Re: [jogja-linux] Re: nanya 4 IP utk 1 kompi

  • Agus Rochmad Tri Raharjo
    Message 1 of 6 , Jan 31, 2010
      Hallo Mas Tonny,

      Menurut saya jika rekan anda yang ada dikomputer A-D sudah pulang dan mematikan komputer-nya, dan jika di gateway anda tidak menggunakan QoS atau Bandwidth limiter, pasti secara otomatis bandwith keseluruhan sudah anda pakai sendiri.

      Atau Mas Tonny bisa juga pakai opsi dibawah ini.

      Mas tonny pasti sudah mahir iptables kan? Bagaimana kalau Mas Tony bermain dengan iptables di gateway-nya, mungkin script di bawah ini sedikit mengingatkan anda.

      iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -s [ip/network] -j SNAT -to-source [gateway-public]

      Anda bisa drop routing yang ada dan diarahkan langsung ke ip anda sendiri. Dan jika rekan anda kekantor bisa bisa buat lagi settingan di gateway. Untuk menghemat waktu, saya sarankan untuk menyimpan command iptable nya kedalam file yang bisa di execute sewaktu-waktu, atau pakai crontab untuk automation configurenya(misalkan jika jam kantor konfigurasi normal, jika jam non kantor bandwidth bisa anda pakai sendiri).

      Message 2 of 6 , Feb 1, 2010
        Seperti yang Mas Lubis bilang, Gateway kan nggak kena batasan B/w
        mestinya tuh. Jadi lancar jaya, mestinya.

        Yopi