Lucid Melemot, Gampang Not Responding

  • Inoe
    Message 1 of 2 , Jul 23, 2010
      Kok aneh, ya? Lucid Lynx saya melemot ketika:
      - Ngopi file
      - Buka Update Manager
      - Buka Ubuntu Software Source
      Gampang not responding.

      Saya sudah coba menanyakannya ke komunitas Linux kampus saya.
      Katanya suruh mengecek dan mematikan daemon yang aktif.
      Saya menemukan screenlets daemon di Startup Applications dan sudah saya nonaktifkan. Sepertinya sudah mendingan, tetapi tetap belum menyelesaikan masalah-masalah di atas (sebelumnya suka melemot sendiri biarpun tidak ngapa-ngapain, sepertinya sekarang sudah tidak terasa begitu).

      Untuk yang ngopi file, katanya wajar karena kernel jadi perantara device sumber dan target, jadi solusinya adalah dengan menggunakan multicore processor. Tapi seingat saya waktu pakai Intrepid tidak sampai bikin gampang Not Responding.

      Adakah solusi lain selain upgrade hardware?
      Terima kasih sebelumnya.

      **
      Keterangan tambahan:
      1. Saya bikin partisi swap (ditanya bikin atau tidak tapi tidak jelas diapakan lagi)
      2. Daemon yang saya temukan ketika membuka System Monitor:
      - dbus-daemon
      - gdu-notofication-daemon
      - gnome-keyring-daemon
      - gnome-settings-daemon
      - gvfs-fuse-daemon
      - ubuntuone-syncdaemon
      **
    • felix_billy_pradeta
      Message 2 of 2 , Jul 29, 2010
        Apakah Anda memiliki 2 hard disk. Saya punya pengalaman menggunakan 2 hard disk tetapi lemot dan akhirnya bad sector. Bila ya.....pasrtisinya ext4 untuk sistem dan fat32 untuk data. Maka semua akan beres.

        Lainnya adalah hard ware....rasa rasa hard ware sekarang sudah oke kok. Saya pun hanya menggunakan prosessor Celeron 430 dengan RAM 2GB, dan lancar-lancar saja. Kemungkinan hanya kesalahan pada settingan awal pada saat instaklasi saja. Suba di dampingi oleh orang yang sudah ngrobrak-ngabrik ubuntu 10.04...karena memang ubuntu 10.04 GUInya agak membingungkan (tidak sesimpel ubuntu 8.10).