Re: [jogja-linux] Internet....

  • Yantisa Akhadi
    Message 1 of 3 , Feb 2, 2005
      On Thu, 3 Feb 2005 17:10:51 +0700
      "Daniel" <daniel@...> wrote:

> [...]
      >
      > Nah,ini dia kalo saya mau lakukan hal serupa (spek server sama) dengan Redhat9(Server) sebagai proxy server,langkah2 apa saja yg harus saya lakukan......
      >
      > Sebagai catatan....saya sudah coba untuk install NetworkCard dan sudah saya kasih yg satu IP Public (lengkap DNS+Gateway) dan yg satu IP Local,tapi kok browsing di server (Mozzilla) aja tetep ndak bisa......
      > Apa perlu untuk install xDSL di Network or gmana???
      > Sampe kudu install IpTable,Gnom Lockit,PPP0 segala???
      >
      > Tolong Pencerahan dan step2 apa saja yg kudu dilakukan....

      Saya coba bantu sebisanya,
      Untuk server pada kasus yang anda hadapi
      1. IP address (baik public maupun local,eth0 dan eth1)
      2. Setting gateway(tapi biasanya ini udah diset otomatis ketika anda bikin alamat baru, bisa dicek dg perintah: route -n, alamat paling bawah adalah gateway)
      3. Setting DNS server (dengan mengedit file /etc/resolv.conf, biasanya ini adalah DNS server dari ISP anda)
      4. Cek apakah firewall hidup dengan perintah: service iptables status. Jika hidup matikan dulu sementara dg mengganti kata status diatas dg stop.
      Seharusnya ketika anda menjalankan ke-4 langkah diatas, server anda udah bisa browsing. Coba dicek dulu dengan cara ping ke server ISP. Jika anda ingin client juga bisa browsing maka langkah selanjutnya adalah
      5. Install paket squid (hehehe...kalo settingnya saya masih ijo banget, tp kalo mau contonya saya punya, japri aja ya)
      6. Cek apa isi dari /proc/sys/net/ipv4/ip_forward jika 0 ganti dg 1.
      7.Jika ingin client bisa browsing tanpa harus setting proxy di web browser client maka anda perlu menambahkan redirection dg iptables atau cara lain menggunakan transparent proxy, detailnya ada di InfoLinux bulan ini(enggak ngiklan lho..).
      8. Jangan lupa untuk setting security setelahnya(bikin rule2 iptables), bisa dilihat di agar lebih aman dan nyaman.

      Hope it help :), lainnya kalo mau nambahin, tambahin aja ya.

      -Iyan-
    • Daniel

        Message 3 of 3 , Feb 3, 2005
          Ok deh mas Iyan thx banget......
          Saya coba dulu deh solusi mas.....
          Thx.....
> [...]

          Hope it help :), lainnya kalo mau nambahin, tambahin aja ya.

          "This is my way being a linuxer..."
          http://jogja.linux.or.id
          http://jogja.linux.or.id/wiki

          Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke: