Batery Status, Synaptic TouchPad, Fan Status, Di Linux [Laptop SOTEC]

  • Milist Mail
    Message 1 of 8 , Jun 30, 2004
      Hello semua....:)
      gimana nih kabarnya jogja.... masih asyik kan.. :D
      eh nih aku ada masalah dikit nih... tolong dibantu ya.. :D

      beberapa hari yang lalu aku nginstal madrake 10 CE di Laptop merknya SotEC [pasti baru denger nih... :( ] semua jalan bagus sih..  bahkan ada yang gak kedetect ama Xp kedetect langsung ama "mandra" ini... tapi sayangnya untuk status batery, status fan, panas cpu, dan synaptic touchpadnya gak kedetect :(( aku udah coba gogling dan nemu beberapa driver tersebut ternyata tetep gak mau... :(( kata temenku sih harus kompilasi ulang kernel.. :(( [padahal aku belum pernah kompile ulang kernel tuh.. xixixixx...] gimana ya...?? apakah ada jalan lain selain kompilasi ulang kernel itu...???

      Gimana ada yang punya saran buat beta....???? ditunggu lho sarannya.... :D

      c u alll >:D< =;

      regards

      Alex Budiyanto
    • gwijayas
      Message 2 of 8 , Jul 1, 2004
        --- In jogja-linux@yahoogroups.com, "Milist Mail" <mail@a...> wrote:
> [...]
        jalan lain selain kompilasi ulang kernel itu...???

        > Gimana ada yang punya saran buat beta....???? ditunggu lho
        Kalau gitu, sudah saatnya dikau belajar kompilasi kernel
        sendiri...heuheuehueheuheuehueuue

        Tapi sebelum itu, kalau ambil source (atau mungkin di Mandrake) ada
        dokumentasi tentang kernel, dicari kira-2 modulnya untuk alat-2 diatas
        apa. semoga saja, distro mandrake menyertakan semua modulnya, sehingga
        dikau tinggal install modulnya. Sayang, disini kaga ada Mandrake, jadi
        saya lupa ditaruh dimana config kernelny amandrake. dari berkas config
        ini sebenarnya bisa dicek apakah modulnya dibuild, tapi belum
        diinstall. Kalo emang dibuild, tinggal diinstall modulnya saja
      • Iwan Setiawan
        Message 3 of 8 , Jul 1, 2004
          On Thu, 1 Jul 2004 11:07:53 +0700, Milist Mail <mail@...> wrote:
          > Hello semua....:)

          Hello.

          > gimana nih kabarnya jogja.... masih asyik kan..
          > :D

          Masih asyik.

          > eh nih aku ada masalah dikit nih... tolong dibantu
          > ya.. :D

          Kalo bisa.

> [...]
          > kernel.. :(( [padahal aku belum pernah kompile ulang kernel tuh.. xixixixx...]
          > gimana ya...?? apakah ada jalan lain selain kompilasi ulang kernel

          Status battery, fan, thermal, dst berhubungan dengan acpi.
          Apakah kernel kamu sudah support dan fitur2 di dalamnya, lex?
          Check /proc/acpi/* ada nggak? kalo ada, apa aja?
          Modul driver-nya bisa dilihat di
          /lib/modules/2.*.*/kernel/drivers/acpi/, isi direktori ini biasanya:
          ac.o, battery.o, button.o, fan.o, processor.o, thermal.o, dst.
          Apa ada? kalo ada di-load dan lihat /proc/acpi/* lagi.
          Kalo nggak ada dari checking di atas, silahkan deh masukin dukungan
          acpi dengan option2 yang diinginkan dengan recompile kernel hehe...ato
          kalo nggak nyari kernel yang udah ada dukungan acpi dan fitur yang
          diinginkan, biasanya _perlu_perjuangan_ ;-)

          Untuk synaptics touchpad, bisa ke:
          http://w1.894.telia.com/~u89404340/touchpad/index.html.
          Kompilasi driver synaptics dulu terus langsung di-load aja dan
          kemungkinan butuh source kernel yang kamu pakai, lex.
          Kernel 2.6 mungkin udah ada dukungannya: patch, dst.

          http://tuxmobile.org
          http://www.linux-laptops.org
          http://www.google.com/linux
          http://research.indocisc.com/~andika/ecs/ (Ada di linux-laptop.net dan
          tuxmobile.org, bagi pemakai ECS A530)
          http://research.indocisc.com/~andika/12XL205/index.html (compaq presario)

          Salam manis selalu,

          _stwn
        • v~v o~o
          Message 4 of 8 , Jul 1, 2004
            Ttg battery status, synaptic touchpad, banyak dialami
            pengguna notebook ataupun desknote asli buatan Taiwan.
            Kayaknya sih itu memang belum disupport oleh Mandrake.
            Sepertinya begitu lho....
            Mungkin senior2 disini ada masukan ??

> [...]
            > ini sebenarnya bisa dicek apakah modulnya dibuild,
            > tapi belum
            > diinstall. Kalo emang dibuild, tinggal diinstall

            Aku pernah nyari2 source kernel-nya Mandrake:
            sepertinya tidak disertakan dalam CD distribusi-nya.
            Jadi harus download sendiri, dan itu artinya harus
            ikut sebagai member MandrakeClub, dan artinya lagi
            harus membayar beberapa dollar ke Mandrake. Aku pernah
            lihat source kernel-nya Mandrake 2.4.xx di CD Mandrake
            10 (pdhal MAndrake 10 'kan pake kernel 2.6.xx).
            source kernel yg 2.6.xx tidak disertakan.
            Catatan kecil: Kernel Mandrake kayaknya lebih spesifik
            dibanding kernel linux yg generic (yg didownload dari
            kernel.org).

            hhhh... PUSING.

            Correct Me If I'm Wrong (CMIIW).

            http://promotions.yahoo.com/new_mail
          • Iwan Setiawan
            Message 5 of 8 , Jul 1, 2004
              On Thu, 1 Jul 2004 18:51:33 -0700 (PDT), v~v o~o <iblis_cilix@...> wrote:

> [...]
              > pengguna notebook ataupun desknote asli buatan Taiwan.
              > Kayaknya sih itu memang belum disupport oleh Mandrake.

              Dukungan sebenernya dari kernel, distro-distro hanya menambahkan,
              mengurangi, recompile, patch, ... kernel bawaan mereka.
              Bila perlu memang audit kernel untuk bug, driver, dll dan hasil dari
              audit/koreksi/tambahan/... biasanya langsung di-submit ke maintainer
              kernel untuk dimasukkan/merge.
              Banyak kok dukungannya, tinggal informasi dukungan itu saja yang
              mungkin banyak orang tidak tahu/kurang membaca termasuk aplikasi misal
              front-end battery_status di KDE, dll.

              > Catatan kecil: Kernel Mandrake kayaknya lebih spesifik
              > dibanding kernel linux yg generic (yg didownload dari
              > kernel.org).

              Iya jelas, masing-masing distro punya _recipe_ sendiri-sendiri untuk
              kernel bawaannya.
              Tergantung arah pengembangan, dst.

              manis selalu saya,

              _stwn
            • v~v o~o
              Message 6 of 8 , Jul 2, 2004

                >Iya jelas, masing-masing distro punya _recipe_ sendiri-sendiri untuk
                >kernel bawaannya.
                >Tergantung arah pengembangan, dst.
                >
                >manis selalu saya,
                >
                >_stwn

                Ada temen yg mencoba download kernel dari kernel.org, kemudian di compile di Slackware mjd: bzImage, dijalankan dan berhasil. Kemudian bzImage tsb dicopy-kan (hanya dicopykan) ke RedHat di mesin yg sama, dan berhasil jalan tanpa masalah. Dicoba lagi dicopykan ke WinBI di Mesin yg sama pula, juga berhasil berjalan dg mulus. Tetapi ketika di copykan ke Mandrake, tdk berhasil jalan dg pesan classis :"kernel panic". Berarti dari situ aku bisa ambil keputusan bhw kernel generic dpt dipakai di Slackware,RedHat, dan WinBI; tetapi tidak bisa di MAndrake. Memang benar kalau setiap distro selalu mempunyai resep sendiri2 pd kernel-nya, tetapi ternyata dg kernel generic-pun distro2 tadi tetep bisa berjalan dg mulus.

                N.B. Mesin temen pake: RedHat yg digunakan versi 9.0 (kernel 2.4.xx) , Slackware yg dipakai 9.1(kernel 2.4.xx), WinBI versi ??. Kernel yg didownlioad kernel 2.6.xx.

                SALAM.

              • milisdad
                Message 7 of 8 , Jul 4, 2004
                  --- In jogja-linux@yahoogroups.com, v~v o~o <iblis_cilix@y...> wrote:
                  > N.B. Mesin temen pake: RedHat yg digunakan versi 9.0 (kernel 2.4.xx)
                  , Slackware yg dipakai 9.1(kernel 2.4.xx), WinBI versi ??. Kernel yg
                  didownlioad kernel 2.6.xx.
                  oya teman yang mencoba hal ini sepertinya mas iwan binanto ya???
                  :D

                  dad
                • v~v o~o
                  Message 8 of 8 , Jul 6, 2004
                    --- milisdad <milisdad@...> wrote:
> [...]
                    > versi ??. Kernel yg
                    > didownlioad kernel 2.6.xx.
                    > oya teman yang mencoba hal ini sepertinya mas iwan

                    DARI temennya beliau.
                    :))

                    http://promotions.yahoo.com/new_mail