Sharing Koneksi Modem

  • Estu
    Message 1 of 2 , Jan 2 7:00 PM
      Asss.

      mas mau nanya, saya lagi main2 merancang koneksi seperti ini. butuh pencerahan

      pp0(modem-fleksi) -- server saya (eth0) -- client (DHCP) via akses point

      spesifikasi komputer saya

      ubuntu natty kernel 2.6.28.13 (kalo g salah)
      DHCP menggunakan isc-chcp-server
      firewall, ada firestarter
      ada webmin juga

      konfigurasi interface
      ppp0 ip dinamis,
      eth0 192.168.1.2
      router 192.168.1.1

      dhcp range
      192.168.1.4-192.168.254 #biar gampang

      kondisi sekarang,
      1. pc saya dan klien sudah bisa saling ping2.
      2. pc saya sudah bisa internetan
      3. pc saya sudah bisa akses pc klient (via browser ketik ip client--direk ke apache, "Its work")

      yang belum bisa
      1. PC klien belum bisa akses pc server (via browser ketik ip server-- g bisa direk ke apache)
      2. PC Klien belum bisa akses internet.

      nyari2 sepertinya bermasalah dengan NAT saya.

      ada yang bisa bantu, saya harus ngapain firewall nya.

      trima kasih
      Regar Tuan Pembual
    • dedy hariyadi
      Message 2 of 2 , Jan 2 7:40 PM
        On Tue, Jan 3, 2012 at 10:00 AM, Estu <hten_d3v4@...> wrote:

        > nyari2 sepertinya bermasalah dengan NAT saya.

        Saya hanya kira2 saja, ndak tau bener ato tidak :D
        Coba jalankan 3 perintah dibawah ini (jangan lupa pake akses root):
        iptables --table nat --append POSTROUTING --out-interface ppp0 -j MASQUERADE
        echo 0 > /proc/sys/net/ipv4/tcp_window_scaling
        echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

        http://www.milisdad.web.id