Re: [jogja-linux] Masalah dalam menginstall Redhat...!!

  • hasan hasan
    Message 1 of 19 , Apr 1, 2003

       zolech <sholehchuddin@...> wrote:

      Salam kenal dari saya, yang baru gabung ke milis ini...
      kebetulan saya adalah juga wong jogya, yang baru belajar linux...
      saya ingin mengistall linux Redhat 8.0 ke kompi saya...
      spec.komp saya :P4 2.4GB;HD 40GB;RAM 256MB DDR PC2700;VGA card GF4
      MX440;Keyboard silitek USB;mouse jetion optical scroll.

      setiap kali saya masuk ke linux installasi, anaconda installer,
      selalu keyboard saya tidak respond atau tidak terdeteksi, apakah ini
      karena keyboard saya tidak menggunakan USB...?karena setelah tak
      pinjam pake keyboard yang PS/2 bisa respond.

      Kalo gitu gunakan dulu PS/2.

      sebelumnya komputer saya, udah tak install, windows ME dan Windows
      XP, saya ingin menambahkan lagi linux redhat 8.0, saya sudah
      mempartisi HD untuk windows ME;WIndows XP dan untuk data, dimana saya
      harus meletakkan partisi untuk linux tersebut..??partisinya untuk apa
      saja..??

      apakah partisi tersebut sudah harus saya siapkan sebelumnya dengan
      menggunakan Partisi magic...??soalnya setiap kali masuk menu
      partition setup, dengan memilih automatic partition atau manual
      partition with DiskDruit, selalu partisi yang sudah ada, tidak
      terdeteksi.sehingga partisi win ME dan Win XP yang ada sebelumnya,
      terformat semua....!!!
      setelah partisi linux sudah dibikin, apakah boot loader, diletakkan
      di MBR atau di partisi /boot saja agar saya bisa memilih OS saat
      masuk booting...?

      Tidak masalah, anda dapat menginstal sistem GNU/Linux Redhat 8.0 dimana sebelumnya sudah ada partisi windows. Yang perlu diperhatikan adalah partisi mana yang akan anda isi partisi Linux. misalnya partisi yang telah anda buat (partisi windows XP) tapi lom ada sistem win XPnya, pada saat instalasi GNU/Linux, gunakan ruang partisi winXP tersebut. ato jika masih ada ruang kosong (tidak ada sistem FAT, NTFS. etc.).

      Anda tinggal menginstal Sistem GNU/Linux seperti biasa, kemudian LILO/GRUB tempatkan saja di MBR.

      Moga bisa membantu.

      Sip, Hasan

      thanks sebelumnya, respondnya saya tunggu segera.....

      salam
      new member
      zolech

      Untuk berhenti Langganan SIlahkan Kirim email ke:

      Yahoo! Tax Center - File online, calculators, forms, and more

    • Wilfridus Bambang TH
      Message 2 of 19 , Apr 1, 2003
        merdeka...

        aku coba bantu utk ngatasin masalah ini.
        sepengalamanku gunain pm, tuh kita nyiapin aja partisi
        linux di extended, klo bisa jgn sebagai primary.. tau
        tuh, yg pasti dari bebarapa kali aku nginstal linux
        dan ditempatin duluan sebagai primary dan windows
        sebagai extended (yg nanti jg bercampur sbg primary
        kedua) dengan ujicoba bbrp distro, semuanya "gagal".
        dengan kata lain, aku make kompi ku kayak ada sesuatu
        yg tidak beres, dan kinerjanya melambat (jk bermain2
        dengan windows).
        biasanya sih, klo aku dah punya partisi windows, aku
        siapin ruang kosong (mis. sebesar 4 giga) utk aku
        utak-atik sbg partisi ext3 pada waktu nginstal linux..
        itu ga ada masalah sampe sekarang, dan tidak memformat
        harddisk anda...
        gambarannya sbg berikut:
        ----------------------------------
        hda1 | hda5 | hda6 | partisi linux
        ----------------------------------
        c d e mis. RH

        nah, jelas aman menurutku klo kita nempatin tuh linux
        pada posisi kayak ilustrasi diatas. dan klo bisa juga
        waktu di mode penginstallan pilih custom, trus di mode
        pemartisian, pilih yg manual/expert, karena klo yg
        automatically partition gpp sih, cuman biar lebih baik
        utk pilih mode yg manual.

        klo nginstal mandrake sih, kan kita tinggal nyiapin
        utk mount type nya hanya: /, swap, atau mungkin
        home...
        nah klo nginstal redhat atau bbrp distro lain, dia
        pasti ngebuat jg /boot (dan ini sebenarnya ga perlu jg
        ????). dan nanti waktu proses pembuatannya akan
        nampilin pesan error, karena mount /boot ini gak
        diletakin sebagai primary.. udah itu dicuekin aja,
        lanjut ke proses berikutnya...
        trus jg, untuk penempatan boot manager (lilo / grub)
        klo emang anda pake distro rh 8.0 / mandrake 9.0 (ini
        yg biasa aku pake, maaf klo distro2 lain ternyata bs
        juga), itu klo kita dah nginstal XP/win2000 (yg pake
        mode ntfs) bisa ditempatin di master boot record
        harddisk (mbr). dan klo emang makenya win98 atau
        apapun jenisnya tp diset sebagai fat32, boot manager
        itu bisa ditempatin di partisi linuxnya aja (mungkin
        di mount /boot, mis. /dev/hda7). trus jgn lupa untuk
        nginstal boot manager lain di windows yg akan
        mengenali partisi boot linux itu. anda bisa pake
        software partition boot magic (powerquest).

        yup, mungkin penjelasan ini agak membingungkan, karena
        tidak sistematis (maklum ini jg di warnet ga bisa
        lama2.. he3x).
        saranku, sebaiknya anda ditemenin langsung sama teman
        yg emang sudah pernah berhasil menginstal linux (klo
        bisa jg tau mainin software pm ataupun disk manager.
        siapa tau partisinya rusak).

        met mencoba..

        salam,
        wil
        --- zolech <sholehchuddin@...> wrote: > thanks
        a lot atas saran-sarannya...

        =====
        *** Vox Populi Vox Dei ***

        Yahoo! Plus
        For a better Internet experience
        http://www.yahoo.co.uk/btoffer
      • zolech
        Message 3 of 19 , Apr 2, 2003
          terima kasih atas semua saran-saran rekan-rekan....
          sekarang sudah tak coba....dengan menempatkan partisi
          linux...dibelakang...setelah partisi winME,winXP dan data.sebagai
          logical partisi....
          sewaktu masuk partition setup sudah tidak ada masalah...
          tapi....setelah masuk proses initialisasi dan transfer file...tiba-
          tiba proses terhenti dan keluar dari anaconda, dengan beberapa pesan
          yang cukup panjang...ada signal...bla..bla...
          exited upnormally kira-kira begitu...

          terus pesan terakhir for safely reboot computer...

          dan ini terus berlangsung setiap kali proses installasi dijalankan...
          ada problem apa...ya.....

          --- In jogja-linux@yahoogroups.com, Wilfridus Bambang TH