RE: [jogja-linux] Tempat Kursus Linux Lengkap

  • Ir. Yahya Kurniawan
    Message 1 of 21 , Nov 4, 2004
      Pada dasarnya saya setuju dengan bung Josh dan bung stwn bahwa lebih enak
      belajar sendiri untuk memperdalam Linux. Cuma masalahnya kalau orang-orang
      tertentu (contohnya saya) yang bukan mahasiswa (jadi nggak punya akses ke
      lab komputer), juga bukan karyawan toko komputer (jadi nggak bisa coba-coba
      dengan banyak komputer), kesulitannya adalah pada prasarana.
      Saya sudah kenal Linux sejak tahun 1998 (mungkin bahkan sebelum sebagian
      besar dari Anda tahu Linux itu apa). Tapi karena saya hanya punya 1
      komputer, sampai sekarang pengetahuan jaringan saya masih dangkal. Nggak
      mungkin khan belajar jaringan hanya dengan 1 komputer. Nah, mungkin hal-hal
      tersebut dapat diatasi jika ikut kursus.

      Regards,

      Ir. Yahya Kurniawan
      ================================
      C.V. Digikom Multi Media Pratama
      Penulis Buku Komputer Elex Media
      Kontributor Tetap Tabloid PCplus
      ================================
    • rasbani
      Message 2 of 21 , Nov 5, 2004
        "Ir. Yahya Kurniawan" <y4hy4@y...> wrote:

        kesulitannya adalah pada prasarana. Tapi karena saya hanya punya 1
        komputer, sampai sekarang pengetahuan jaringan saya masih dangkal.
        Nggak mungkin khan belajar jaringan hanya dengan 1 komputer. Nah,
        mungkin hal-hal tersebut dapat diatasi jika ikut kursus.

        ----

        nah itu dia masalah saya. saya pun mengalami hal yg sama persis
        banget. oleh karena itu lah saya ingin kursus. komputer saya juga
        cuman satu itu pun gak ada koneksi internet-nya, maklum anak kost,
        jangankan buat bayar koneksi, buat makan sebulan aja masih ngandelin
        kiriman dari ortu, sayapun kebetulan bukan mahasiswa jurusan
        komputer, jadi tambah sulit untuk belajar linux dengan segala tetek
        bengeknya, trutama sekali networking :P .... kalo soal baca buku ot
        how to, itu gak masalah, saya tiap bulan beli buku tentang linux,
        baik yg berhubungan dengan programming, networking de el el... tapi
        ketika mau praktek, malah binggung sendiri, iya sih saya bisa ke
        warnet, tapi mas mas - mbak -mbak tau sendiri gimana kondisi warnet,
        kita cuman jadi klien aja, lagian warnet di jogja jarang yg pake
        linux, tambah susah jadinya :P
      • jaya@dte.ft.ugm.ac.id
        Message 3 of 21 , Nov 5, 2004
          On Fri, Nov 05, 2004 at 02:52:10PM +0700, Ir. Yahya Kurniawan wrote:

> [...]
          > mungkin khan belajar jaringan hanya dengan 1 komputer. Nah, mungkin hal-hal
          > tersebut dapat diatasi jika ikut kursus.
          nah ini dia.... Linux/Unix tidak hanya soal jaringan..;-P~ Tapi emang
          terkenal di jaringannya sih,

          or, nyerah nih sama M$ dalam hal desktop???;-P~
          --
          Program Diploma Teknik Elektro
          Universitas Gadjah Mada

          http://jaya.duniasemu.org
        • Iip Umar Rifai
          Message 4 of 21 , Nov 5, 2004
            Friday, November 5, 2004, 5:42:53 PM, rasbani wrote:

> [...]

            > warnet, tapi mas mas - mbak -mbak tau sendiri gimana kondisi warnet,
            > kita cuman jadi klien aja, lagian warnet di jogja jarang yg pake

            Pake Emulator kayak bosch, qemu, atau VMWARE yg lebih gampang...bisa
            bikin network2an cuma di satu kompie...dan bisa client/server semau
            user..asal memorynya cukup...

            belajar sendiri secara interaktif pake bantuan help dari internet/buku
            yg ada dipasaran lumayan efektif juga...

            saya sendiri seumur-umur hidup sama komputer gak pernah ambil kursus,
            kecuali 1th lalu kursus networking di fastnet, itupun karena dibayari
            kantor, dan saya ambil cuma untuk perbandingan aja dengan apa yg ada
            dikepala saya...walhasil...saya gak mau lagi ambil kursus...soalnya
            kalo diitung2 mendingan duitnya dipake buat beli2 alat buat experiment
            sendiri...apalagi udah ada emulator...kayaknya biaya untuk peralatan juga udah mulai
            bisa dikurangi...

            :D

            -iip-
          • Iwan Setiawan
            Message 5 of 21 , Nov 5, 2004
              On Sat, 6 Nov 2004 11:35:23 +0700, Iip Umar Rifai <iip@...> wrote:

> [...]
              > sendiri...apalagi udah ada emulator...kayaknya biaya untuk peralatan juga udah mulai

              Tambahan:
              Yang dibutuhkan di sini adalah teman, sekali lagi teman!
              Cari teman dan buat jadwal ngoprek, ini saya lakukan waktu pertama
              kali mendapatkan komputer pertama saya, pertengahan tahun 2000.
              Prasarana tentu saja ada, minimal ada dua komputer bukan? satu punya
              Anda satu punya teman Anda apalagi kalo lebih dari satu orang.

              Jaringan bisa dioprek pake PLIP atau langsung pake kabel UTP dengan
              hub/switch dan kartu jaringan bekas/second, sekarang cukup murah
              harganya.
              Kalo mo ngoprek PLIP saya ada kabelnya tapi speed lambat dan udah
              uzur, dulu sempat maenan ini dan NFS, bukan Need For Speed lho ;-)
              O iya saya dan teman-teman pernah juga rencana bikin jaringan pake
              radio-packet buat ngehubungin komputer di rumah kami masing-masing,
              jadi kita bisa ngoprek jaringan secara _live_ dan mungkin sambil chat
              hehe.

              Paling nggak ini yang saya lakukan dulu ketika kenal komputer,
              sekarang masih walau sudah jarang yang saya ajak ngoprek lagi.
              Untuk teman dan kelompok ngoprek lama sampai sekarang pun kita masih
              sering ngobrol, diskusi, sharing ilmu, walaupun tidak seperti dulu
              bisa ngoprek bareng.
              Terpisahkan jarak.

              Cari teman, bikin forum atau kelompok ngoprek, bermain-main dan
              berkembang bersama.
              KPLI ini juga sebenernya potensial buat ngelakuin acara
              oprek-mengoprek, cuma tempat yang belum ada. Prasarana? bawa sendiri2
              kan?

              Kalo butuh akses Internet banyak cara kok, main-main ke labkom, nyari
              sambilan, dan lain-lain. Banyak cara, tidak usah tergantung.
              Terakhir belajar dengan menggunakan budaya hacker --dalam arti sebenarnya--
              Sekian curhat saya, terima kasih. Salam manis.

              --
              stwn - duniasemu.org
            • josh
              Message 6 of 21 , Nov 7, 2004
                On Fri, 05 Nov 2004 10:42:53 -0000, rasbani <rasbani@...> wrote:

> [...]
                > warnet, tapi mas mas - mbak -mbak tau sendiri gimana kondisi warnet,
                > kita cuman jadi klien aja, lagian warnet di jogja jarang yg pake

                Gini lho..
                Coba bayangin berapa yang harus Anda bayarkan jika mengambil kursus
                yang seperti Anda inginkan ( sekitar 1 tahun atau 1 semester ) , yang
                saya tahu di FastNET ( kebetulan beberapa tahun yang lalu saya masih
                ngajar disana, sekarang gak lagi ), duit yang anda keluarkan pasti
                diatas 1 jt-an untuk kursus seperti ini, belum lagi waktu anda harus
                diatur dengan benar agar tidak ada yang kosong dll.
                Nah klo menurut saya lebih baik duit anda yang 1 jt tersebut di
                beliin 2 PC bekas ( pentium 486 ( pentium I 100Mhz/133Mhz) yang
                harganya saat ini hanya sekitar 200rb/perbuah tanpa monitor ( klo dulu
                sekitar 3 tahun lalu saya belinya sekitar 500rban/buah, sampe sekarang
                masih ada ) , saya yakin klo anda sudah punya sebuah PC sebelumnya.
                Nah jika udah ada 3 PC ( 1 PC anda sebelumnya, 2 lagi PC second murah
                ) , tinggal beli LAN card dan kabel UTP, jika belum punya ( biasanya
                PC second built-in sudah ada ). Harga LAN card secondnya sekarang
                hanya sekitar 10-20 rb per-buah ( dulu saya beli 30rban ). Anda gak
                perlu membeli monitor bukan, cukup pindah pindah kabel ke monitor yang
                sudah ada , soalnya klo sudah terinstall khan tinggal diremote ( ini
                yang gw lakukan 3 tahun lalu ) ? Tinggal anda installin linux di kedua
                PC second tersebut. Nah sekarang anda bisa punya Lab komputer sendiri
                di kamar kost atau di kontrakan.
                Untuk belajar jaringan komputer akan lebih mudah jika ada 3 PC yang
                terhubung. Sebuah PC berfungsi sebagai router/firewall/proxy dll. Yang
                satunya jadi server macem macem..dan yang satu untuk client. Nah
                setelah punya ? Hayoo .. apa lagi yang kurang ?
                Jika ada masalah atau trouble tinggal search di google atau posting ke
                milis .. nah beres khan ? Dengan begini , anda tidak perlu harus
                belajar 1 semester atau bahkan 1 tahun untuk menjadi seorang sysadmin.
                Tapi cukup 1 bulan atau bahkan 1 minggu !!! :)

                Coba bayangin klo anda hanya mengambil kursus, dan tidak banyak
                praktik ? Saya yakin pasti akan banyak yang terlupakan.

                Oks... semoga info diatas bermanfaat

                --
                Regards,
                jogja-wireless@yahoogroups.com
                Message 7 of 21 , Nov 7, 2004
                  --- In jogja-linux@yahoogroups.com, josh <nightlogin@g...> wrote:
> [...]

                  > Coba bayangin klo anda hanya mengambil kursus, dan tidak banyak
                  > praktik ? Saya yakin pasti akan banyak yang terlupakan.

                  wah aku setuju bangeet tuh ide josh, tidak ada salahnya kalo anak KPLI
                  sekarang kaya gitu aja gimana??
                  oya josh cari komputer second dimana yaahh?
                  trus distro yg enak dipake apaan?kan kalo yg baru kagak mungkin.
                • Josua M Sinambela
                  Message 8 of 21 , Nov 7, 2004
                    milisdad wrote:

                    >wah aku setuju bangeet tuh ide josh, tidak ada salahnya kalo anak KPLI
                    >sekarang kaya gitu aja gimana??
                    >oya josh cari komputer second dimana yaahh?
                    >trus distro yg enak dipake apaan?kan kalo yg baru kagak mungkin.

                    Cari PC second dan kartu second, baca koran KR deh , banyak disana..
                    harganya pasti terjangkau .
                    Saya dari dulu sampe sekarang distro linuxnya masih pake mandrake :)
                    Pake yang versi baru atau yang lama sama aja.. khan gak perlu install
                    grafisnya :)) klo mau belajar jaringan.. yang penting service servicesnya ..

                    Mungkin sedikit kendala hanya waktu pada saat compile kernel, karena
                    harus menunggu beberapa jam selesainya ( biasanya gw tinggal tidur waktu
                    make bzimage; make modules; make modules_install; sh scriptcpvmvlinuz.sh
                    ; lilo -v ; halt -p ). Besoknya di lanjutkan lagi :)

                    regards
                    josh
                  • pk@datacrux.org
                    Message 9 of 21 , Nov 8, 2004
                      josh wrote:
> [...]
                      > sekitar 3 tahun lalu saya belinya sekitar 500rban/buah, sampe sekarang
                      > masih ada ) , saya yakin klo anda sudah punya sebuah PC sebelumnya.

                      486 ? P100 ? kalau demikian silakan pakai distro yang minimalis, jangan
                      berharap yang terlalu muluk... dulu saya pernah pakai 486sx25, masih
                      nyaman di RH 6.0 ke bawah... siap2 buang banyak waktu untuk nunggu
                      proses instalasi. saran saya, minimal P233mmx, masih nyaman untuk distro
                      yang tak terlalu baru :) tapi ya tetep maen non-X biar ngga boros
                      resource memory. dukungan memori sangat signifikan.

> [...]
                      > PC second built-in sudah ada ). Harga LAN card secondnya sekarang
                      > hanya sekitar 10-20 rb per-buah ( dulu saya beli 30rban ).

                      jangan lupa investasi untuk HUB... 4 port cukup, kecuali mo bikin warnet
                      :) hub compex 4 port dulu ditebus 350 rebu... itu taun 2000. ngga tau
                      sekarang, pasti lebih murah dan bervariasi. namanya juga teknologi, kalo
                      ngga sedikit dimodali nyesel di belakang hari.

                      salute,
                      pk-
                    • josh
                      Message 10 of 21 , Nov 8, 2004
                        On Mon, 08 Nov 2004 17:52:51 +0800, pk@... <pk@...> wrote:

> [...]
                        > sekarang, pasti lebih murah dan bervariasi. namanya juga teknologi, kalo
                        > ngga sedikit dimodali nyesel di belakang hari.

                        Klo cuma punya 3 komputer dengan konfig ada firewall ada client dan
                        ada server, saya kira gak butuh HUB.
                        Just pake crossover cable. Saya rasa sudah cukup
                        Tapi monggo klo emang pengen coba coba pake HUB.. no problemo .. :)

                        --
                        Regards,
                        jogja-wireless@yahoogroups.com
                      • Hendry Ong
                        Message 11 of 21 , Nov 8, 2004
                          From: "josh"

> [...]
                          > Just pake crossover cable. Saya rasa sudah cukup
                          > Tapi monggo klo emang pengen coba coba pake HUB.. no problemo .. :)

                          kalo saya sih install virtual pc.
                          Kebetulan memory saya 512.
                          Semalem sudah install 3 buah linux di virtual pc.
                          1 untuk server dgn 1 eth, 1 untuk gateway dgn 2 eth, dan 1 untuk client
                          dengan 1 eth.
                          Semalem dah bisa ngeping dari client ke server, tapi servernya nggak bisa
                          ngeping ke client.

                          Ini lebih murah.
                          Nah, sekarang fasilitas dah ada. Kira-kira, materi yang perlu dipelajari
                          apa aja? nah....yang ini yang perlu disharingkan.
                          terutama materi mengenai jaringan...

                          saya tunggu lho.

                          hendry
                        • Josua M Sinambela
                          Message 12 of 21 , Nov 8, 2004
                            Hendry Ong wrote:

> [...]
                            Hehe.. ntar klo pake virtual, pinternya juga hanya virtual doank :p
                            Sama halnya seperti belajar cisco, klo cuma megang simulator pasti gak
                            pede. Akan lebih pe-de jika kita menguasai realnya. Keduanya punya
                            kelebihan dan kelemahan masing masing, silakan digali sampe dalam.. :)
                            Tapi silahkan aja belajar pake virtual pc, pasti banyak ilmu yang bisa
                            di dapat dari sana.

                            regards
                            josh
                          • Hendry Ong
                            Message 13 of 21 , Nov 8, 2004
                              From: "Josua M Sinambela"

> [...]
                              > kelebihan dan kelemahan masing masing, silakan digali sampe dalam.. :)
                              > Tapi silahkan aja belajar pake virtual pc, pasti banyak ilmu yang bisa

                              kalo aku bilang sih ini juga real.
                              wah...aku nggak tahu kalo soal simulator.
                              Hanya saja kita nggak bisa nambah hardware seperti card-card lain.
                              Tapi kalo jaringan kan dasarnya lewat ethernet card kan.
                              tapi sementara sih aku masih puas, soale belum ada yang mau nyumbang
                              cpu.

                              Soal materi gimana ya?
                              Jaringan memang luas, tapi harus mulai dari mana?
                              Kalo sekedar ketak-ketik sih sepertinya akan useless...

                              hendry
                            • milisdad
                              Message 14 of 21 , Nov 8, 2004
                                --- In jogja-linux@yahoogroups.com, "Hendry Ong" <hendry_ong_75@y...>
                                wrote:

                                > Soal materi gimana ya?
                                > Jaringan memang luas, tapi harus mulai dari mana?
                                > Kalo sekedar ketak-ketik sih sepertinya akan useless...
                                aku cerita dikit ahh:
                                ada sorang admin yg tdk mau lembur karena seorang wanita, untuk
                                mengatasi masalahnya dia membuat virtual pc menggunakan UML. jadi kalo
                                ada trouble tinggal direstore menurut konfigurasi dikomputernya dan
                                server. Jadi dengan simulator juga efektif tp juga pasti ada
                                kekurangannya. Kalo real enak aja kalo liat komputer berantakan :)

                                eh iya ada yg tau URL network simulator buat debian like??

                                -dad-
                              • jaya@dte.ft.ugm.ac.id
                                Message 15 of 21 , Nov 9, 2004
                                  On Tue, Nov 09, 2004 at 06:20:37AM -0000, milisdad wrote:

> [...]
                                  > kekurangannya. Kalo real enak aja kalo liat komputer berantakan :)
                                  >
                                  > eh iya ada yg tau URL network simulator buat debian like??

                                  maksudnya network simulator bagaimana? oiyah, ada program bernama qemu.
                                  apakah seperti VMWare dan Virtual PC? ada yang pernah coba?

                                  Message 16 of 21 , Nov 9, 2004
                                    --- In jogja-linux@yahoogroups.com, jaya@d... wrote:
                                    > On Tue, Nov 09, 2004 at 06:20:37AM -0000, milisdad wrote:
                                    >
                                    > maksudnya network simulator bagaimana? oiyah, ada program bernama
                                    qemu.
                                    namanya materi/aplikasinya "Network Simulator" ini sekarang banyak
                                    digandrungi org2 jaringan untuk menggambarkan suatu jaringan di masa
                                    akan datang atau pun skr <kalo tidak salh sihh> :)
                                    pls donk yang tau infonya bisa untuk tesis juga looo....
                                  • adicool099
                                    Message 17 of 21 , Dec 22, 2008
                                      --- In jogja-linux@yahoogroups.com, Iip Umar Rifai <iip@...> wrote:

> [...]
                                      experiment
                                      > sendiri...apalagi udah ada emulator...kayaknya biaya untuk

                                      nah tuh aku tertarik sama yang namanya emulator,ngomong-ngomong tuh
                                      barang udah ada di reponya belum ya?aku new bie abis nih..
                                    • Tonny Sapri
                                      Message 18 of 21 , Dec 23, 2008
                                        >Posted by: "adicool099" adicool099@... adicool099
                                        >Mon Dec 22, 2008 3:15 am (PST)
                                        >nah tuh aku tertarik sama yang namanya emulator,ngomong- ngomong tuh
                                        >barang udah ada di reponya belum ya?aku new bie abis nih..

                                        download aja dari situsnya. anda bisa coba virtualbox dan wine. banyak referensinya di situs2 internet. nginstalnya ga sulit kok.

                                        Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru.
                                        Cepat sebelum diambil orang lain!