Arti dari smbd(8) atau nmbd(8)

  • SunShine Man
    Message 1 of 6 , Mar 9, 2011
      Salam kenal,

      Saya newbie di Linux..

      Saat saya mencari manual di linux :

      Misalnya :
      # man samba

      tertulis :
      smbd(8) dan juga nmbd(8).

      1. tolong informasi apa maksud dan tujuan angka "(8)" tsb ?
      2. apa fungsi dari service "nmbd" tsb ?

      Terima kasih atas info nya.

      Best Regards,

      Shine

    • rotyyu@gmail.com
      Message 2 of 6 , Mar 14, 2011
        Di Linux itu ada bermacam-macam manual, yg dinomori dari 1 s.d 8. Setiap manual ini isinya beda, utk lebih jelasnya coba jalankan perintah berikut dari terminal:
        man man

        Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

        Message 3 of 6 , Mar 14, 2011
          Terima kasih pak atas info nya,

          Tapi saya masih bingung nih..

          saya ketik :
          # man man

          muncul :
          man(1)

          dan seterusnya..

          maksud nya (1) itu apa lagi yah?
          sedangkan yg smbd(8) .. knapa ngak snmbd(1) atau (2) ..
          penggolongan nomor (1) (2) .. (8) nya gimana yah?

          mohon pencerahannya..

          Terima kasih,

        • Iyan
          Message 4 of 6 , Mar 17, 2011
            Untuk arti dari tiap angka bisa dilihat di pakde Wiki berikut :D

            http://en.wikipedia.org/wiki/Man_page#Manual_sections

            --- In jogja-linux@yahoogroups.com, Spider S <spiders.s123@...> wrote:

            > Terima kasih pak atas info nya,
            >
            > Tapi saya masih bingung nih..
            >
            > saya ketik :
            > # man man
            >
            > muncul :
            > man(1)
            >
            > dan seterusnya..
            >

            > maksud nya (1) itu apa lagi yah?
            > sedangkan yg smbd(8) .. knapa ngak snmbd(1) atau (2) ..
            > penggolongan nomor (1) (2) .. (8) nya gimana yah?
            >
            > mohon pencerahannya..
            >

            > Terima kasih,
          • Preman Terminal
            Message 5 of 6 , Mar 17, 2011
              2011/3/18 Iyan <iyan31@...>

              > Untuk arti dari tiap angka bisa dilihat di pakde Wiki berikut :D
              >
              > http://en.wikipedia.org/wiki/Man_page#Manual_sections

              Saya kutip dari man man

              1 Executable programs or shell commands
              2 System calls (functions provided by the kernel)
              3 Library calls (functions within program libraries)
              4 Special files (usually found in /dev)
              5 File formats and conventions eg /etc/passwd
              6 Games
              7 Miscellaneous (including macro packages and convenâ
              tions), e.g. man(7), groff(7)
              8 System administration commands (usually only for root)
              9 Kernel routines [Non standard]

              --
              Bravo free software!!
              /*
              Message 6 of 6 , Apr 11, 2011
                angka tersebut merujuk pada seksi di halaman manual, supaya tidak rancu
                kalo ada manual dengan nama sama. cara menggunakannya:

                # seksi 8 adalah aplikasi sistem (biasanya di /sbin:/usr/sbin)
                $ man 8 smbd
                $ man 8 nmbd

                # seksi 5 konfigurasi
                $man 5 smb.conf

                # seksi 3 adalah system-call/library
                $ man 3 printf

                # seksi 1 adalah aplikasi umum (biasanya di /bin:/usr/bin)
                $ man 1 printf

                salam
                Y Kusnanto