall dsb..
                        kalo firewall seperti ini gimana? dah benerkah?
                        # iptables -L
                        Chain INPUT (policy ACCEPT)
                        target prot opt source destination
                        ACCEPT all -- anywhere anywhere state
                        RELATED,ESTABLISHED
                        ACCEPT udp -- anywhere anywhere udp
                        dpt:domain
                        ACCEPT tcp -- anywhere anywhere tcp
                        dpt:domain

                        Chain FORWARD (policy ACCEPT)

                        Chain OUTPUT (policy ACCEPT)
                        target prot opt source destination
                      • jaya@dte.ft.ugm.ac.id
                        Message 11 of 14 , Apr 6, 2005
                          On Wed, Apr 06, 2005 at 03:21:20PM -0000, milisdad wrote:

                          > udah masih gak isa, walo ngeping pake ip-address

                          > "dig"

                          > kalo firewall seperti ini gimana? dah benerkah?
                          aku kemaren juga ngalamin ini. Browsing tidak ngefek karena browsing
                          pake proxy gateway. dig ke google kaga mau (kebetulan client pake
                          Ubuntu). Baru ingat ternyata gateway dalam, dnsnya pada mati, dan
                          ternyata komputer-2 client yang lain pake dns-nya ISP;-)

                          ya udah di /etc/resolv.conf client yaitu si Ubuntu ini aku arahkan ke
                          dns-nya isp.

                          cek dulu dari client. ping dnsmu bisa ndak (pakai nama, bukan IP)? asumsi dns gateway sudah bisa. Cek dari client lain, ping dnsmu bisa ndak? cek client-2 yang lain, dia set dnsnya pakai apa.

                          isi /etc/resolv.conf client (dengan asumsi client pakai linux)
                          search domain.anda
                          nameserver ip.domain.anda

                          kalau client windows, juga mudah, mirip

                          Kalau ping dns gatewaymu saja ndak bisa, berarti dns gateway ndak
                          berjalan normal, atau konfigurasi dnsnya melarang anggota domain untuk
                          ngeping, atau, pingnya gateway di nonaktifkan?
                          --
                          Program Diploma Teknik Elektro
                          Universitas Gadjah Mada

                          http://jaya.duniasemu.org
                        • josh
                          Message 12 of 14 , Apr 6, 2005
                            On Apr 7, 2005 10:41 AM, Dedy Hariyadi <milisdad@...> wrote:

                            > udah kok kalo punya ku kaya ini
                            > $ cat /etc/resolv.conf
                            > nameserver 202.95.156.6
                            > nameserver 202.95.156.13
                            > nameserver 202.158.3.7
                            > nameserver 202.158.3.6

                            > iya ping gateway ku matikan

                            Intinya, pc client harus bisa akses udp 53 ke server dns yang kamu
                            masukkan pada /etc/resolv.conf
                            Sebelum akses ke nameserver itu tidak berhasil. Jangan harap bisa
                            komunikasi dengan dunia luar (internet) menggunakan domain. :)

                            Message 13 of 14 , Apr 6, 2005
> [...]
                              > Sebelum akses ke nameserver itu tidak berhasil. Jangan harap bisa
                              > komunikasi dengan dunia luar (internet) menggunakan domain. :)
                              tp kok kalo ngeping dr server kok isa yaahhh
                              iptables nya juga udah tuhh kalo gak salah begini :
                              iptables -A INPUT -p udp -s 0/0 -d 0/0 --dport 53 -j ACCEPT
                            • Dedy Hariyadi
                              Message 14 of 14 , Apr 6, 2005
> [...]

                                > berjalan normal, atau konfigurasi dnsnya melarang anggota domain untuk
                                > ngeping, atau, pingnya gateway di nonaktifkan?

                                Divisi Publikasi dan Media
                                Kelompok Pengguna Linux Indonesia-Jogajakarta
                                http://jogja.linux.or.id
                                Registered Linux User : 347369